5 Efek Buruk Akibat Penggunaan Softlens Setiap Hari

Minggu, 13 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Efek Buruk Akibat Penggunaan Softlens Setiap Hari

Ilustrasi Lensa Kontak atau Softlens. (Special)

Ladiestory.id - Softlens atau lensa kontak sering digunakan bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan sebagai alternatif untuk pengganti kacamata atau digunakan sebagai kebutuhan medis. Namun, ada pula softlens yang dibuat khusus untuk memperindah penampilan seseorang atau sebagai penunjang kecantikan.

Tahukah kamu jika softlens yang sering digunakan setiap hari juga dapat memberikan 5 efek buruk yang membahayakan kondisi matamu, lho. Berikut di antaranya.

Sebabkan Mata Iritasi

Ilustrasi Sakit Mata (Special)

Salah satu bahaya yang timbul akibat selalu menggunakan softlens yakni dapat menyebabkan mata menjadi iritasi. Kondisi ini dapat berkembang sangat cepat bahkan bisa menyebabkan infeksi mata yang serius. Iritasi yang dirasakan biasanya seperti mata perih, kering, gatal-gatal, hingga kemerahan.

Hal ini dapat disebabkan dengan kondisi softlens yang sudah tidak steril dan higienis hingga kondisi jari yang kotor dan menyebabkan kotoran masuk ke area mata. Hal lainnya yang dapat membahayakan yaitu jika kamu tidak menyadari tanggal kadaluarsa dari produk softlens itu sendiri. Sehingga, dapat menyebabkan kondisi mata menjadi sakit hingga iritasi.

Mata Menjadi Panas dan Perih

Ilustrasi Kucek Mata (Special)

Kebiasaan menggunakan softlens sehari-hari juga dapat membuat kondisi mata menjadi panas dan perih. Hal ini akan membuat mata mengalami sensasi seperti terbakar. Rasa panas ini juga dapat disebabkan oleh kotoran dan debu yang masuk ke mata dan penggunaan softlens dalam waktu yang lama.

Mata Menjadi Lebih Kering

Ilustrasi memakai softlens (Special)

Walaupun kamu sudah terbiasa menggunakan softlens sebagai kebutuhan sehari-hari, namun hal ini pun dapat memberikan efek buruk tak terduga yang bisa membahayakan kondisi kornea mata atau penglihatanmu.

Menggunakan softlens sepanjang hari juga dapat membuat kondisi mata menjadi kering yang disebabkan oleh penguapan terhadap kelenjar mata. Mata pun akan menjadi sulit beradaptasi seperti biasanya. Bahkan, yang berbahaya dapat menyebabkan kebutaan.

Infeksi Mata dan Alergi

Obat tetes mata. (Special)

Efek buruk selanjutnya dari penggunaan softlens ialah dapat menyebabkan infeksi kornea mata. Cairan intraocular yang berasal dari softlens akan mengendap di retina mata bahkan dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.

Selain itu, menggunakan softlens setiap hari juga akan menyebabkan munculnya alergi pada mata seperti mata merah, gatal, bahkan mata akan kehilangan penglihatan normalnya. Sehingga, pandangan mata menjadi kabur bahkan tidak jelas.

Kerusakan Kornea Mata

Ilustrasi sakit mata. (Special)

Efek berbahaya selanjutnya dari penggunaan softlens terlalu sering ialah dapat menyebabkan kerusakan kornea mata. Penggunaan softlens semalaman dapat memicu risiko yang sangat berbahaya. Softlens sebaiknya tidak digunakan selama semalaman atau digunakan sambil tertidur.

Umumnya, softlens dapat digunakan selama delapan jam sehari. Selebihnya, kamu juga dapat mengistirahatkan sejenak pemakaian softlens agar mata juga bisa beradaptasi dan beristirahat dengan baik.

Nah, Ladies itulah ke 5 efek buruk dan berbahaya yang bisa saja timbul akibat menggunakan softlens sepanjang hari. Tidak ada yang salah dalam penggunaannya, namun kamu juga harus memperhatikan waktu yang tepat agar kondisi matamu dapat tetap sehat dan tidak memicu berbagai faktor berbahaya yang bisa saja terjadi.

Mata juga membutuhkan waktu untuk menyesuaikan kondisi untuk beradaptasi dengan softlens agar dapat memberikan kenyamaannya. Selain itu, perhatikan pula tanggal kadaluarsa dari produk softlens tersebut agar tidak membahayakan kondisi matamu. Mata juga dapat memberikan rangsangan yang sensitif apabila ia memberi signal jika kondisinya mulai memburuk. Semoga informasi ini bermanfaat.