Pernak-pernik Biar Olahraga Makin Asyik

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:00:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

Pernak-Pernik Biar Olahraga Makin Asyik

Ilustrasi Pernak-pernik Olahraga (shutterstock.com)

Ladiestory.id - Apakah Ladies belum punya rencana untuk menghabiskan weekend kali ini? Mungkin Ladies bisa pilih berolahraga di luar ruangan seperti jogging, jalan santai, hiking, bersepeda atau berenang. Supaya aktivitas outdoor-nya makin seru, barang bawaan yang kece juga bisa jadi penyemangat loh. Ini dia rekomendasi pernak-pernik yang bisa Ladies bawa atau kenakan.        

Tumbler

Ilustrasi Thumbler (Special)

Salah satu prinsip berolahraga yang penting untuk diperhatikan adalah “stay hydrated” atau menjaga keseimbangan cairan tubuh. Seperti diketahui, pada saat melakukan aktivitas fisik yang lebih berat dari biasanya, tubuh manusia akan cenderung mengeluarkan keringat lebih banyak sebagai respons untuk menyeimbangkan suhu. Karena mengeluarkan cairan lebih dari biasanya, maka pastikan bahwa tubuh juga tidak kekurangan asupan cairan, agar keseimbangan tersebut tetap terjaga. Jangan sampai, hanya karena terlalu asyik beraktivitas, Ladies melupakan hal ini, ya. Akibatnya bisa fatal, lho.

Supaya tidak terlewat, siapkan tumbler berisi air mineral secukupnya. Jika Ladies memilih bersepeda, tumbler itu bisa diletakkan di batang sepeda atau bisa pula disimpan dalam ransel kecil yang dikenakan di punggung. Apabila Ladies memilih untuk jalan santai atau jogging, tumbler bisa dipegang di tangan. Agar tidak menyulitkan, gunakan tumbler yang ukurannya nyaman untuk digenggam.    

  

Topi, Sunglasses, Handuk, Goggles

 

Wanita Mengenakan Goggles (shutterstock.com)

Beraktivitas di luar ruangan memiliki tantangan tersendiri, antara lain paparan sinar matahari. Selain mengaplikasikan sunscreen dan memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Paparan sinar matahari juga dapat ditangkal dengan memakai alat pelindung tubuh, terutama wajah. Alat-alat itu antara lain topi, sunglasses atau kacamata hitam dan handuk.

Baik berhijab atau tidak, Ladies mungkin tetap membutuhkan topi, terutama berjenis topi baseball yang umumnya dikenakan kaum pria di waktu santainya. Topi ini baik digunakan karena memiliki penampang depan yang cukup lebar untuk melindungi wajah dari paparan langsung sinar UV.

Biar makin kece, Ladies juga bisa lho menambahkan kacamata hitam atau warna lainnya. Kegunaan lain sunglasses untuk melindungi mata dari pandangan menyilaukan dan sedikit menahan paparan sinar UV.  Karena area kulit sekitar mata paling sensiif dibanding bagian wajah lain.

Terakhir, jangan lupa lengkapi handuk kecil yang cukup untuk menyeka keringat berlebihan. 

Bagi Ladies yang memilih untuk berolahraga renang, goggles merupakan alat yang perlu meski tidak harus dikenakan. Goggles adalah kacamata khusus yang biasa dikenakan perenang. Kacamata ini penting dikenakan apabila Ladies ingin merasa lebih nyaman melihat lingkungan bawah air tanpa harus membuat mata perih karena iritasi.     

Handsfree

 

Wanita Mengenakan Headphone (shutterstock.com)

Meski tergantung pada jenis gerakan dan durasi melakukannya, secara umum olahraga merupakan aktivitas yang membutuhkan energi yang besar. Karena itu, kegiatan ini rentan membuat seseorang merasa cepat lelah atau bosan karena tubuhnya merasa dipaksa.

Untuk mengalihkan fokus pikiran, ada baiknya melakukan kegiatan tersebut sambil mendengarkan musik favorit. Agar tidak terjebak ribet, mungkin Ladies bisa memasang alat penyuara telinga nirkabel seperti earbuds, earphone atau headphone.

Selain terhibur, alat-alat penyuara telinga juga dapat mengisolasi pemakainya sehingga tidak terdistraksi oleh gangguan dari lingkungan seperti catcalling misalnya.

Namun demikian, hati-hati juga ya, Ladies, terutama ketika akan menyeberang atau menggunakan jalan. Kedap suara kadang membuat diri tidak waspada terhadap kemungkinan bahaya di sekitarnya. Jadi, tetap perhatikan juga lingkungan di sekitar Ladies berada.

Pakaian yang Nyaman

 

Ilustrasi Outfit yang Nyaman (shutterstock.com)

Ketika berolahraga, tubuh seseorang pasti lebih banyak melakukan gerakan peregangan. Agar tubuh lebih bebas bergerak, gunakan pakaian berbahan lentur sehingga bisa mengikuti gerakan tubuh. Ladies dapat memilih bahan kaos yang juga menyerap keringat dengan sempurna.

Sebagian orang juga memilih pakaian olahraga berbahan campuran spandeks. Namun demikian, agar tubuh tetap nyaman, kombinasikan outfit dengan bahan yang mudah serap keringat. Mengingat sifat spandeks yang tidak menyerap keringat sebaik bahan kaos. Bahan spandeks bisa dikenakan sebagai bawahan, sedangkan atasannya Ladies bisa memilih bahan kaos.

Khusus untuk olahraga di luar ruangan yang banyak berpapasan dengan masyarakat, perhatikan pula norma kesopanan. Hal ini juga untuk menghindari potensi pelecehan seperti catcalling. Bagi yang berhijab, apabila mengenakan bawahan legging, mungkin perlu juga melapisi dengan luaran rok mini sepaha. Pemakaian crop top ketika jogging atau jalan santai di lingkungan apalagi tanpa pendamping laki-laki sering kali memancing tindakan-tindakan pelecehan. Jadi, pilihlah outfit dengan bijak sesuai tempat ya, Ladies, supaya aktivitas outdoor-nya tetap menyenangkan.        

Sepatu Berkualitas

 

Ilustrasi Sepatu Olahraga (shutterstock.com)

 

Meski mahalnya harga sebuah produk biasanya berkaitan dengan kualitas, bukan berarti Ladies harus menghabiskan uang untuk membeli sepatu branded ya. Meski bukan yang termahal di kelasnya, Ladies masih bisa kok memiliki sepatu olahraga yang layak. Yang terpenting pada saat memilih produk adalah fungsinya dapat memenuhi standard minimal sehingga tubuh seseorang terlindung dengan sempurna.

Pemilihan jenis sepatu olahraga juga tergantung jenis olahraga yang akan dilakukan. Untuk aktivitas jogging, sepatu yang lebih dibutuhkan kaki adalah sejenis running shoes atau sneakers dengan bantalan yang cukup di area tumit untuk melindungi kaki dari potensi cedera akibat benturan keras dengan benda datar tempat kaki bertumpu selama berlari. Pastikan juga ukurannya pas dengan kaki, cukup luas untuk membuat kulit di sekitar kaki bernapas, namun juga tidak terlalu besar yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat dikenakan.

 

Itulah 5 pernak-pernik yang bisa dibawa atau dipakai ketika berolahraga di luar ruangan. Menurut Ladies, pernak-pernik apalagi yang perlu dikenakan untuk aktivitas outdoor-nya?

s