Seagate Lakukan Transisi Menuju Energi Terbarukan dan Tingkatkan Program Sirkular

Sabtu, 29 April 2023 | 17:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Seagate Lakukan Transisi Menuju Energi Terbarukan Dan Tingkatkan Program Sirkular

Seagate Ultra Touch HDD. (Special)

Ladiestory.id - Perusahaan terkemuka di dunia di bidang solusi infrastruktur penyimpanan data besar, hari ini mengumumkan bahwa perusahaan telah mencapai lebih dari 50% dari targetnya pada tahun 2030 untuk mendukung 100% jejak globalnya terkait energi terbarukan dan telah memperpanjang masa pakai lebih dari satu juta hard disk drive (HDD) dan solid-state drive (SSD) melalui program pembaruannya pada tahun fiskal 2022 (Juli 2021-Juni 2022).

Pencapaian ini diumumkan bersamaan dengan publikasi Dunia Data Berkelanjutan Seagate: Laporan Performa ESG FY2022 (sebelumnya berjudul "Laporan Tahunan Kewarganegaraan Global").

Laporan tahunan ke-17 ini merupakan laporan yang memberikan gambaran komprehensif tentang perkembangan ESG (lingkungan, sosial, dan tata kelola) Seagate.

Laporan ini menjelaskan kemajuan tahunan Seagate dalam memenuhi tujuan perusahaan untuk mendukung jejak global dengan 100% energi terbarukan pada tahun 2030 dan mencapai netralitas karbon pada tahun 2040.

Tujuan ini dijanjikan pada tahun lalu untuk mendukung komitmen perusahaan terhadap dunia data yang berkelanjutan, inklusif, dan beretika.

 

"Di Seagate, kami selalu percaya akan potensi data, dan itulah alasan kami terdorong untuk membantu dunia dalam menyimpan dan melindungi data," ujar Dave Mosley, Kepala Pejabat Eksekutif Seagate. "Namun, untuk menjadi sukses, kami harus menjadi yang terdepan dalam mengatasi berbagai dampak lingkungan, sosial, dan tata kelola, serta tantangan yang ada di industri ini."

Sesuai dengan janjinya untuk mencapai targetnya mendukung jejak global dengan 100% energi terbarukan pada tahun 2030, Seagate mengumumkan bahwa empat dari tujuh lokasi produksi globalnya telah sepenuhnya beralih ke penggunaan energi terbarukan melalui kontrak pembelian energi terbarukan dan instalasi sistem tenaga surya yang mencakup lebih dari separuh total konsumsi energi perusahaan.

Selain itu, Seagate telah memperpanjang masa pakai 1,16 juta HDD dan SSD pada FY2022. Hard disk ini dipulihkan melalui pembaruan dan penggunaan ulang, sehingga mencegah lebih dari 540 metrik ton limbah elektronik1 dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Untuk mendorong dampaknya terhadap sirkularitas, Seagate mempertaruhkan kepemimpinan lingkungannya pada FY2022 dengan menjadi anggota pendiri Circular Drive Initiative (CDI), berkolaborasi dengan para pemimpin global di bidang penyimpanan digital, keberlanjutan, dan blockchain yang berfokus untuk mengurangi limbah elektronik dengan memungkinkan penggunaan kembali perangkat keras penyimpanan secara aman.

"Seagate memimpin dengan transparansi dan akuntabilitas, keduanya dengan menetapkan tujuan sirkularitas yang kuat di seluruh perusahaan global kami, dan dengan bekerja sama dengan pelanggan, rekanan asosiasi dan industri, mitra rantai pasokan, dan pemerintah guna mencapai tujuan untuk menggunakan kembali, memperbarui, memulihkan, dan mendaur ulang," ujar KF Chong, Wakil Presiden Senior untuk Keberlanjutan Bisnis dan Transformasi di Seagate.

"Dengan skala perusahaan kami, Seagate merupakan contoh andal dalam mewujudkan komitmen kami untuk mewujudkan ekonomi yang lebih sirkular, mengurangi emisi gas rumah kaca, melestarikan mineral langka, mengurangi penggunaan air dan energi, serta mencapai penghematan finansial."

Selain itu, guna mendukung ambisi keberlanjutan perusahaan, Seagate meluncurkan HDD eksternal baru, Ultra Touch HDD, untuk konsumen yang diproduksi dari 30% bahan yang didaur ulang pascakonsumen berdasarkan beratnya dan memiliki kemasan yang 100% dapat didaur ulang.

Ultra Touch HDD ini menambah jajaran hard disk penyimpanan cadangan eksternal perusahaan serta merek premium LaCie Mobile Drive yang telah dirilis sebelumnya, yang juga diproduksi dengan bahan yang didaur ulang pascakonsumen. Ultra Touch HDD akan tersedia di ASEAN, termasuk Indonesia, dalam waktu dekat. 

Sorotan lain dalam Laporan Performa ESG FY2022 tersebut mencakup:

Planet

  • Penghematan listrik sebesar ~21.000 MWh melalui inisiatif konservasi dan efisiensi energi pada FY2022, yang melampaui target konservasi awal kami sebesar 10.000 MWh
  • Pengalihan limbah tidak berbahaya dari tempat pembuangan sampah sebesar 87% (~27.000 metrik ton) pada FY2022
  • Pengurangan emisi operasional cakupan 2 berbasis pasar absolut sebesar 8% pada CY2021 vs CY2020
  • 82% limbah berbahaya yang dihasilkan pada FY2022 didaur ulang
  • ~1.000.000 hard disk dipulihkan masa pakainya melalui pembaruan dan penggunaan ulang pada CY2021
  • 1.352 MWh energi surya di lokasi yang dihasilkan pada FY2022
  • Peningkatan daur ulang air sebesar 17,5% pada CY2021 dibandingkan CY2020
  • Penurunan intensitas air (megaliter per EB) pada CY2021 dibandingkan CY2020

Masyarakat, Kemakmuran, Tata Kelola

  • Peningkatan 9,1% di bidang penemuan dengan 1+ penemu wanita
  • 281.051 jam pembelajaran dan pengembangan yang diselesaikan pada FY2022 oleh karyawan kami
  • 3,600 anggota global yang mewakili sembilan ERG (kelompok sumber daya karyawan) dan lebih dari 27 cabang lokal di seluruh ERG pada FY2022
  • 131 interaksi dan kemitraan berbeda yang dilaksanakan dalam komunitas lokal
  • Peningkatan sebesar 20% di U.S. untuk pembelanjaan keberagaman pemasok dari FY2021 hingga FY2022
  • Penguatan Tata Kelola Data dengan menerapkan alat perlindungan data berbasis enkripsi dan mengotomatisasi proses kepatuhan utama

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang upaya ESG Seagate, kunjungi halaman ESG kami.