Agar Tidak Salah Penanganan, Cari Tahu Perbedaan Kutil dan Mata Ikan

Sabtu, 25 Desember 2021 | 13:00:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Agar Tidak Salah Penanganan, Cari Tahu Perbedaan Kutil Dan Mata Ikan

Ilustrasi kutil dan mata ikan di kaki. (Special)

Ladiestory.id - Gangguan yang dialami bagian kulit kaki memang tidak enak rasanya karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa contoh gangguan yang menyerang kulit kaki adalah kutil dan mata ikan.

Sama-sama menyebabkan permukaan kulit menjadi bengkak, ternyata keduanya adalah gangguan yang berbeda, lho. Apa bedanya kutil dan mata ikan? Lalu cara mengobatinya gimana? Ayo cari tahu perbedaan kutil dan mata ikan di bawah ini!

Apa Itu Kutil dan Mata Ikan?

Ilustrasi kutil dan mata ikan di kaki. (Special)

Kutil adalah salah satu jenis infeksi pada kulit yang disebabkan peningkatan jumlah keratin yang diproduksi oleh sel kulit. Keratin merupakan susunan protein yang membentuk rambut dan kuku. Keratin yang menumpuk di lapisan kulit terluar akhirnya membentuk tekstur baru yang akhirnya menjadi kutil. Kutil dapat dialami oleh semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Kutil memiliki sejumlah ciri-ciri, yaitu berbentuk benjolan kecil, tekstur yang kasar, memiliki warna cokelat atau pucat, dan terasa sakit serta gatal apabila tersentuh oleh tangan. Biasanya bisa muncul di tangan maupun di kaki.

Sedangkan mata ikan alias heloma merupakan gejala penebalan pada kulit yang dipicu oleh tekanan terus-menerus di bagian kulit yang sama. Penebalan kulit ini menghasilkan benjolan yang terasa sakit dan panas saat terkena sepatu. Mata ikan tidak dianggap sebagai penyakit, melainkan sebuah mekanisme perlindungan tubuh demi menghindari kerusakan kulit yang lebih dalam.

Penyebab Terjadinya Kutil dan Mata Ikan

Ilustrasi kutil dan mata ikan di kaki. (Special)

Kutil dapat disebabkan oleh Human papilloma virus (HPV) yang memicu pertumbuhan sel keratin yang menyebabkan lapisan luar kulit jadi menebal dan mengeras. Pertumbuhan sel keratin yang berlebih menyebabkan terbentuknya benjolan di bagian tangan atau kaki.

Kemudian, penyebab mata ikan adalah penggunaan sepatu yang kekecilan, kebiasaan membawa barang berat, tidak memakai kaos kaki saat mengenakan sepatu, dan tekanan terus menerus saat sedang berjalan atau berlari. Kulit dapat mengalami penebalan dan timbullah benjol. Jika mata ikan teriritasi, mata ikan terasa panas dan berwarna merah.

Cara Mengobati dan Mencegah Kutil dan Mata Ikan

Ilustrasi kutil dan mata ikan di kaki. (Special)

Jika Kamu tengah mengalami kutil atau mata ikan di bagian kaki, Kamu tak perlu khawatir karena kedua gangguan kulit ini sebenarnya mudah diatasi. Kamu bisa menggunakan salep yang mengandung asam salisilat untuk mengurangi pembengkakan kulit dan melunakkan sel kulit mati pada kutil dan mata ikan sehingga kulit bisa lebih mudah dibersihkan.

Atau jika Kamu lebih memilih cara alami, pakailah batu apung atau sabuk kelapa yang telah direndam air hangat. Kemudian gosokkan batu apung ke bagian kulit yang membengkak.

Sedangkan untuk mencegah mata ikan, sebaiknya pilih alas kaki yang sesuai dengan ukuran kakimu. Jangan lupa menggunakan pelindung di bagian tubuh yang sering dipakai untuk beraktivitas, untuk mengurangi gesekan dan tekanan di bagian tubuh tersebut.

Lalu, untuk mencegah terbentuknya kutil, jagalah kebersihan tangan dan kaki. Memegang kutil dengan kondisi tangan yang bersih, serta menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar terhindar dari HPV.