?>
LADIESTORY.ID | COMMUNITY BLOG | LIFESTYLE | 5 CARA MENGURANGI SAMPAH MAKANAN! YAKIN MASIH MAU BUANG SEMBARANGAN?

5 Cara Mengurangi Sampah Makanan! Yakin Masih Mau Buang Sembarangan?

Megi aura
Penulis: Megi aura
Durasi baca: 2 menit, 20 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Cara Mengurangi Sampah Makanan! Yakin Masih Mau Buang Sembarangan?

Cara Mengurangi Sampah Makanan. Perlu kamu ketahui bahwa saat ini sampah sisa makanan adalah salah satu penyebab kerusakan lingkungan terbesar. Hal ini juga diungkapkan oleh organisasi makanan dan pertanian united nation (FAO), bahkwa jumlah sampah sisa makanan jumlahnya bisa mencapai sepertiga dari yang mulanya diproduksi. Lebih parahnya lagi sisa makanan yang terbuang ini tidak hanya karena basi, tapi juga ada yang disebabkan karena terlalu banyak dibelanjakan dan akhirnya tidak terpakai begitu saja.

Nah, mengingat efek sampah sisa makanan yang cukup parah  pada lingkungan, ada baiknya bila kamu melakukan tindakan pencegahan guna meminimalisir sampah sisa makanan. Berikut ini beberapa cara mengurangi sampah makanan yang bisa kamu lakukan. Yuk, mulai utamakan kebersihan untuk diri sendiri dan orang sekitar.

 

Baca juga: Makanan Terbaik Untuk Diet Golongan Darah B

1. Belanja bahan makanan segar sesuai persediaan

Sumber: mamkos.com

Buat kamu yang selalu belanja makanan untuk persediaan sehari-hari, cobalah untuk memulai menghemat persediaan. Usahakan membeli makanan segar yang bisa langsung diolah dan jangan terlalu lama di simpan di kulkas. Dari pada busuk atau menjadi basi alangkah baiknya langsung dihabiskan, untuk itu belilah secukupnuya saja. Makanan segar yang cepat basi biasanya meliputi daging dan sayur serta buah.

 

2. Simpan makanan segar dengan cara yang tepat

Sumber: hipwee

Meskipun kamu sudah menyimpannya di dalam kulkas, bahan makanan tetap berpontesi busuk bila tidak diletakan di wadah yang tepat. Apalagi untuk sayuran seperti tomat dan cabai. Nah, agar lebih awet belilah sayur dan bahan makanan segar yang belum begitu masak, lalu ditaruh di wadah khusus. Untuk bahan makanan seperti sereak dan biscuit sebaiknya simpan dalam wadah kedap udara.

 

3. Bersihkan kulkasn secara rutin, sekalian cek kedaluwarsa makanan

Sumber foro: hipwee

Cara mengurangi sampah makanan selanjutnya adalah dengan menata ulang isi dalam kulkas. Misalnya kamu bisa menaruh bahan makanan lama di bagian depan agar bisa segera dipakai. Sambil membersihkan kulkas, kamu juga bisa sambal mengecek tanggal kedaluwarsa agar kamu tidak terlewat mengolah makanan yang sudah basi.

 

4. Kreatif dalam mengolah bahan makanan yang sudah lama tersimpan di kulkas

Sumber foro: hipwee

Sebelum memurtuskan untuk membuang bahan makanan, mending kamu coba berkreasi untuk mengolahnya menjadi hidangan yang menarik. Misalnya, sayur tempe yang sudah mulai kurang enak namun belum terlalu basi, kamu bisa mengolahnya menjadi sayuran yang lebih lezat.

 

5. Mengawetkan sisa bahan makanan dengan cara dibekukan atau fermentasi

Sumber foro: hipwee

Ada banyak sisa bahan makanan yang bisa dibekukan agar lebih tahan lama, antara lain: pasta tomat, dan kaldu. Buah yang dibekukan nantinya dapat kamu jadikan sebagai smoothie hanya dengan menambah susu. Nah, untuk sayuran yang tidak bisa dibekukan, kamu bisa membuatnya jadi acar misalnya dengan timun atua wortel.

Masih mau buang-buang sisa makanan begitu saja? Semoga dengan cara mengurangi sampah makanan ini, kamu bisa lebih pandai dalam mengolah sisa makanan. Kalau memang bisa diolah kenapa tidak. Tapi ingat, jangan sekali kali mengolah sisa makanan yang benar-benar sudah melampui kedaluwarsa yah, untuk itu cobalah menghemat pengeluaran dalam berbelanja makanan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Rajin Konsumsi Makanan Ini Yang Ternyata Mampu Meningkatkan SPF Pada Kulit

Cara mengurangi sampah Buang sampah di tempat Mengolah sisa makanan Sampah organic Tips mengolah sampah

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Faradisa Maisarah
Faradisa Maisarah
Kalau menurutku selain jangan dibuang-buang alangkah baiknya di olah kembali dan bisa diberikan ke hewan peliharaan misal kucing, ayam, anjing. Jauh lebih bermanfaat.

Related Posts

Trending On Lifestyle