Biar Semangat Memulai Hari, 7 Buah Ini Harus Ada di Menu Sarapan

Selasa, 2 Agustus 2022 | 08:30:00

Ghina Nafisah

Penulis : Ghina Nafisah

Biar Semangat Memulai Hari, 7 Buah Ini Harus Ada Di Menu Sarapan

Ilustrasi sarapan buah. (iStockphoto/AntonioGuillem)

Ladiestory.id - Sarapan penting untuk dilakukan agar dapat mengisi energi sebelum memulai hari. Selain itu, sarapan juga dapat membuat kamu lebih fokus saat beraktivitas.

Tak sekadar asal kenyang, sarapan yang baik adalah yang seimbang nutrisinya dan memiliki buah di dalam menunya. Karena dengan kamu menambahkan buah dalam menu sarapan, maka akan membuat kamu lebih semangat dalam memulai hari.

Lalu jenis buah seperti apa sih yang bagus untuk sarapan? Ladiestory.id merangkum deretan buah yang patut masuk dalam menu sarapan.

Sitrus

Ilustrasi Jeruk. (Special)

Kelompok buah sitrus ini terdiri dari jeruk, lemon, jeruk nipis dan grapefruit. Jenis buah-buahan ini memiliki rasa manis-asam yang bisa menyegarkan kamu di pagi hari.

Selain baik untuk kulit, buah ini juga dapat menjaga kekebalan tubuh dan membantu penyerapan nutrisi. Karena, buah sitrus ini mengandung banyak vitamin C, serat yang tinggi hingga potasium. Kamu bisa memakan langsung buah sitrus, dibuat minuman atau dengan cara mencampurkannya bersama makanan lain.  

Namun, perlu diperhatikan jika kamu dalam masa pengobatan yang mengharuskan kamu minum obat. Pasalnya, salah satu buah sitrus, yaitu jeruk bali, diketahui bisa memengaruhi efek obatmu. Oleh karena itu, lebih baik sebelum kamu mengonsumsinya, konsultasikan dahulu kepada dokter.     

Pisang

Ilustasi Pisang. (Special)

Untuk kamu yang sibuk dan harus sarapan di jalan, kamu bisa membawa buah pisang sebagai tambahan menu sarapan. Pisang dikenal praktis untuk dibawa dan memiliki rasa manis.

Buah ini pun disebut sangat baik untuk usus, karena mengandung serat, vitamin B dan mineral. Jenis-jenis pisang yang bisa dimakan langsung pun ada banyak, seperti pisang ambon, pisang susu, pisang raja dan pisang mas.

Alpukat

Ilustrasi Alpukat. (Special)

Di indonesia, buah hijau yang satu ini mungkin jarang ditambahkan dalam menu sarapan. Padahal, jika kamu mengonsumsi alpukat di pagi hari, dapat membuat kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, buah alpukat banyak dijadikan makanan diet.

Kalau biasanya kamu mengolah alpukat dengan cara dibuat jus, kini sudah banyak menu sarapan sehat juga enak dengan alpukat yang bisa kamu coba, seperti avocado toast, salad, smoothie, sandwich hingga alpukat panggang dengan tambahan telur.

Kiwi

Ilustrasi Kiwi. (Special)

Kiwi terdengar asing bagi masyarakat Indonesia untuk dimasukkan dalam menu sarapan. Rupanya, kiwi memiliki banyak manfaat, seperti mencegah penuaan, menjaga tekanan darah sampai meningkatkan daya tahan tubuh.

Kamu masih bingung dalam mengolah kiwi untuk sarapan? Tenang, karena buah yang satu ini hanya cukup kamu campurkan dengan makanan sarapanmu, seperti dicampur bersama oatmeal, pancake, salad buah dan smoothie.

Blewah

Ilustrasi Blewah. (Special)

Blewah yang rasanya hampir menyerupai melon ini, sangat bagus untuk dikonsumsi saat pagi hari. Memiliki banyak kadar air di dalamnya, membuat blewah menjadi penyegar sekaligus mencukupi kebutuhan air dalam tubuh agar kamu selalu terhidrasi.

Apel

Ilustrasi Apel. (Special)

Buah yang harus ada di menu sarapan kamu selanjutnya yaitu apel. Buah ini sama halnya dengan jeruk dan pisang yang mudah dibawa saat kamu pergi terburu-buru di pagi hari. Apel kaya akan antioksidan dan anti bakteri yang membuat kamu kebal akan radikal bebas.

Berry

Ilustrasi buah berry (Special)

Terakhir ada buah kecil dan penuh warna, yaitu buah berry. Buah berry sendiri terdiri dari banyak jenis, namun yang bagus dikonsumsi saat sarapan adalah jenis buah rasberry dan bluberry.

Walaupun bentuknya kecil, tetapi manfaat yang dihasilkan sangat bagus untuk tubuh, mulai dari anti-inflamasi, vitamin C hingga baik untuk kesehatan jantung.

s