5 Pilihan Nipple Cream untuk Atasi Puting Lecet saat Menyusui

Kamis, 26 Januari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Pilihan Nipple Cream Untuk Atasi Puting Lecet Saat Menyusui

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Ladiestory.id - Saat awal menyusui, banyak perempuan mengeluhkan puting lecet atau sakit. Puting lecet dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena posisi pelekatan yang kurang tepat maupun karena adanya infeksi. Puting lecet yang diakibatkan karena pelekatan yang kurang tepat merupakan hal yang wajar terjadi. Pasalnya, bayi masih dalam proses belajar untuk menyusu dengan benar. 

Puting lecet tentunya akan terasa sangat menyiksa. Namun, kamu tak perlu khawatir karena kini telah banyak beredar produk nipple cream yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka lecet pada puting. Ladies, berikut ini lima pilihan produk nipple cream yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi puting lecet. 

Mama’s Choice

Mama’s Choice. (Special)

Pilihan nipple cream pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi puting lecet adalah Mama’s Choice Intensive Nipple Cream. Produk ini terbuat dari bahan alami, yaitu ekstrak kurma dan saripati kelapa.

Kedua kandungan bahan alami tersebut diyakini mampu menenangkan, melembutkan, dan  menghidrasi area puting yang bermasalah. Selain itu, produk ini juga aman bagi bayi karena bebas dari pewangi dan bahan kimia berbahaya. 

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan krim ini pada bagian puting yang lecet atau pecah-pecah. Kamu bisa menggunakannya setelah menyusui atau kapanpun ketika diperlukan. Untuk kemasan 15 ml, produk ini dibanderol dengan harga kisaran Rp69 Ribu. 

Pure Mom

Pure Mom. (Special)

Pure Mom Nipple Cream merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi puting lecet saat menyusui. Krim ini memiliki kandungan provitamin B5, vitamin E, dan olive oil. Adanya kandungan tersebut sangat bagus untuk menjaga kelembapan kulit. Sehingga, selain bisa kamu gunakan untuk mengatasi puting lecet, produk ini juga bisa digunakan untuk merawat dan melindungi puting.

Produk ini juga diklaim aman digunakan bahkan untuk kulit yang sensitif sekalipun. Selain aman untuk ibu menyusui, nipple cream ini juga aman untuk bayi jika tertelan karena bebas pewangi dan mengandung lanolin. Produk ini mudah ditemukan dan dijual dengan harga terjangkau kisaran Rp63 Ribu. 

Pigeon

Pigeon. (Special)

Pigeon Nipple Care Cream juga bisa menjadi salah satu pilihan nipple cream untuk mengatasi puting lecet. Selain digunakan pada puting, krim satu ini juga bisa digunakan untuk menjaga kelembapan kulit bayi, lho. Produk ini juga diklaim aman untuk digunakan ibu menyusui maupun bayi.

Hal ini dikarenakan dalam produk ini bebas alergi, pewangi, dan pewarna. Produk ini mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang terjangkau, yaitu kisaran Rp68 Ribu untuk kemasan 10 gram. 

Medela

Medela. (Special)

Rekomendasi nipple cream selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Medela PurelanTM 100 Lanolin Cream. Produk ini dijual dengan harga Rp96 Ribu. Krim ini selain berguna untuk mengatasi puting lecet juga bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi.

Medela PurelanTM 100 Lanolin Cream juga terbuat dari bahan alami, sehingga aman digunakan ibu menyusui maupun bayi. Selain itu, dalam produk ini juga tidak mengandung paraben, pengawet, maupun parfum, sehingga tidak menyebabkan iritasi dan cocok untuk kulit sensitif.

Mothercare

Mothercare. (Special)

Produk nipple cream dari Mothercare banyak direkomendasikan untuk mengatasi puting lecet. Mothercare It’s Your Body Nipple Cream memiliki kandungan vitamin E yang dapat membantu melindungi puting sakit dan pecah-pecah karena proses menyusui.

Selain itu, produk ini juga tidak mengandung bahan berbahaya, sehingga aman untuk kulit. Mothercare It’s Your Body Nipple Cream dibanderol dengan harga Rp158 Ribu untuk ukuran 75 ml.