7 Rekomendasi Makanan Ampuh Pulihkan Luka Pasca Persalinan

Selasa, 12 April 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

7 Rekomendasi Makanan Ampuh Pulihkan Luka Pasca Persalinan

Ilustrasi operasi. (Special)

Ladiestory.id - Robekan pada jalan lahir sering terjadi akibat tekanan kuat saat persalinan normal dilakukan. Hal tersebut mengakibatkan sebagian besar wanita memperoleh jahitan di bagian perineum. Menjaga jahitan dalam keadaan bersih, sehingga luka cepat kering adalah hal penting yang harus dilakukan agar mempercepat proses penyembuhan pasca persalinan.

Selain itu, mengkonsumsi makanan tertentu dipercaya dapat lebih cepat membantu proses pemulihan luka pasca persalinan. Berikut Ladiestory.id telah merangkum beberapa makanan yang bisa membantu pulihkan luka lebih cepat.

Sayur dan Buah Tinggi Vitamin C

Foto: Ladiestory.id

Konsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin C tinggi dipercaya dapat membuat luka cepat kering. Hal tersebut karena sayuran, dan buah memiliki nutrisi lengkap yang dibutuhkan dalam membantu proses pemulihan pasca persalinan. Kamu bisa konsumsi sayuran dan buah seperti bayam, paprika, brokoli, buah kiwi dan yang lainnya.

Telur

Ilustrasi telur. (Special)

Selain mudah diolah menjadi berbagai macam makanan, konsumsi telur dipercaya bisa membantu proses penyembuhan luka basah agar menjadi cepat kering.

Hal tersebut dikarenakan telur mengandung protein yang cukup tinggi, yang baik untuk tubuh. Bagi Kamu yang sedang menjalani proses pemulihan pasca melahirkan atau operasi, sangat disarankan untuk konsumsi  1 atau 2 butir telur setiap hari.

Ikan Salmon

Ilustrasi Daging Ikan Salmon. (Special)

Memiliki nutrisi dan banyak manfaat untuk tubuh, maka tak heran jika Salmon memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Selain mengandung omega 3, salmon juga kaya dengan protein hewani dan juga seng. Zat yang ada dalam ikan salmon tersebut dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Buah Berry

Buah berry (Special)

Semua jenis buah berry mengandung senyawa dan nutrisi yang bisa membantu pemulihan tubuh kita. Selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah berry juga mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah berry dapat membantu penyembuhan luka dengan merangsang produksi kolagen dalam tubuh.

Ubi

Ilustrasi ubi jalar. (Special)

Ubi merupakan tanaman yang mudah ditanam dan dijumpai di pasaran. Selain harganya yang relatif murah, ubi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ubi sering digunakan sebagai pengganti nasi karena mengandung karbohidrat.

Tak hanya itu saja, ternyata ubi juga mengandung seng, protein dan enzim yang bisa membantu proses penyembuhan luka. Konsumsi ubi juga dipercaya dapat meningkatkan imun tubuh. Ubi biasanya diolah dengan cara direbus, dibakar, digoreng dan yang lainnya.

Daging Unggas

Telur dan ayam. (Special)

Daging unggas merupakan salah satu makanan yang baik untuk proses pemulihan pasca melahirkan. Mengandung asam amino, glutamin serta arginin, daging unggas dipercaya mampu membuat luka cepat kering.

Kamu bisa pilih jenis daging unggas seperti ayam, atau kalkun yang tinggi asam amino. Daging unggas berkhasiat mempercepat produksi kolagen dalam tubuh sehingga luka akan cepat kering.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan (Special)

Kacang-kacangan termasuk gandum, mengandung protein nabati sekaligus vitamin E, dan glutamin yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan untuk melindungi jaringan kulit yang luka, sehingga luka bisa lebih cepat kering.

Kerang

Ilustrasi kerang. (Special)

Makanan yang bisa membantu pulihkan luka lainnya adalah kerang atau tiram. Kerang atau tiram mengandung seng atau zinc yang terbukti dapat membantu pembentukan serta pematangan kolagen. Jika tubuh kekurangan zinc maka proses penyembuhan atau pemulihan luka akan lebih lambat dibandingkan dengan tubuh yang memiliki zinc yang cukup.

Dark Chocolate

Ilustrasi coklat. (Special)

Kabar gembira bagi Kamu penggemar cokelat, selain rasanya yang enak, cokelat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Cokelat hitam dipercaya dapat membantu menjaga tekanan darah, serta membantu mencegah infeksi berlebih pada kulit, sehingga luka lebih cepat kering.