Buatlah Resume Tentang Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila: Begini Isinya!

Kamis, 1 Juli 2021 | 18:00:03

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Buatlah Resume Tentang Arti Kedudukan Dan Fungsi Pancasila: Begini Isinya!

Foto: Ladiestory.id

Aktivitas belajar mengajar dialihkan ke online atau school from home. Ini memudahkan bagi mereka mencari jawaban di internet atas suatu tugas.

Salah satunya yang kerap ditanyakan adalah “buatlah resume arti kedudukan dan fungsi Pancasila”. Jika dilihat dari bunyi soal tersebut, merupakan mata pelajaran PKN atau Pendidikan Kewarganegaraan.

Resume adalah rangkuman atau ringkasan dari sebuah tulisan yang panjang, kemudian hanya diambil intisarinya saja disertai dengan rincian tulisan yang penting. Namun, istilah resume juga kadang kala digunakan untuk menuliskan riwayat hidup secara singkat ketika melamar kerja. 

Lalu bagaimana cara menjawab soal "buatlah resume arti kedudukan dan fungsi Pancasila"? Namun sebelum itu, lebih baik pahami apa itu resume dan cara mengerjakannya.

Apa itu Resume?

Foto: Ladiestory.id

Ada beberapa pengertian mengenai resume. Yang pertama pengertian resume ini yaitu dokumen yang isinya mengenai sebuah rangkuman dari pengalaman hidupnya. Baik dari segi bakat, bidang pendidikan yang dikonsep dengan sebegitu menariknya.

Resume tidak hanya menjelaskan tentang ringkasan dari suatu materi yang panjang, resume bisa digunakan untuk melamar pekerjaan.

Resume merupakan suatu rangkuman atau bisa disebut ringkasan dari sebuah tulisan yang memiliki karakter panjang. Lalu hanya diambil makna-makna yang terpenting dari sebuah karangan tersebut dengan menyertakan juga rinciannya. Nah arti resume inilah yang digunakan untuk proses belajar mengajar dalam menjawab suatu soal yang diberikan.

Mengapa perlu ada sebuah resume? Resume bertujuan untuk mengetahui materi yang disajikan dengan pemahaman yang lebih detail. Selain itu, memudahkan pembaca memahami maksud atau inti dari sebuah tulisan yang begitu panjang.

Bagaimana Cara Membuat Resume?

Foto: Ladiestory.id

Berikut cara-cara membuat resume yang perlu diperhatikan

  1. Membaca tulisan atau karangan. Memaca tulisan yang akan diresume tidak cukup hanya sekali, namun harus terus mengulangnya hingga mengerti intisari dari tulisa tersebut.
  2. Mencari gagasan pokok. Setiap paragraf dari sebuah tulisan pasti memiliki gagasan utama, baik di depan atau di belakang paragraf. Lalu, kita harus mencatat apa yang menjadi gagasan utama dari setiap paragraph agar mempermudah untuk membuat resume.
  3. Menulis resume. Menulis resume sesuai dengan runtutan dari paragraf dan harus relevan dengan naskah asli. Sebaiknya gunakan kata-kata sederhana yang mudah dipahami dan jangan menuliskan resume terlalu panjang.
  4. Diteliti. Ketika selesai menulis, kita harus meneliti apakah resume sudah menggunakan bahasa yang baik dan benar, sesuai EYD, dan mudah dipahami.

Buatlah Resume Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila, Caranya?

Foto: Ladiestory.id

Sebelum menjawabnya, perlu diingat bahwa Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Arti, kedudukan, dan fungsinya sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Pada saat persiapan kemerdekaan Indonesia, para tokoh bangsa sepakat untuk menjadikan Pancasila landasan pokok negara. Selain itu, Pancasila dijadikan juga sebagai ideologi, pandangan hidup, dan falsafah negara.

Sedangkan arti kedudukan dan fungsi Pancasila memiliki pembahasan yang luas. Sehingga kita harus menyingkat sesuai intisari agar menjadi resume yang baik. Berikut adalah resume arti kedudukan dan fungsi Pancasila yang bisa Anda jadikan referensi.

“Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Selain sebagai dasar negara, Pancasila juga memiliki kedudukan sebagai pandangan hidup, ideologi bangsa, jiwa dan kepribadian bangsa, perjanjian luhur, sumber dari segala sumber tertib hukum, falsafah hidup, serta sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.

Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi pijakan atau landasan berdirinya bangsa Indonesia. Sebagai pandangan hidup, Pancasila memberikan wawasan, pedoman, atau tuntunan yang mengatur hubungan dengan Tuhan, manusia, dan lingkungan.

Sebagai jiwa dan kepribadian bangsa, Pancasila bersumber dari nilai-nilai yang telah lama dianut oleh masyarakat Indonesia. Sebagai perjanjian luhur, Pancasila merupakan hasil kesepakatan dari para pendiri bangsa pada saat persiapan kemerdekaan Indonesia. Sebagai sumber dari segala sumber tertib hukum, Pancasila menjiwai semua produk hukum atau peraturan yang dijalankan di Indonesia.

Sebagai falsafah hidup, Pancasila mengandung nilai dan norma yang diyakini mengandung kebenaran. Pancasila memuat cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia, yaitu masyarakat adil dan makmur secara materil dan sprituil.”

Jadi itulah arti resume dan cara membuatnya. Jika ada soal mengenai “buatlah resume tentang arti kedudukan dan fungsi Pancasila” kini Anda bisa menjawabnya.