Rusak Estetika Tubuh, Ini Penyebab dan Cara Atasi Keloid

Kamis, 18 Januari 2024 | 17:16:00

Atika Febriani

Penulis : Atika Febriani

Rusak Estetika Tubuh, Ini Penyebab Dan Cara Atasi Keloid

Ilustrasi keloid. (Special)

Ladiestory.id - Siapa yang tidak mengenal keloid? Keloid sendiri merupakan salah satu jenis bekas luka yang muncul ketika produksi kolagen dan protein pendukung struktur kulit bekerja secara berlebihan saat proses penyembuhan luka. 

Sering kali keloid menjadi lebih besar dan menonjol dibandingkan bekas luka aslinya, lho. Biasanya keloid akan muncul di berbagai jenis luka seperti luka bakar, bekas jerawat bahkan luka bekas operasi.

Meski bekas luka satu ini tidak bersifat ganas, keloid dapat merusak estetika tubuh. Nantinya kamu bisa tidak percaya diri dengan bekas luka yang cukup menonjol satu ini. 

Gejala keloid bisa berupa area kulit yang cenderung lebih tebal dibandingkan kulit sekitarnya. Dari segi warna pun akan terlihat berbeda, biasanya warna akan lebih gelap atau terang. 

Beberapa orang yang menderita keloid akan mengalami rasa gatal bahkan nyeri di area tersebut. Seiring berjalannya waktu, luka satu ini akan membesar karena pertumbuhan yang terus menerus. 

Luka operasi dapat menyebabkan keloid. (Pinterest.com)

 

 

Penyebab keloid sendiri bisa dari faktor genetik, jadi luka ini menurun dari orang tua bahkan nenek-kakekmu. Perubahan hormonal seperti saat sedang hamil juga berkemungkinan pembentukan keloid. 

Selain karena operasi yang menyebabkan munculnya keloid di area bekas pembedahan, luka yang sering kali timbul juga dapat meningkatkan risiko terjadinya keloid. Bahkan beberapa kelompok etnis berkulit gelap juga cenderung lebih rentan pembentukan keloid. lho. 

Cara mengobati keloid. (Pinterest.com/instyle)

 



Lalu bagaimana cara mengobati keloid?

Terapi steroid

Kamu bisa melakukan suntik steroid untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakkan di area keloid. 

Terapi Laser

Penggunaan laser yang teap dapat membantu mengurangi warna keloid, serta memperbaiki tekstur kulit dan membuat bekas luka tersebut memudar. 

Pembedahan

Operasi pengangkatan keloid bisa menjadi pilihan kamu untuk kembali memperindah estetika tubuh. Namun risiko munculnya kembali keloid perlu diperhatikan juga ya!

Krim atau gel topikal

Menggunakan krim atau gel khusus yang mengandung bahan seperti silikon atau vitamin E dapat membantu membuat ukuran keloid jadi lebih kecil. 

Terapi Radiasi

Terapi radiasi setelah operasi dapat membantu mencegah tumbuhnya keloid kembali. Sebelum melakukan hal ini, kamu harus lebih dulu berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengetahui dan paham mengenai tahapan penyembuhannya.