5 Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Gratis yang Wajib Kamu Coba

Selasa, 28 Februari 2023 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

5 Rekomendasi Aplikasi Baca Novel Gratis Yang Wajib Kamu Coba

Ilustrasi main hp. (Special)

Ladiestory.id - Membaca novel menjadi sebuah hobi atau aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian orang. Apalagi di era digital saat ini, membaca novel sangat mudah dilakukan dengan adanya smartphone.

Terdapat banyak aplikasi baca novel yang bisa kamu unduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store. Meski tidak berbayar, aplikasi baca novel tersebut menawarkan berbagai alur cerita yang seru dan menarik. Ladies, bagi kamu yang punya hobi membaca novel, berikut 5 daftar aplikasi baca novel gratis yang bisa kamu coba.

Wattpad 

aplikasi baca novel. (Special)

Wattpad merupakan salah satu aplikasi baca novel yang cukup populer di kalangan pecinta novel Indonesia. Salah satu hal yang membuat Wattpad cukup populer adalah banyaknya novel yang berhasil diadaptasi menjadi sebuah film.

Selain itu, Wattpad juga menawarkan berbagai jenis genre novel yang bisa kamu pilih sesuai yang diinginkan. Menariknya, kamu bisa membaca novel di Wattpad secara online dan offline. 

Wattpad juga menyediakan ruang antar penulis dan pembaca agar bisa saling berdiskusi tentang novel satu dengan yang lain. Hebatnya kamu bisa mendapatkan penghasilan dari Wattpad jika novel yang kamu buat berhasil publish di Wattpad.

NovelToon

aplikasi baca novel. (Special)

Serupa dengan Wattpad, NovelToon juga menyediakan beragam genre novel yang bisa kamu nikmati untuk mengisi waktu luang. Menariknya, NovelToon akan memberikan rekomendasi genre novel yang bisa kamu baca berdasarkan informasi usia dan jenis kelamin yang input saat pertama kali registrasi akun.

Jadi, bisa dikatakan bahwa NovelToon sangat aman untuk digunakan terutama bagi anak-anak di bawah usia 17 tahun . NovelToon juga bisa kamu gunakan secara online dan offline. Tampilan NovelToon yang begitu sederhana menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pembaca novel.

NovelPlus

aplikasi baca novel. (Special)

Aplikasi baca novel gratis berikutnya yang bisa kamu manfaatkan adalah NovelPlus. Memiliki banyak pilihan genre yang bisa kamu baca secara gratis, Novel Plus juga memberikan kebebasan bagi kamu untuk mengatur tampilan novel dari segi warna dan layout. 

Hadirnya fitur ubah tampilan sekaligus warna menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembaca novel. Para pembaca bisa bebas memilih warna yang diinginkan, sehingga aktivitas membaca novel menjadi lebih bersemangat

Bagi kamu yang mengalami kebingungan untuk menentukan judul novel apa yang akan dibaca. Kamu bisa memanfaatkan menu “Pilihan Editor”, pada menu tersebut terdapat beberapa judul novel yang direkomendasikan langsung oleh editor NovelPlus tentunya alur cerita dan kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Joylada

aplikasi baca novel. (Special)

Selanjutnya kamu bisa Joylada sebagai salah satu aplikasi baca novel gratis tanpa harus berlangganan. Serupa dengan tiga aplikasi sebelumnya, Joylada menawarkan berbagai genre novel yang bisa kamu baca secara online dan offline.

Menariknya, Joylada memiliki tampilan UI yang menyerupai aplikasi chatting seperti WhatsApp dan LINE. Keunikan dari segi tampilan tersebut membuat aktivitas membaca novel semakin seru dan tidak membosankan.

Ipusnas

aplikasi baca novel. (Special)

Rekomendasi terakhir aplikasi baca novel gratis yang bisa kamu coba yaitu Ipusnas. Meski tidak sepopuler keempat aplikasi sebelumnya, Ipusnas memiliki kumpulan ebook yang merupakan koleksi dari Perpustakaan Nasional, termasuk novel.

Dibandingkan dengan aplikasi baca novel gratis lainnya, Ipusnas memiliki ukuran yang lebih ringan. Sehingga, bisa digunakan pada semua jenis smartphone bahkan dengan kapasitas memori yang minim.

Sistem penggunaan aplikasi ini mirip dengan perpustakaan offline. Kamu harus melakukan registrasi akun terlebih dulu, kemudian lakukan proses meminjam novel sesuai dengan judul yang kamu pilih. 

Selanjutnya, novel tersebut bisa kamu baca secara offline dan online selama 3-5 hari, sebelum nantinya akan secara otomatis dikembalikan pada menu Beranda. Tak perlu khawatir, kamu bisa meminjam kembali novel yang sama, jika belum selesai untuk membacanya.