Perhatikan Cara Memakai Softlens Untuk Pemula

Kamis, 5 Agustus 2021 | 05:02:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Perhatikan Cara Memakai Softlens Untuk Pemula

Foto: Ladiestory.id

Sebenarnya lensa kontak yang kerap disebut softlens adalah silikon atau plastik kecil berbentuk bulat dan cekung, digunakan untuk memperbaiki ketajaman penglihatan. Softlens ini dapat digunakan bagi orang yang memiliki gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, astigmatisme. Namun kini banyak orang yang menggunakan softlens hanya sekedar kecantikan atau estetika.

Jika seseorang memilih menggunakan softlens, perlu meningkatkan ketelatenan dan kebersihan. Jika tidak, maka akan menyebabkan permasalahan mata seperti iritasi dan yang lainnya. Terutama bagi pengguna softlens pemula hendaknya untuk lebih berhati-hati.

Bahkan bagi mereka yang baru pertama kali memakai softlens atau kontak lensa, terkadang membutuhkan waktu setengah jam agar softlens tersebut terpasang di mata. Namun jika sudah terbiasa maka akan mahir menggunakannya walapun hanya dalam hitungan detik. Lalu bagaimana cara memakai softlens untuk pemula?

Bagaimana Cara Memakai Softlens untuk Pemula?

1. Cuci Tangan

Foto: Ladiestory.id

Sama halnya sebelum menggunakan skincare, sebelum memakai softlens juga harus diawali dengan tangan yang bersih. Hendaklah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Sebab kita tidak tahu apakah tangan kita bersih atau tidak, benda apa saja yang baru saja dipegang, seberapa banyak bakteri di tangan.

Oleh sebab itu sangatlah penting mencuci tangan. Karena kuman dari tangan bisa berpindah ke softlens jika tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Alhasil, menyebabkan masalah mata yakni iritasi.

Setelah memastikan tangan bersih, Anda bisa mengeringkan seluruh bagian tangan sebelum lanjut ke memakai softlens .

2. Bersihkan Softlens

Foto: Ladiestory.id

Bukannya softlens sudah dalam kondisi terendam air ya? Yap, memang betul bahwa softlens atau lensa kontak sudah terlendam air saat disimpan. Namun alangkah lebih baiknya sebelum memasangkan ke mata, softlens dibersihkan kembali. Bagaimana caranya?

Caranya cukup mudah, tuangkan beberapa tetes cairan khusus softlens ke telapak tangan. Ingat ya pakai cairan khusus bukan air biasa. Lanjut Anda bisa mulai mengambil softlens menggunakan jari telunjuk. Lalu taruh softlens tersebut ke telapak tangan dan usap-usap perlahan seperti membersihkannya.

3. Cara Memegang Softlens

Foto: Ladiestory.id

Setelah lensa kontak dibersihkan, ambil lagi dengan jari telunjuk. Sebelum memakainya, Anda harus memastikan softlens tersebut berbentuk huruf “U” seperti mangkuk. Jangan sampai softlens dalam kondisi terbalik ataupun berbentuk setengah lingkaran sempurna.

Namun apabila lensa kontak terlipat keluar, Anda bisa membalik softlens tersebut secara perlahan. Tapi bagaimana cara memegang softlens? Sebenarnya, tergantung pengguna menyesuaikan kenyamanannya. Jika pada umumnya, jari telunjuk kanan untuk memasang soflens pada mata kiri. Begitu pula sebaliknya, gunakan jari telunjuk kiri untuk memasang softlens pada mata kanan.

Posisikan softlens di ujung telunjuk atau jari tengan. Dan jangan sekali-kali Anda memakai softlens yang sudah robek atau rusak.

4. Memakai Softlens ke Mata

Foto: Ladiestory.id

Anda bisa berdiri di depan cermin, lalu secara bersamaan Anda bisa buka, tarik, dan tahan bagian atas serta bawah kelopak mata menggunakan jari tangan yang lainnya. Secara perlahan, Anda bisa memulai meletakan softlens tersebut ke bagian hitam bola mata.

Setelah softlens dapat masuk ke mata, Anda dapat memejamkan dan mengedipkan mata beberapa kali. Hal ini dilakukan agar softlens terletak di bola mata sehingga terasa nyaman. Jangan khawatir, karena softlens akan menyesuaikan secara otomatis posisinya.

Namun jika dirasa kurang nyaman, Anda bisa melepaskan dan mencuci kembali softlens tersebut, lalu dipasangkan kembali ke mata.

Cara Melepas Softlens Bagi Pemula

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Lalu bagaimana cara melepas softlens atau lensa kontak? Pada dasarnya lakukan langkah yang sama seperti memasang softlens tersebut. Pastikan tangan sudah bersih yang dicuci dengan sabun dan air mengalir. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan sebelum melepas lensa kontak.

Setelah itu, Anda bisa mulai melepas softlens dengan menggunakan jari tengah atau jari Anda yang nyaman lainnya untuk menarik kelopak mata bawah Anda. Arahkan bola mata Anda ke atas atau ke samping. Untuk mengambil lensa kontak, Anda bisa menggunakan jari telunjuk atau jari lain yang dirasa nyaman.

Kemudian, Anda bisa mulai mengambil softlens pada bagian putih mata Anda dengan cara cubit lensa kontak menggunakan dua jari. Jika sudah berhasil, Anda bisa mengeluarkan softlens tersebut dari mata.

Ingat, Anda harus mencuci softlens sebelum meletakan kembali ke wadahnya. Taruh softlens dan tuangkan cairan khusus ke telapak tangan. Gosok softlens secara perlahan selama 30 detik, baru Anda bisa mengembalikannya ke wadah.

Itulah cara memakai softlens yang benar untuk pemula. Pada kuncinya, Anda diperlukan untuk menjaga kebersihan tangan maupun softlens agar mata tidak terjadi iritasi. Semoga membantu!