Sambut Hari ASI Sedunia, Simak Manfaat ASI bagi Kesehatan Bayi

Senin, 1 Agustus 2022 | 23:00:00

Sambut Hari Asi Sedunia, Simak Manfaat Asi Bagi Kesehatan Bayi

Ilustrasi pemberian air susu ibu. (Special)

Ladiestory.id - Momen kehamilan hingga melahirkan sang buah hati adalah sebuah momen yang tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh semua ibu di dunia. Ya, memiliki buah hati menjadi momen berharga bagi mereka untuk berjalan ke tahap berikutnya dalam hidup.

Setelah menunggu selama 9 bulan lamanya, kelahiran buah hati pun menjadi momen yang sangat membahagiakan sekaligus menjadi sebuah tanggung jawab baru. 

Lantas, setelah melahirkan sang buah hati, apa saja tugas seorang ibu dalam merawat sang buah hatinya? Ya, setelah melahirkan tentunya tugas seorang ibu adalah merawat sang buat hati agar bisa sehat secara fisik maupun psikis, tanpa kurang suatu apapun.

Salah satu tugas seorang ibu dalam merawat anak yang baru lahir adalah dengan memberikan ASI (Air Susu Ibu). ASI sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang sang buah hati di masa depan. Dengan pemberian ASI ekslusif, yaitu dari masa awal kelahiran bayi hingga 6-12 bulan bisa memberikan efek positif bagi perkembangan anak.

Bertepatan dengan 1 Agustus yang dirayakan sebagai Hari ASI Sedunia, mari simak apa saja manfaat ASI bagi kesehatan bayi berikut ini.

Nutrisi yang Komplit

Ilustrasi nutrisi air susu ibu. (Royal Society of Biology)

Manfaat ASI yang pertama adalah lantaran mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh bayi, salah satunya zat besi. Zat besi adalah sebuah zat yang memang sangat dibutuhkan oleh bayi ketika baru lahir.

Selain zat besi, ASI juga mengandung nutrisi lain yang tak kalah penting. Bahkan, komposisi yang terkandung di dalamnya lebih komplit dari susu formula. Jadi sangat penting untuk memberikan ASI pada bayi, terutama selama 6-12 bulan, serta menghindari penggunaan susu formula jika tidak mengalami kondisi tertentu.

Sistem Imun

Ilustrasi pemberian air susu ibu. (Special)

Manfaat selanjutnya dari ASI, terutama ASI eksklusif adalah mampu meningkatkan sistem imun pada bayi. Hal ini lantaran dalam ASI terkandung sejumlah antibodi, sel darah putih dan immunoglubulin A (IgA), khususnya cairan pertama ASI atau kolostrum.

Setelah lahir ke dunia, tentunya sistem imun atau kekebalan tubuh sang bayi masih sangat rentan karena antibodi belum terbentuk dengan baik. Itulah kenapa memberikan ASI kepada bayi sangat berpengaruh bagi sistem imun tubuhnya.

Menghindari Alergi

Ilustrasi pemberian air susu ibu. (Special)

Pemberian ASI dari ibu ke bayi juga bermanfaat untuk menghindari terjadinya alergi. Dilansir dari sebuah penelitian Journal of Nutrient, memberikan air susu ibu kepada bayi akan menurunkan risiko alergi atau penyakit kulit yang mungkin saja bisa menyerang tubuh sang bayi.

Perkembangan Otak

Ilustrasi pemberian air susu ibu. (Special)

Nutrisi yang terkandung di dalam ASI tentunya akan menghasilkan sebuah nutrisi yang baik bagi perkembangan otak sang bayi. Tentu kita sangat tahu bahwa otak adalah sumber saraf yang paling penting bagi tubuh manusia.

Sehingga dari bayi hingga dewasa nantinya kita harus mengkonsumi sesuatu yang bergizi agar bisa merangsang kemampuan otak untuk terus berkembang dengan baik. Itulah ASI penting untuk diberikan pada anak sedari baru lahir.

Jalin Ikatan Kuat Ibu dan Anak

Ilustrasi pemberian air susu ibu. (Special)

Manfaat penting lainnya dari pemberian ASI kepada bayi adalah dapat membuat ikatan yang kuat antara ibu dan sang buah hati. Hal ini lantaran saat proses pemberian ASI secara eksklusif yang berlangsung selama 6-12 bulan, tentunya akan membuat keterikatan ingatan sang bayi kepada ibunya akan lebih kuat. Dengan pemberian ASI inilah maka bayi akan merasa lebih hangat dengan kasih sayang ibunya.

Bagaimana Ladies, jadi kamu sudah tahu kan apa saja manfaat pemberian air susu ibu? Selamat Hari ASI Sedunia ya!

 

s