6 Inspirasi Resep Makanan Korea untuk Diet, Mudah dan Sehat

Kamis, 30 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

6 Inspirasi Resep Makanan Korea untuk Diet, Mudah dan Sehat

Foto: koreanbapsang

Ladiestory.id - Makanan Korea kini semakin naik pamornya di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu ciri khas masakan Korea adalah mengandung banyak sayuran dan bumbu-bumbu yang bermanfaat bagi tubuh. Tidak heran penduduk Korea memiliki tubuh yang ideal dan sehat.

Makanan Korea yang Cocok untuk Menu Diet

Jika kamu membutuhkan variasi menu untuk mendukung program diet kamu, coba sontek resep makanan Korea untuk diet berikut ini.

1. Gyeran Jjim (Telur Kukus Korea)

Foto: foodnetwork

Gyeran jjim merupakan menu telur kukus khas Korea. Gyeran jjim umumnya disajikan sebagai menu banchan atau makanan pendamping menu utama. Sekilas Gyeran jjim memiliki bentuk mirip seperti olahan telur yang umumnya dijumpai, seperti scrambled egg, poached egg, dan omelet.

Namun, menu telur kukus khas Korea ini memiliki tekstur lebih lembut dan kenyal. Gyeran jjim bisa dimasak dengan microwave atau di kompor.

Bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, cukup siapkan 4 butir telur, air mineral atau air kaldu sebanyak tiga perempat gelas, sebuah daun bawang yang sudah dicincang, dan satu sendok teh garam.

Cara membuat Gyeran Jjim ini sangat mudah. Siapkan mangkuk tahan panas. Kemudian masukkan semua bahan ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Setelah itu, kamu bisa memasak gyeran jjim dengan microwave atau kompor.

Jika memasak dengan microwave, tutupi mangkuk dengan piring dan masak selama 4 menit. Untuk memasak di kompor, masukkan mangkuk ke dalam panci kukus dan masak selama 10 menit dengan api sedang. Gyeran jjim pun siap disajikan untuk mendukung program diet kamu.

2. Berbagai Olahan Kimchi

Foto: Ladiestory.id

Sudah tak diragukan lagi bahwa kimchi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, dilansir dari Young on Top, panganan yang identik dengan cita rasa asin dan asam ini kaya akan kandungan probiotik yang sangat baik untuk menyehatkan usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga terhindar dari risiko sembelit.

Tak hanya itu, kimchi juga mengandung senyawa antioksidan, anti kanker, serta sejumlah vitamin untuk meningkatkan imun tubuh dan mencegah kanker.

Kimchi bisa dimakan secara langsung atau dijadikan bahan campuran untuk masakan, misalnya nasi goreng kimchi atau kimchi jjigae (sup kimchi).

3. Bibimbap

Foto: Ladiestory.id

Menu makanan Korea berikutnya yang bisa dijadikan menu diet adalah bibimbap. Nasi campur ala Korea ini umumnya disajikan dengan sayuran yang banyak. Sayuran yang biasanya disajikan di bibimbap antara lain bayam, lobak, wortel, jamur, dan timun yang diiris memanjang.

Lalu, untuk lauknya berupa telur ceplok atau sunny side up. Semua sayur dan lauk tadi dicampur dengan saus pedas khas Korea yaitu gochujang yang memiliki cita rasa yang pedas dan manis.

4. Japchae

Foto: maangchi

Selanjutnya ada menu japchae alias hidangan bihun khas Korea. Japchae adalah bihun bertekstur kenyal yang dihidangkan bersama sayur wortel, sawi, dan jamur.

Umumnya, japchae dimasak dengan kecap asin dan minyak wijen untuk menghasilkan rasa yang sedap. Japchae bisa dijadikan menu diet buat yang sedang menjalani program diet.

5. Dotorimuk

Foto: maangchi

Menu tradisional Korea satu ini terbuat dari biji pohon ek dan memiliki tekstur kenyal seperti jelly. Rasanya cenderung hambar namun bisa ditambahkan bumbu sesuai selera. Dotorimuk biasanya dimakan bersama dengan naengmyeon alias mi dingin khas Korea atau dimakan bersama salad. 

6. Kongguksu

Foto: maangchi

Kongguksu jadi hidangan favorit masyarakat Korea untuk disantap di musim panas yang terik. Kongguksu biasanya dihidangkan dengan kuah kaldu kacang kedelai. Kacang kedelai merupakan sumber protein nabati yang tinggi akan protein. Kuah kacang kedelai juga memberikan cita rasa kongguksu yang gurih.

Itu dia beberapa variasi menu Korea yang dapat dikonsumsi saat diet. Tertarik untuk mencoba?

Berita Terkait