Jangan Keliru, Ini 3 Perbedaan Resume dan CV yang Harus Kamu Tahu

Senin, 20 September 2021 | 10:38:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Jangan Keliru, Ini 3 Perbedaan Resume dan CV yang Harus Kamu Tahu

Foto: Ladiestory.id

Saat melamar pekerjaan biasanya perusahaan tempat kamu melamar kerja meminta 2 berkas yaitu resume dan CV (curriculum vitae). Kedua berkas ini sekilas terlihat sama.

Padahal berbeda dari isi dan tujuan penggunaannya juga berbeda, lo. Supaya kamu nanti dapat diterima di perusahaan yang diinginkan, yuk, simak dibawah ini  apa saja yang membedakan antara resume dengan CV?

Perbedaan Resume dan CV

CV adalah singkatan dari curriculum vitae. CV ditulis sepanjang dua halaman atau lebih. CV haruslah berisikan gambaran terperinci tentang pengalaman, kualifikasi, hingga prestasi yang pernah kamu raih.

Baik prestasi akademis maupun prestasi yang  berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Di dalam CV kamu juga harus mencantumkan informasi pribadi, seperti tempat tanggal lahir,  status perkawinan, kewarganegaraan, dan foto.

Sedangkan resume adalah iklan singkat mengenai dirimu. Sehingga, isi dari resume dapat lebih fleksibel dibandingkan CV.

Resume cukup ditulis dalam satu halaman saja dengan berisi informasi diri dan penjelasan singkat tentang kenapa kamu patut direkrut oleh perusahaan tempat kamu melamar dan mengisi posisi yang mereka tawarkan di perusahaan. Isi resume dapat disesuaikan dengan lowongan kerja yang kamu lamar.

Untuk lebih jelasnya inilah 3 perbedaan dari resume dan CV.

1. Panjang Halaman

Foto: Ladiestory.id

Perbedaan utama dari resume dan CV dapat dilihat dari panjangnya. Resume berisikan ringkasan singkat mengenai kemampuanmu dalam satu halaman. Sedangkan CV, berisikan informasi lengkap mengenai kehidupanmu, bisa sampai dua halaman atau lebih.

2. Isi

Foto: Ladiestory.id

Dilihat dari isinya, resume ditulis sedemikian rupa tergantung posisi yang akan kamu lamar. Berbeda dengan CV yang berisi informasi lengkap mengenai dirimu.

Urutan-urutan informasi pada CV juga harus sesuai. Biasanya dimulai dari riwayat akademik, pekerjaan, hingga pencapaian yang harus ditulis secara lengkap.

Sementara itu, isi resume dapat disesuaikan agar lebih relevan dengan posisi yang kamu lamar. Kamu bisa menuliskan informasi-informasi seperti riwayat pekerjaan dan kemampuan paling relevan yang kamu miliki.

3. Tujuan penggunaan

Foto: Ladiestory.id

Banyak yang mengira, resume dan CV hanya dapat digunakan untuk kepentingan pekerjaan saja. Padahal, ini adalah salah satu perbedaan antara resume dan CV.

Resume memang hanya bisa digunakan untuk kepentingan melamar pekerjaan saja. Tapi CV dapat kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya, seperti untuk mendaftarkan diri ke jenjang pendidikan lebih lanjut.

Informasi tentang riwayat pendidikan yang lengkap dalam CV dapat memberikan gambaran dan pertimbangan bagi universitas untuk menerimamu sebagai mahasiswanya.

Informasi seperti ini tentu saja tidak tercantum lengkap di dalam resume. Oleh karena itu, resume hanya bisa digunakan untuk keperluan pekerjaan saja.

Nah, itulah penjelasan mengenai beda resume dan CV yang harus kamu tahu. Jadi, jangan keliru ya saat kamu melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat.