5 Fakta Inspiratif Stephanie Kurlow, Balerina Berhijab Pertama yang Kini Melepas Hijabnya

Sabtu, 28 Januari 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Fakta Inspiratif Stephanie Kurlow, Balerina Berhijab Pertama Yang Kini Melepas Hijabnya

Stephanie Kurlow (instagram.com/@stephaniekurlow)

Ladiestory.id - Stephanie Kurlow merupakan balerina berhijab pertama di dunia yang sukses mendobrak stigma bagi wanita berhijab untuk menggapai mimpinya menjadi seorang balerina profesional. Wanita asal Sydney, Australia dan juga keturunan Rusia ini sempat menjadi topik hangat di kalangan masyarakat global karena menampilkan atraksi balerina dengan menggunakan pakaian tertutup dan berhijab.

Tak heran jika kisahnya ini pun menjadi inspirasi bagi banyak wanita di penjuru dunia khususnya bagi wanita muslim. Namun, hal yang melekat pada citra dirinya ini membuat para penggemar merasa kecewa karena Stephanie memutuskan untuk melepas hijabnya dan memulai versi terbaru dari dirinya. Berikut ini lima fakta menarik dan inspiratif dari Stephanie Kurlow yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Tertarik Menjadi Balerina di Usia Dua Tahun

Stephanie Kurlow (instagram.com/@stephaniekurlow)

Stephanie Kurlow sudah menyukai dunia tari sejak ia berusia dua tahun. Ketika melihat orang-orang menari dia selalu merasa bersemangat bahkan ikut menikmati kegembiraan yang ditampilkan dari gerak-gerik tarian yang indah. Bahkan di usianya yang masih sangat muda membuat dirinya mulai tertarik untuk belajar menari balet dan memiliki impian untuk menjadi seorang balerina profesional.

Menjadi Mualaf di Usia Sembilan Tahun

Stephanie Kurlow (instagram.com/@stephaniekurlow)

Wanita berdarah Australia-Rusia ini memutuskan untuk menjadi seorang muslimah di usianya yang menginjak sembilan tahun dan memilih untuk menggunakan hijab. Salah satu hal yang menarik saat Stephanie ingin mengikuti kelas balet di sebuah sanggar balet lokal. Namun, karena melihat penampilan Stephanie yang berhijab, beberapa sanggar balet menolak dirinya dengan alasan perbedaan keyakinan. Bahkan sanggar tersebut memintanya untuk melepas hijabnya kemudian ia baru diperbolehkan untuk bergabung mengikuti kelas balet. Merasa kecewa, Stephanie memutuskan untuk berhenti dari kelas balet dan vakum beberapa tahun karena ia kesulitan untuk mendapatkan sanggar balet yang menerima dirinya walaupun menggunakan hijab.

Membuka Studio Balet Pribadi

Stephanie Kurlow (instagram.com/@stephaniekurlow)

Mengetahui anaknya mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari sejumlah sanggar balet lokal, ibu Stephanie pun merasakan kesedihan yang dialami oleh anaknya, bahkan anaknya memilih untuk tidak melanjutkan mimpinya menjadi seorang balerina. Namun, sang ibu tak ingin melihat anaknya larut dalam kesedihan, ibu Stephanie pun membuka studio balet pribadi di tahun 2012 yakni Australian Nasheed & Arts Academy yang menerima kelas arts, nasyid, balet dan material arts serta menerima orang-orang dari berbagai agama dan etnis minoritas. Ibunya berharap, dengan didirikan studio balet ini dapat mengembangkan mimpi banyak anak muda seperti Stephanie yang sempat dikucilkan bahkan mendapat diskriminasi.

Tampilkan Sisi Unik Lewat Hijab

Stephanie Kurlow (instagram.com/@stephaniekurlow)

Nama Stephanie Kurlow semakin dikenal lewat kampanye dirinya yang bertajuk “1st Muslim Hijabi Ballerina in The World”. Dilansir dari Daily Mail, Stephanie berhasil mendapat perhatian dunia karena aksi uniknya yang tampil mengenakan hijab sembari menampilkan gerakan balerina yang indah. Bahkan Stephanie berhasil meraih beasiswa “Game Changer” pada bidang olahraga dari salah satu merek fashion ternama.

Tak cukup sampai disitu, lewat kepribadiannya yang unik dan tidak mudah menyerah, Stephanie juga berhasil menginspirasi banyak anak muda di seluruh dunia. Pada 2015, Stephanie Kurlow mendapat anugerah penghargaan “Sydney’s Youth Talent Smash” dengan tampil sebagai seorang balerina yang mengenakan hijab.  Stephanie juga sempat membuka penggalangan dana dan berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp 145 juta untuk melatih penuh di sekolah balet dan berhasil memperoleh sertifikasi untuk membuka sekolah seni dan pertunjukannya sendiri di Sydney. Stephanie berharap dengan membuka sekolah seni ini, akan ada banyak orang yang percaya diri dan berani bermimpi tanpa harus mengkhawatirkan identitas dan latar belakang sosial dirinya sendiri.

Putuskan Melepas Hijab

Stephanie Kurlow (instagram.com/stephaniekurlow)

Menjadi inspirasi banyak anak muda diseluruh dunia karena menjadi seorang balerina berhijab pertama di dunia yang berhasil mematahkan stigma dan stereotype bahwa hijab bukanlah sebuah penghalang untuk meraih impian membuat Stephanie sukses digemari banyak orang dan menjadi panutan khususnya bagi para muslimah.

Namun, kabar mengejutkan datang dari Stephanie Kurlow, ia memutuskan untuk melepas hijabnya untuk menemukan versi terbaru dalam dirinya bahkan ia mengunggah foto dirinya tak menggunakan hijab di akun media sosial Instagramnya @stephaniekurlow pada 2022. Sontak hal ini banyak membuat warganet merasa terkejut bahkan kecewa melihat sang idola harus melepas hijabnya. Namun, ada pula yang mendukung Stephanie untuk tetap menginspirasi dan menemukan kebahagiaan dalam hidupnya.