Perhatikan Mentalmu! Cegah Kanker Bisa Dimulai dari Kelola Stress Lho

Rabu, 12 Oktober 2022 | 13:39:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Perhatikan Mentalmu! Cegah Kanker Bisa Dimulai Dari Kelola Stress Lho

Anez, putri Titien Pamudji yang merupakan survivor kanker payudara. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

Ladiestory.id -  Pentingnya menjaga kesehatan mental, rupanya dapat ber-impact pada risiko-risiko penyakit berbahaya seperti kanker. Dari laman Cancer.gov, sebuah studi mengungkapkan bahwa hormon stress dapat membangunkan sel-sel kanker yang tidak aktif pada seekor tikus.

Meski belum ada penelitian lebih lanjut pada manusia, namun setidaknya ini dapat menjadi pengingat untuk dapat mengelola stress dengan baik demi tubuh yang lebih sehat.

Senada dengan hal tersebut, Anez, seorang putri dari survivor breast cancer Titien Pamudji, mengungkapkan bahwa ia mulai mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat yang dimulai dari sisi mental.

Anez, putri Titien Pamudji yang merupakan survivor kanker payudara. (Ladiestory.id / Irma Fauzia)

 

"Lifestyle yang pertama, yang sangat berubah dariku, adalah ,satu, dari sisi mental. Kenapa? Karena kebetulan waktu itu Mama tipenya itu kalau gak suka atau sebel itu mendem," ujarnya.

Anez mengungkapkan bahwa penting untuk mengelola stress, sebab ini tentu hal yang wajar untuk dialami setiap orang. Sayangnya banyak orang yang terlarut pada stress sehingga menyebabkan frustrasi hingga depresi.

"Nah, itu akhirnya, jujur, aku lebih belajar lagi sih. Aku jadi lebih belajar untuk dewasa karena harus kayak, 'oke aku harus lebih sehat mental supaya aku gak stress' dan supaya aku gak stress yaudah aku melakukan apapun yang memang membuat aku lebih baik," sambungnya.

Atas kesadaran untuk melakukan hal-hal yang lebih baik untuk dirinya, Anez pun mulai mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Ia pun mulai mengurangi mengonsumsi daging merah dan lebih memperbanyak sayur dan buah.

Selain itu, ia juga mulai mengurangi konsumsi gula dan melakukan hal-hal yang membuat tubuhnya lebih 'bergerak'.

Ilustrasi olahraga lari naik turun tangga. (Special)

"Begitu juga dengan se-simple, misalnya gini, dulu aku ngerasa aku jarang banget olahraga, tapi setiap aku liat tangga, dan aku bisa lewat tangga, aku langsung mikir gini ‘oke deh aku lewat tangga aja deh’. Simple things," ungkapnya.

Lebih lanjut, Anez mengungkapkan bahwa mengubah pola hidup harus dimulai dari kesadaran dan hal-hal kecil.

"Mengubah pola hidup, aku sadar banget gak bisa yang kayak cuman jor-joran di awal tapi abis itu nggak. ... Aku mencoba membuat lifestyle yang lebih suistainable dan caranya adalah mulai enjoying hal-hal kecil gitu. Mulai enjoying tangga, mulai enjoying makan sayur,"  tutupnya.

Seperti diketahui, Anez merupakan seorang anak dari survivor kanker payudara, Titien Pamudji. Sang ibu yang menjadi bagian Yayasan Kanker Payudara Indonesia, harus menjalani pengobatan kanker payudara bertahun-tahun sampai akhirnya dinyatakan bebas dari sel kanker.

Memiliki kesadaran sebagai orang yang berisiko tinggi terkena kanker payudara, membuat Anez mulai peduli terhadap gaya hidupnya.