Sakit Hati Tak Kunjung Hilang? Begini 4 Cara Memaafkan Orang Yang Telah Menyakiti Kita

Kamis, 12 Agustus 2021 | 04:55:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Sakit Hati Tak Kunjung Hilang? Begini 4 Cara Memaafkan Orang Yang Telah Menyakiti Kita

Setiap orang pastinya memiliki kesalahan entah itu disengaja atau tidak. Tak jarang kesalahan orang lain pun membuat sakit hati berkepanjangan dan sulit melupakannya sehingga kita pun mungkin saja tak bisa memaafkannya. Untuk mengatasi hal tersebut, cara-cara memaafkan orang yang telah menyakiti kita berikut ini mungkin bisa Anda lakukan.

Cara Memaafkan Orang yang Telah Menyakiti Kita

Memiliki rasa sakit hati dan benci terkadang membuang tenaga dan pikiran kita. Tapi apa daya kesalahan yang dibuat seseorang sulit untuk  kita lupakan, hal itulah yang jadi pemicunya. Sehingga kita pun sulit juga untuk ikhlas memaafkannya. 

Jangan biarkan perasaan negatif itu berlarut-larut, lakukan cara memaafkan orang yang telah menyakiti hati kita berikut ini:

1. Bersihkan Hati dengan Beribadah

Ladiestory.id

 

Saat kita merasa sakit hati, kadang terselip rasa ingin membalas perbuatan orang tersebut. Tapi ingatlah,  perbuatan balas dendam bukan suatu pilihan terbaik.

Usahakan tetap tenang dalam kondisi marah dan benci. Sebaiknya buang rasa benci dan sakit hati dengan beribadah. Dengan menjalankan ibadah, maka hati kita akan merasa  lebih tenang. 

Ibadah juga akan  membuka hati kita untuk lebih ikhlas memaafkan orang yang telah menyakiti kita dan membuang rasa benci dan dendam dalam hati kita. 

2. Buka Rasa Empati Terhadap Orang yang Telah Menyakiti Hati Kita

Ladiestory.id

 

Ada kepuasan tersendiri saat mampu membalas perlakuan orang yang telah menyakiti kita. Tapi sekali lagi, perbuatan tersebut sangat tidak baik. Sebisa mungkin hindarkan balas dendam, cobalah untuk memaafkan dengan cara membuka rasa empati pada orang yang telah menyakiti hati. Karena tidak ada yang sempurna di dunia ini, setiap manusia pasti pernah bersalah dan menyakiti orang lain.

Mungkin saat ini orang lain yang telah menyakiti hati kita, tapi siapa tahu tanpa disadari di masa lalu kita juga pernah melakukan hal sama terhadap orang lain.

Sedangkan lewat rasa empati yang kita buka, maka akan membuat kita  lebih mudah untuk dapat memaafkan kesalahan seseorang. 

3. Mengingat Semua Kebaikan orang yang Telah Menyakiti Kita

Ladiestory.id

 

Memang pada kenyataannya, sulit rasanya bagi kita untuk tetap bersikap baik dan memaafkan orang yang telah menyakiti kita. Tapi, cobalah ingat semua kebaikan yang pernah dilakukan orang tersebut kepada kita. Pasti ada kebaikan yang pernah dilakukan orang tersebut selama ini bukan?

Bisa saja kebaikannya pada kita ternyata lebih banyak daripada kesalahannya. Karena itu, mulailah untuk membuka hati dan pintu maaf untuknya. cara memaafkan orang yang sudah menyakiti kita

4. Ambil Hikmah dan Pengalaman

Ladiestory.id

 

Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru terbaik. Apalagi bila kita mengalaminya langsung. Jadikan setiap kejadian demi kejadian yang menyakitkan sebagai tambahan wawasan yang bisa berguna dalam kehidupan kita. 

Ingatlah, tidak ada kejadian buruk tanpa ada hikmah dibaliknya. Cobalah untuk merenungkan, bahwa sakit hati yang dirasakan akibat kesalahan seseorang, mungkin saja merupakan suatu tanda untuk kita belajar lebih banyak dalam hidup ini.

Teruslah gali hingga akhirnya Anda dapat menemukan hikmah dan pelajaran dari rasa sakit akibat ulah seseorang itu. Saat Anda dapat menemukan pelajaran tersebut, maka perlahan Anda akan memulai membuka pintu maaf untuk orang tersebut.

Nah, itulah 4 cara memaafkan orang yang telah menyakiti kita. Bersihkan hati dari rasa benci dan dendam dengan ibadah, membuka empati dan mengingat kebaikan orang yang telah menyakiti kita bisa jadi cara efektif untuk memaafkan kesalahan orang lain.