Ladiestory.id » Health » Bye, Perut Kembung! Inilah 5 Cara Mengurangi Gas Perut Secara Efektif

Bye, Perut Kembung! Inilah 5 Cara Mengurangi Gas Perut Secara Efektif

LS Health
Penulis: LS Health
Minggu, 08 Desember 2019 | 12:11:28
Durasi baca: 3 menit, 25 detik
Dibaca: 2 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Bye, Perut Kembung! Inilah 5 Cara Mengurangi Gas Perut Secara Efektif

Perut kembung yang berisikan gas sehabis makan tentu sangat mengganggu. Kita kerap dibuatnya merasa kenyang duluan padahal makanan di piring belum habis sepenuhnya. Belum lagi rasa ingin buang angin, baik itu dikeluarkan melalui mulut, maupun dari belakang alias kentut, yang tentu terkadang bikin kita malu jika ada orang yang mendengarnya. Meskipun, normalnya manusia mengeluarkan gas itu sebanyak 13-21 kali dalam sehari. Sebenarnya, perut kembung atau gas berlebih yang ada di perut kita itu disebabkan oleh produksi gas berlebihan, yang sering kali berasal dari makanan yang kita konsumsi, Ladies. Secara tidak sadar, ketika kita membuka mulut untuk memasukan makanan ke dalam mulut dan mengunyahnya, udara ada yang di sekitar kita pun ikut masuk ke dalam mulut. Selain itu, gas berlebih di perut juga diakibatkan oleh sistem pencernaan yang lamban.

Seperti yang dilansir dari laman Lifehack, penyebab lain yang lebih serius tentang munculnya gas perut adalah ketika gas yang dihasilkan oleh bakteri jahat di usus kian menumpuk dan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan pula di usus kecil, yang kemudian disebut SIBO. Bakteri itu mengubah makanan seperti gula dan karbohidrat dalam jumlah besar yang dapat mengakibatkan iritasi atau toxic pada sel-sel saluran usus. Nah, agar gas perut tidak melulu mengganggu aktivitas keseharianmu, berikut ini ada 5 cara mengurangi gas perut yang bisa kamu terapkan di rumah!

1. Ubahlah pola makanmu, kurangi makanan yang menyebabkan gas perut

Ubahlah pola makanmu, kurangi makanan yang menyebabkan gas perut
sumber: freepik.com

Beberapa bahan makanan seperti kol, brokoli, kecambah, bawang, kacang-kacangan, apel, dan juga pir adalah makanan yang cenderung bisa menghasilkan gas perut. Tak cuma itu, beberapa bahan makanan lainnya, seperti gandum, produk susu, dan krim juga akan menambah jumlah gas di dalam usus. Nah, kamu bisa mengurangi gas perut dengan cara membatasi asupan bahan-bahan makanan tersebut untuk dikonsumsi, Ladies.

Baca juga: Lucunya Shandy Aulia Berjoget dengan Perut Hamil

2. Kunyah makananmu dengan benar dan tutup mulut saat mengunyah

Kunyah makananmu dengan benar dan tutup mulut saat mengunyah
sumber: freepik.com

Jika kamu ingin mengurangi gas perut yang mengganggu, hentikan kebiasaan makan yang terlalu cepat. Ambil lah waktu sedikit lebih lama untuk mengunyah makananmu hingga kehilangan tekstur atau menjadi seperti bubur. Kamu juga bisa mengikuti aturan makan yang disarankan mengunyah makanan hingga 32 kali, atau setidaknya bentuk makanan yang kamu makan itu sudah hancur. Hindari kebiasaan mengunyah makanan dengan asal dan menelannya ketika makanan masih dalam bentuk cabikan yang besar. Jangan lupa juga untuk menutup mulut ketika makan, ya. Agar tak ada tambahan udara yang masuk dari sekitar.

3. Minumlah suplemen probiotik

Minumlah suplemen probiotik
sumber: freepik.com

Suplemen probiotik bisa membantu memasok bakteri baik yang dibutuhkan usus untuk memecah makanan yang kamu konsumsi secara efisien, Ladies. Jika kamu ingin mengonsumsi suplemen probiotik untuk mengurangi gas perut, pilihlah suplemen probiotik yang berkualitas tinggi, tentunya yang mengandung banyak bakteri baik, termasuk Lactobacillus dan Bifidobacterium. Namun, yang perlu kamu perhatikan ketika mengonsumsi suplemen probiotik ini adalah kamu akan merasakan gas perutmu terasa meningkat di awal pemakaian dan akan berangsur berkurang sesuai dengan fungsinya. Hal itu disebabkan adanya bakteri baik yang baru masuk ke dalam ususmu.

4. Berhenti konsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan

Berhenti konsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan
sumber: freepik.com

Akhir-akhir ini banyak sekali produk pemanis buatan yang dijual bebas di pasaran. Berhati-hatilah ketika hendak mengonsumsi produk ini, Ladies. Sebab, berbagai produk makanan yang menuliskan label bebas gula pada kemasannya, justru malah mengandung pemanis buatan dalam jumlah tinggi seperti sorbitol atau aspartame. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, sorbitol ini akan menyebabkan diare dan kram pada perut. Biasanya kedua kandungan itu juga digunakan dalam pembuatan permen karet sugar free dan soda diet, yang bisa mengakibatkan gas perutmu semakin banyak. Lebih baik, batasi atau berhentiah mengonsumsi produk makanan yang berlabel bebas gula yang biasanya mengandung nutrisi yang sangat sedikit dan dapat membahayakan kesehatan.

5. Cobalah mengonsumsi makanan herbal

Cobalah mengonsumsi makanan herbal
sumber: freepik.com

Ada beberapa makanan herbal yang bisa mengatasi kondisi perut kembungmu, misalnya saja biji adas. Bebijian ini mengandung senyawa yang dapat melemaskan kram pada usus dan membantu mengeluarkan gas perutmu. Kamu bisa mengonsumsinya dengan mengunyahnya langsung atau menjadikannya teh dan meminumnya selagi hangat sehabis makan. Selain biji adas, kamu juga bisa mengonsumsi peppermint dan chamomile yang aromanya bisa menenangkan pikiran dan ususmu sekaligus, Ladies. Buatlah teh peppermint atau chamomile dan minumlah di saat hangat untuk mengurangi gas perutmu.

Perut kembung yang mengganggu kini sudah bisa kamu atasi. Jangan lupa untuk membagikan kiat ini kepada teman-temanmu, ya!

Baca juga: Stres Berat Bisa Menimbulkan Sakit Perut, Ini Alasannya!


health kesehatan gas perut perut kembung cara mengurangi gas perut cara mengatasi perut kembung

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH