Ladiestory.id » Health » Ini Trik Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba dan Virus

Ini Trik Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba dan Virus

LS Health
Penulis: LS Health
Kamis, 19 Maret 2020 | 04:44:53
Durasi baca: 2 menit, 16 detik
Dibaca: 14 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Ini Trik Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba dan Virus

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik, tubuh dapat mendeteksi ancaman, seperti bakteri, parasit, dan virus, dan memicu respons kekebalan untuk menghancurkannya. Meskipun pada sebagian besar kasus dapat bekerja secara efektif, namun terkadang sistem kekebalan bisa saja tidak bekerja dengan optimal. Akibatnya, kamu mengalami infeksi. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan kabar baiknya, cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh tidak membutuhkan biaya besar. Lakukan saja hal-hal di bawah ini, maka sistem kekebalan tubuhmu akan menjadi optimal. 

Hindari Stres

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Stres dapat terjadi karena perubahan lingkungan di sekitar kita, sehingga tubuh akan bereaksi dan meresponnya sebagai upaya perlindungan. Tubuh bereaksi terhadap stres dengan memberi respon fisik, mental, dan emosional. Sehingga, orang yang mengalami stres kronis akan lebih rentan untuk terkena penyakit, seperti influenza, flu biasa, atau penyakit infeksi lainnya

Menghindari Kesepian

Galau dan kesepian bisa dialami semua orang. Tanpa disadari, perasaan tertekan karena dua hal itu dapat menyebabkan stres dan menurunkan kondisi kekebalan. Hal ini dibuktikan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa rasa kesepian bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan kemampuan tubuh untuk mengatasi stres. Studi ini menemukan orang yang merasa kesepian, mereka mempunya level norepinephrine lebih tinggi di dalam darah. Inilah yang bisa menjelaskan mengapa perubahan imunitas bisa terjadi ketika orang-orang kesepian atau merasa terisolasi. 

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Membantu Mengatasi Masalah Kulit Tubuh yang Kering

Jaga Pola Makan Sehat

Tips menjaga daya tahan tubuh berikutnya adalah menerapkan pola makan sehat di kehidupan sehari-hari. Seperti tidak melewatkan sarapan pagi, menjaga pola makan yang seimbang seperti 4 sehat 5 sempurna, selalu menjaga kebersihan makanan dan tidak lupa mencuci tangan saat ingin makan.

Rajin Minum Air Putih

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling tepat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih juga dinikmati oleh beragam fungsi tubuh, antara lain: menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi, sehingga mengurangi risiko gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, dan ginjal. Air putih juga berguna untuk mempertahankan suhu tubuh yang normal serta membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot. Itu sebabnya, rajin minum air putih bisa menjadi cara menjaga daya tahan tubuh.

Jangan Begadang

Berkurangnya waktu tidur akibat begadang akan berpengaruh kepada kondisi emosi, kemampuan kognitif, dan fungsi otak. Efek begadang bagi kesehatan juga termasuk meningkatkan risiko penyakit, seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan tidur minimal tujuh jam setiap harinya. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga & meningkatkan daya tahan tubuh di tengah cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Semangat hidup sehat ya, Ladies!

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Priscilla Du Preez

Baca juga: Patut Dicoba! 15 Tips Pemakaian Concealer untuk Wajah dan Tubuh


tips menjaga kesehatan tips meningkatkan daya tahan tubuh menjaga kesehatan pola hidup sehat menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH