Sangat Baik Dikonsumsi, Ini 3 Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil

Rabu, 25 Agustus 2021 | 07:49:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Sangat Baik Dikonsumsi, Ini 3 Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil

Foto: Hello Sehat

Ketika Anda hamil, penting guna makan-makanan bergizi dan menghindari kalori kosong. Faktanya, bila terlalu banyak makan junk food ketika hamil, kamu mungkin menjadikan Si Kecil untuk mempunyai kebiasaan makan yang buruk seumur hidup.

Sebuah penelitian dari The Faseb Journal menemukan bahwa bayi dari ibu yang makan junk food saat hamil lebih cenderung kecanduan diet tinggi lemak dan tinggi gula.

Lalu, studi British Medical Bulletin juga menguatkan bahwa bayi yang belum lahir yang tidak menerima nutrisi yang tepat mengalami perubahan permanen dalam fisiologi dan metabolisme mereka di dalam rahim. Perubahan ini dapat memicu penyakit di kemudian hari.

Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil

Buah duku adalah salah satu buah khas dari Benua Asia wilayah tenggara ujung barat. Buah duku tergolong dalam suku Meliaceae dimana ada jenis lainnya semacam celoring,

langsat, pisitan juga kokosan. Buah dengan wujud bulat ukuran kecil ini, dikenal memiliki rasa yang lezat. Disisi lain, buah duku bukan hanya enak dikonsumsi secara langsung melainkan juga kerap dipakai sebagai buah pencuci mulut. Buah ini juga bisa diolah menjadi selai juga isian puding.

Dibalik kelezatan rasanya, tahukah Anda jika ternyata terdapat banyak manfaat buah duku? Buah ini pun bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut adalah manfaat buah duku untuk ibu hamil.

1. Mampu mengobati diare

Foto: Ladiestory.id

 

Manfaat buah duku bagi ibu hamil yang pertama yaitu mengobati diare. Untuk Anda yang tengah mengalami diare, tidak ada salahnya bila mencoba memakan buah duku dengan rutin setiap hari sampai sembuh. Buah duku memiliki serat, vitamin C dan mineral yang cukup banyak sehingga diare berangsur-angsur sembuh.

Dikutip dari Medical News Today, diare dapat menyebabkan dehidrasi parah dan malnutrisi, yang dapat membahayakan wanita dan janin. Seorang wanita hamil mesti segera memperoleh perawatan medis bila dia mengalami salah satu gejala berikut seperti tinja yang mengandung darah atau nanah dan diare yang berlangsung lebih dari 48 jam.

2. Dapat membantu melancarkan saluran pencernaan

Foto: Ladiestory.id

 

Manfaat buah duku bagi ibu hamil yang berikutnya yaitu bisa membantu saluran pencernaan. Keluhan umum ibu hamil yaitu sembelit. Dengan konsumsi buah duku yang mengandung serat yang cukup bisa mengatasi masalah saluran pencernaan semacam sembelit dan obstruksi usus besar.

Bahkan, kandungan kalori, mineral dan zat besi di buah ini lebih banyak bila dibandingkan dengan apel maupun jeruk manis. Oleh sebab itu, bila pencernaan sehat maka akan bisa terhindar dari penyakit seperti kanker usus besar dan penyakit yang diakibatkan oleh masalah pencernaan.

3. Mengobati gatal akibat gigitan serangga

Foto: Hello Sehat

 

Selanjutnya, buah duku juga bermanfaat untuk mengobati gatal karena gigitan serangga. Manfaat buah duku pada ibu hamil tak sekadar bagi kesehatan semata. Kulit buah duku bisa dipakai guna mengobati gatal karena gigitan serangga, menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit dan masalah kulit yang lain.

Cara mengobati gatal karena gigitan serangga yaitu dengan cara mengoleskan kulit buah duku pada kulit yang gatal, lalu rasa gatal tersebut akan berangsur berkurang.

Berdasarkan jurnal BMJ, serangga utamanya nyamuk tertarik dengan pada kelembapan dan karbon dioksida saat ibu hamil hamil menghembuskan napas. Kedua, perut ibu hamil lebih panas 0,7 derajat Celsius sehingga memudahkan nyamuk untuk mendeteksinya.

Wah, ternyata buah duku mengandung beberapa manfaat bagi ibu hamil, ya? Untuk Anda yang tengah berbadan dua, bisa nih coba mengonsumsi buah duku.

Berita Terkait