Enak dan Sehat, Ini 5 Resep Olahan Bunga Mawar

Senin, 28 November 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Enak Dan Sehat, Ini 5 Resep Olahan Bunga Mawar

Macam bunga mawar. (Spesial)

Ladiestory.id - Mawar merupakan salah satu jenis bunga yang banyak memiliki variasi warna menarik, sehingga sering dijadikan sebagai simbol yang melambangkan kasih sayang. Selain memiliki aroma yang harum, serta warna yang menarik, ternyata kelopak mawar mengandung asam nitrat, antioksidan, polifenol, kafein, vitamin A, C,D, E dan B3.

Semua kandungan tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terdapat berbagai macam cara untuk mengolah mawar, agar nutrisinya bisa dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh. Bagi kamu yang ingin coba membuat olahan dari mawar, cobalah beberapa resep simpel dan unik berikut ini.

Teh Mawar

Ilustrasi olahan bunga mawar. (Special)

Teh mawar merupakan salah satu variasi cara mengonsumsi teh yang dipadukan dengan bunga mawar. Kombinasi teh dan mawar ini dipercaya mampu mencegah diabetes dan menurunkan berat badan. Selain itu, cara membuatnya cukup mudah.

Kamu hanya perlu mempersiapkan 1 tangkai mawar, 3 gelas air putih, gula atau madu, dan 1 kantong teh celup. Rebus 3 gelas air putih, kelopak mawar, dan teh hingga mendidih. Saring hasil rebusan teh dan bunga mawar, tambahkan gula atau madu sesuai dengan selera. Sajikan selagi hangat.

Selai Mawar

Ilustrasi olahan bunga mawar. (Special)

Selain dijadikan minuman teh, mawar juga bisa diolah menjadi pelengkap dessert yaitu sebagai selai. Selai mawar yang dikombinasikan dengan roti menjadi salah satu menu sarapan di berbagai negara maju, seperti Prancis. Berikut cara mudah membuat selai mawar.

Siapkan 250 gram Kelopak mawar segar, 3 sdm gula putih, 250 ml air putih, dan 1 buah air perasan lemon. Rebus air dan campurkan semua bahan. Aduk terus sampai teksturnya mengental. Siapkan toples, saring selai mawar selagi hangat. Diamkan sampai dingin, tutup toples, dan simpan di suhu ruang.

Selai mawar bisa dikonsumsi dengan roti, atau camilan enak lainnya. Selain itu, selai ini bisa bertahan 1 bulan di suhu ruang.

Keripik Mawar

Ilustrasi olahan bunga mawar. (Special)

Keripik merupakan salah satu jenis camilan yang banyak digemari oleh semua orang. Keripik juga memiliki banyak jenis mulai dari keripik singkong, hingga keripik buah-buahan. Namun, siapa sangka jika mawar juga bisa diolah menjadi keripik, berikut cara mengolahnya. Kamu memerlukan kelopak mawar segar, 250 gram tepung beras, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, ½ sdt ketumbar, dan garam, serta gula secukupnya.

Campurkan tepung beras, bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, dan gula. Tambahkan air aduk hingga adonan hingga sedikit encer. Selanjutnya, masukkan kelopak mawar hingga seluruh permukaanya bercampur tepung, lalu goreng sampai matang.

Biskuit Mawar

Ilustrasi olahan bunga mawar. (Special)

Selain diolah menjadi keripik, mawar juga bisa diolah menjadi biskuit. Bentuknya yang unik serta rasanya yang lezat membuat semua orang menyukai hidangan ini.

Bahan yang diperlukan, yakni kelopak mawar segar, mentega, telur, tepung terigu, baking powder, garam, dan gula pasi. Campurkan mentega dan gula pasir, kocok hingga mengembang. Tambahkan telur, dan kelopak mawar, aduk kembali sampai tercampur rata.

Ambil wadah terpisah, campurkan tepung terigu, baking powder, serta garam aduk hingga rata. Selanjutnya, campurkan kedua adonan tersebut, lalu dinginkan selama 24 jam. Jika sudah dingin, potong dan bentuk sesuai selera, lalu panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat C. Tunggu sekitar 6-8 menit. Angkat dan biskuit siap dihidangkan bersama teh atau kopi.

Es Krim Mawar

Ilustrasi olahan bunga mawar. (Special)

Bagi Kamu yang memiliki ice cream maker, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuat olahan es krim menggunakan mawar, berikut bahan yang dibutuhkan. Susu, heavy cream, gula, vanilla essence, ekstrak mawar, dan air mawar.

Cara membuat cukup mudah. Campurkan semua bahan ke dalam ice cream maker selama 30 menit. Setelah tercampur rata, tuang ke dalam wadah lalu dinginkan selama 4-6 jam. Es krim siap dihidangkan.

Itulah lima aneka olahan mawar yang unik, enak, dan lezat yang bisa Kamu coba buat sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya Ladies.