Memasuki Dosis ke-4, Ini yang Harus Disiapkan Sebelum Vaksin Booster Covid-19

Sabtu, 30 Juli 2022 | 19:30:00

Tyas Sukma

Penulis : Tyas Sukma

Memasuki Dosis Ke-4, Ini Yang Harus Disiapkan Sebelum Vaksin Booster Covid-19

Ilustrasi vaksin. (Special)

Ladiestory.id - Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua untuk tenaga medis sudah mulai dilaksanakan pada, Jumat (29/7/2022). Vaksin booster sangat diperlukan untuk menghadapi virus corona yang terus bermutasi. Kajian kesehatan soal vaksin Covid-19 menunjukkan, antibodi menurun dalam kurun waktu enam bulan setelah vaksinasi primer.

Menurut Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Sri Rezeki Hadinegoro, vaksinasi Covid-19 dianggap penting karena dapat menurunkan penyakit berat dan kematian terutama pada usia lanjut. 

Berdasarkan surat edaran Nomor HK.02.02/C/ 3615 /2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan, tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin Covid-19 booster kedua setidaknya sudah disuntik vaksin Covid-19 booster pertama enam bulan sebelumnya.

Sebelum melakukan vaksin booster, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Berikut, Ladiestory.id merangkum apa saja yang harus dipersiapkan sebelum vaksin booster Covid-19.

Jaga Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi tubuh sehat. (Special)

Syarat melakukan booster adalah tubuh yang fit. Pastikan kamu menjaga daya tahan tubuh sebelum melakukan vaksin booster. Jika saat hari penyuntikan merasa sakit, pelaksanaan vaksin akan ditunda hingga kondisi sudah sehat.

Protokol Kesehatan

Ilustrasi perempuan mengenakan masker. (Special)

Pastikan kamu selalu menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer jika menyentuh benda di tempat umum atau sedang tidak bisa mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Ilustrasi memakai baju yang nyaman. (Special)

Pastikan juga pakaian yang kamu kenakan nyaman saat melakukan vaksin. Kenakan pakaian yang mudah dibuka pada bagian lengan, misalnya jaket atau outer untuk perempuan berhijab, kemeja lengan pendek, atau baju longgar. Hal ini akan mempermudah saat hendak disuntik booster.

Konsumsi Makanan Bergizi

Ilustrasi perempuan konsumsi makanan sehat. (Special)

Tidak kalah penting, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Pastikan makanan yang dikonsumsi seimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuh sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Pada hari vaksinasi, jangan lupa membawa bekal yang cukup agar tidak lapar. Kamu pun bisa membeli makan di luar, tapi pastikan tempatnya bersih dan higienis.

Istirahat yang Cukup

Ilustrasi tidur. (Special)

 

Hal yang paling penting adalah istirahat yang cukup, baik sebelum atau setelah vaksin. Istirahat dapat membantu menjaga daya tahan tubuh saat kondisi sedang lemah dan rentan.

Semoga bermanfaat!

s