1. Fashion
  2. Rayakan International Hijab Solidarity Day, Ini 5 Cara Dukung Sesama Wanita Berhijab
Fashion

Rayakan International Hijab Solidarity Day, Ini 5 Cara Dukung Sesama Wanita Berhijab

Rayakan International Hijab Solidarity Day, Ini 5 Cara Dukung Sesama Wanita Berhijab

Ilustrasi Hijabers. (Creative Market)

Ladiestory.id - Ladies, tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Solidaritas Hijab Internasional atau International Hijab Solidarity Day (IHSD) yang dirayakan oleh seluruh wanita berhijab di belahan dunia termasuk salah satunya Indonesia. Tujuan dari peringatan ini ialah untuk mendukung seluruh wanita muslim di berbagai belahan dunia yang mendapat diskriminasi, kecaman dan tidak adanya kebebasan baginya untuk mengenakan hijab.

 Diketahui jika negara bagian Barat sering memberikan stereotip kepada wanita muslim atau berhijab sebagai teroris atau adanya simbol kebencian terhadap muslim salah satunya hijab. Nah, dibalik hal itu, terdapat lima cara yang bisa kamu lakukan untuk terus mendukung rekan wanita khususnya mereka yang berhijab seperti berikut ini, simak yuk!

Beri Dukungan dalam Berkarir

Ilustrasi Hijabers. (Freepik)

Di beberapa perusahaan keberagaman, kesetaraan dan perbedaan kerap menjadi perbincangan hangat, namun dibalik hal itu banyak pula diantaranya yang saling mendukung dan merangkul segala perbedaan yang meliputi berbagai unsur keragaman di dalamnya menjadi suatu ruang lingkup yang humanis dan harmonis. Wanita muslim kerap mendapat tantangan besar dalam hal ekonomi maupun untuknya berkarir, bahkan beberapa diantara mereka sulit beradaptasi dengan nilai-nilai budaya yang dominan. 

Agama dan kewajiban didalamnya kerap menjadi topik sensitif dan kurang nyaman untuk dibicarakan, bahkan di negara Barat banyak pula wanita muslim yang memiliki hambatan dalam berkarir jika dibandingkan dengan non muslim. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendukung rekan sesama wanita berhijab untuk sukses dalam berkarir, jadikan dirinya untuk berani berekspresi dan percaya diri sesuai dengan cara dan keyakinannya tanpa harus menghilangkan nilai-nilai moral dan agamanya di dunia kerja.

Ciptakan Toleransi dan Hargai Keputusannya

Ilustrasi Hijabers. (Freepik)

Banyak orang yang percaya terlebih di negara liberalis, mereka kerap memandang wanita muslim dan berhijab sebagai simbol penindasan, terorisme atau adanya simbol penistaan terhadap agama dengan kedok wanita yang melindungi diri dibalik cadarnya. Tentu hal ini akan membuat wanita muslim merasa tidak nyaman bahkan mereka mendapat diskriminasi dan ancaman.

Tak hanya itu beberapa wanita muslim akan merasa tidak nyaman apabila mereka hendak berjabat tangan, melakukan kontak mata dan berbaur dengan lawan jenis. Namun dibalik hal itu adalah keputusan pribadi dan perintah yang harus ia jalani. Daripada berasumsi jika wanita muslim dan berhijab semuanya sama, lebih baik kita sebagai manusia dapat saling menciptakan toleransi antar umat beragama, menghargai perbedaan dan menghargai keputusannya dengan begitu akan tercipta rasa damai dan hubungan harmonis yang dapat terjalin.

Berikan Dukungan dan Apresiasi

Ilustrasi Hijabers. (Freepik)

Keputusan wanita dalam berhijab patut diapresiasi, tak hanya sekedar menutup diri ia pun turut menjalankan perintah agamanya. Dengan memberikan dukungan dan apresiasi hal ini bisa sebagai bentuk self care yang dapat meningkatkan faktor produktivitas maupun tingkat kepercayaan diri pada seseorang. Berikan dukungan dan apresiasi kepada teman sesama wanita yang menggunakan hijab untuk meningkatkan semangatnya dan jangan takut untuk membatasi diri dalam menjalankan apapun aktivitas baik di dunia karir maupun kehidupan sosialnya.

Ciptakan Ruang Aman Bagi Wanita Hijab

Ilustrasi Hijabers. (Freepik)

Sebagian wanita muslim dan berhijab di beberapa belahan dunia kerap menerima ancaman, kecaman maupun diskriminasi. Maka dari itu perlu adanya suatu wadah komunitas untuk membantu melindungi para wanita muslim dan berhijab agar bisa beraktivitas tanpa batas dan rasa takut yang menghampirinya. Perlu adanya ruang yang aman dimana perempuan berhijab dapat diperlakukan sebagai manusia seperti yang lainnya. Inilah pentingnya peran pemimpin dan komunitas untuk berani bersuara dan dapat memberi pandangan tentang wanita muslim dan hijab. Selain itu, para wanita muslim berhijab dari berbagai lapisan dapat berkumpul dan bercerita tentang tantangan, kekuatan bahkan cerita tentang impian mereka untuk bisa didengar dan saling menciptakan landasan persaudaraan maupun solidaritas.

Bangun Mutual Understanding dengan Rekan Hijabers

Ilustrasi Hijabers. (Freepik)

Memiliki teman dengan kepercayaan dan keyakinan yang berbeda bukan berarti dapat merenggangkan jalinan silaturahmi diantara kalian, lho. Justru kalian bisa menjadi support system dengan perbedaan yang unik itu dengan membangun mutual understanding dan awareness kalian akan saling menghargai satu sama lain bahkan memberikan rasa cinta dan aman di lingkungan yang kalian ciptakan.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel