Waspadai Gejalanya, Ini 4 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:42:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Waspadai Gejalanya, Ini 4 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Udara yang kering dan panas kerap membuat kulit kita kering dan mudah mengelupas. Hal itu wajar. Namun bagaimana jika kulit telapak tangan mengelupas walau udara terasa baik-baik saja?

Yang lebih masalah lagi bila itu kerap dialami sehingga membuat kita kesal. Kulit tangan pun rentan kering bila kamu kerap mandi memakai air hangat atau kerap berlama-lama di ruangan ber-AC.

Kerap terganggu dengan kulit telapak tangan yang mengelupas? Walau beberapa kasusnya tidak berbahaya, keadaan ini tetap menimbulkan ketidaknyamanan.

Penyebab Tangan Mengelupas

Disisi lain, kulit kamu dapat kering sebab kandungan sabun atau peralatan mandi lainnya yang tidak cocok dengan kulitmu. Pengelupasan kulit pada telapak tangan pun dapat diikuti dengan gejala lainnya, seperti ruam, gatal, atau kulit kering. Lalu, apa sih penyebab kulit telapak tangan mengelupas?

1. Terlalu Sering Mencuci Tangan

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Nyatanya terlalu sering mencuci tangan dengan sabun secara berlebihan dapat menjadikan kulit tangan mengelupas pada area ujung jari. Karena saat kamu sering mencuci tangan memakai sabun, kamu akan menghilangkan minyak yang menjadi pelindung kulit.

Saat minyak hilang, kulit kamu tidak dapat menjaga kelembapannya sehingga mudah kering. Sabun pun bisa menyerap ke lapisan kulit yang lebih sensitif dan mengakibatkan iritasi hingga mengelupas.

Cara mengatasi hal tersebut yaitu dengan mencuci tangan seperlunya dengan memakai produk yang memang sesuai dengan kulitmu. Setelahnya, akan lebih baik bila produk tersebut mempunyai kandungan guna melembapkan kulit supaya kulitmu tidak mudah pecah-pecah.

2. Kondisi Udara Sekitar

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Kondisi udara panas, berangin, kering atau sangat lembap dapat memengaruhi keadaan kulit kita. Seperti udara kering di kawasan tertentu bisa mengakibatkan kulit telapak tangan kering, pecah-pecah, dan mengelupas.

Bila tinggal di daerah yang beriklim kering atau di daerah dengan cuaca dingin, kita dapat mencegah kulit kering dan mengelupas dengan cara: memakai air dingin atau hangat (bukan hangat) ketika mandi atau mencuci tangan, melembapkan kulit usai mandi, dan memakai humidifier guna memanaskan suhu ruangan.

3. Memakai Produk dengan Bahan Kimia yang Keras

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Salah satu penyebab kulit tangan mengelupas yaitu karena tangan kamu terpapar banyak bahan kimia yang keras. Karena sekarang ini terdapat sejumlah bahan kimia tertentu yang ada pada pelembap, sabun, dan pembersih rambut yang dapat mengakibatkan iritasi kulit dan ujung jari mengelupas.

Sejumlah bahan kimia yang mengakibatkan iritasi yaitu salep antibakteri, formaldehid, dan isothiazolinones cocamidopropyl betaine. Setelahnya, sebab tidak semua tubuh atau kulit bereaksi layaknya semua bahan kimia tersebut, pada biasanya dokter akan memberikan tes sampel guna menentukan reaksi tubuh terhadap zat-zat tertentu.

Bila kamu kebingungan dalam mengecek bahan kimia pada produk yang kanu gunakan, kamu dapat memilih produk perawatan kulit berbahan dasar alami dan baik bagi kulit sensitif.

4. Sengatan Matahari

foto: ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Sengatan matahari dapat merusak kulit melewati sinar ultraviolet-nya. Akibatnya kulit dapat menjadi merah, hangat, perih, dan terasa nyeri hingga akhirnya mengelupas.

Walaupun kebanyakan sengatan matahari hanya ringan dan akan hilang pada kurang lebih seminggu, namun luka bakar tersebut pun dapat meningkatkan risiko dalan terkena kanker kulit.

Seseorang yang kulitnya terbakar sengatan matahari mesti menghindari sinar matahari langsung dan memakai losion semacam aloe vera guna menjaga kelembapan kulitnya saat masa pemulihan.

Ternyata hal-hal di atas dapat menyebabkan kulit tangan mengelupas. Sekarang kamu harus lebih waspada lagi, ya.