Praktis dan Sehat, Ini Pilihan Buah yang Cocok Jadi Menu Sarapan

Senin, 10 Januari 2022 | 05:00:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Praktis Dan Sehat, Ini Pilihan Buah Yang Cocok Jadi Menu Sarapan

Ilustrasi sarapan buah (iStockphoto/AntonioGuillem)

Ladiestory.id - Untuk memulai berbagai aktivitas pagi, sarapan menjadi sesuatu yang tidak boleh diabaikan. Karena sarapan bisa menjadi sumber energi yang diperlukan saat beraktivitas. Pastikan kamu mengonsumsi menu sarapan yang tepat, yangmana tidak hanya mengenyangkan saja namun juga harus bernutrisi.

Buah bisa menjadi salah satu menu makanan yang bisa Kamu konsumsi untuk sarapan. Karena buah sangat kaya akan kandungan serat dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan serat inilah yang bisa membuat perut kenyang lebih lama hingga waktunya makan siang. Sedangkan kandungan vitamin di dalam buah sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatur metabolisme tubuh.

Untuk pilihan buah yang cocok jadi menu sarapan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jeruk

Ilustrasi buah jeruk. (Special)

Jenis buah yang satu ini bisa Kamu manfaatkan sebagai menu sarapan yang menyehatkan. Untuk mendapatkannya cukup mudah karena bukan tergolong buah musiman. Jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya yang sangat tinggi. Sehingga sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak hanya itu saja, jeruk juga mengandung serat, potasium, dan zat anti inflamasi di dalamnya. Beragam jenis jeruk yang bisa Kamu gunakan sebagai menu sarapan antara lain jeruk Mandarin, lemon, hingga grapefruit. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa juga mengolahnya terlebih dahulu menjadi minuman jus buah. Khusus untuk lemon, Kamu bisa meraciknya dengan tambahan air panas yang dicampur dengan madu.

2. Pisang

Ilustrasi buah pisang. (Special)

Buah yang satu ini bisa dibilang cukup banyak orang gunakan untuk menu sarapan. Hal ini tidak mengherankan karena pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sehingga mengonsumsinya saat sarapan bisa membuat perut kenyang lebih lama. Serat tinggi pada pisang ini juga bagus untuk kesehatan pencernaan. Selain mengandung serat, pisang juga mengandung potasium, mangan, magnesium, dan vitamin B. Kamu bisa mengonsumsinya pisang dengan memakannya langsung atau mengolahnya menjadi smoothies terlebih dahulu.  

3. Apel

Ilustrasi buah apel. (Special)

Apel menjadi buah kesekian yang dikenal sangat kaya akan serat. Tak heran jika buah yang satu ini kerap digunakan sebagai camilan sehat ketika menjalankan diet. Selain untuk keperluan diet, Kamu juga bisa mengonsumsinya sebagai menu sarapan yang sehat dan praktis. Terlebih selain kandungan seratnya yang tinggi, apel juga kaya akan vitamin C dan antioksidan di dalamnya.

4. Alpukat

Ilustrasi buah alpukat. (Special)

Alpukat dikenal memiliki lemak tak jenuh di dalamnya. Sehingga sangat aman dan sehat untuk menu diet maupun sarapan sehari-hari. Tak hanya itu saja, alpukat juga kaya akan serat yang jika dikonsumsi bisa mengenyangkan perut dalam waktu yang lama. Untuk cara menikmati alpukat, Kamu bisa menjadikannya sebagai olesan pada roti atau isian sandwich. Selain itu bisa juga mengolahnya menjadi jus.

5. Melon

Ilustrasi buah melon. (Special)

Selain segar untuk dikonsumsi ketika cuaca panas di siang hari, Kamu juga bisa menjadikan melon sebagai menu sarapan sehat. Buah yang satu ini mengandung air yang cukup tinggi. Sehingga dengan mengonsumsinya akan menghindarkan Kamu dari risiko dehidrasi saat melakukan berbagai aktivitas. Selain itu melon juga mengandung banyak vitamin dan kandungan nutrisi lainnya seperti serat dan potasium. Kalori di dalamnya juga cukup rendah sehingga tidak akan mengganggu program dietmu.  

6. Kiwi

Kiwi juga bisa dijadikan sebagai menu sarapan yang menyehatkan. Kandungan serat di dalam buah kiwi bisa mengenyangkan perut sekaligus juga bagus untuk kesehatan pencernaan. Selain itu juga mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh. Mengingat rasa buah kiwi yang sedikit asam, Kamu bisa mengonsumsinya bersama dengan buah lain pada olahan salad. Selain itu bisa juga mengonsumsinya bersama dengan yoghurt.