Segudang Manfaat Binahong Tuk Kesehatan dan Kecantikan

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Segudang Manfaat Binahong Tuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun Binahong (Special)

Ladiestory.id -Daun binahong sedang ramai diperbincangkan publik lantaran khasiatnya. Namun, sayangnya banyak yang tak mengetahui keberadaan daun binahong itu. Pasalnya bentuk dari daun binahong sendiri tak beda jauh dengan daun-daun lainnya. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Anredera Cordifolia.

Daun binahong juga dikenal sebagai salah satu jenis herbal yang mampu mengobati berbagai penyakit. Bahkan termasuk daftar penyakit kronis. Oleh sebab itu, yuk ketahui manfaat daun binahong untuk tubuh.

Obat Luka Bakar

Ilustrasi Luka Bakar (Special)

Rupanya daun binahong bisa jadikan obat luka bakar. Hal ini disebabkan daun binahong memiliki kandungan saponin. Diketahui kandungan tersebut memiliki peran sebagai antiseptik yang bisa mencegah infeksi bakteri. Jika bakteri terus bertumbuh, tentu saja luka tidak akan bisa sembuh.

Selain itu, daun binahong juga memiliki kandungan flavonoid. Diketahui kandungan ini mampu mengurangi peradangan. Selain itu kandungan ini mampu mempercepat pembentukan kolagen pada kulit.

Kemudian, binahong juga memiliki kandungan tanin. Senyama ini bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit luka. Maka daun binahong dapat menghentikan produksi nanah, pendarahan ringan dan juga mempercepat kulit menutup luka.

Obat Asam Urat

Ilustrasi Asam Urat (Special)

Selain luka bakar, daun binahong bisa digunakan untuk obat asam urat. Bahkan manfaat daun binahong yang satu ini telah dibuktikan dengan berbagai penelitian.

Manfaat ini didapat dari  kandungan flavonoid yang dapat menghambat pembentukan asam urat. Diketahui kandungan tersebut mampu membantu mencegah bahkan mengurangi risiko asam urat.

Obat Maag

Ilustrasi Maag

Bagi penderita maag atau asam lambung, daun binahong dapat dijadiakn sebagai obat alami. Bahkan sebuah penelitian telah menunjukan daun binahong mampu memberikan perlindungan pada lesi mukosa lambung.

Diketahui daun ini mampu mempersihkan radikal bebas yang ada di dalam pencernaan. Selain itu, daun binahong terbilang signifikan untuk melindungi mukosa.

Untuk pengobatan maag, Kamu bisa merebus daun binahong sekitar 10 lembar dalam segelas air. Selain itu, Kamu tinggal meminum air rebusan tersebut. Sebaiknya minum air rebusan itu dalam 3 kali sehari supaya manfaat daun binahong lebih terasa.

Mengatasi Jerawat

Ilustrasi Jerawat (Special)

Tak hanya penyakit, namun daun binahong dapat mengatasi permasalahan kulit yakni jerawat. Bahkan daun ini terbilang menjadi obat alami dan alternatif yang terbilang aman.

Namun memang beberapa orang akan merasakan efek gatal saat menggunakan daun binahong. Kamu bisa menumbuk daun binahong yang kemudian dijadikan masker wajah.

Agar hasil maksimal, Kamu bisa meminum air rebusan binahong. Jika tak suka dengan rasa alami, Kamu bisa menambahkan madu agar terasa sedikit manis.

Memulihkan Stamina

Ilustrasi Kurang Stamina (Special)

 Selain menjadi berbagai obat, daun binahong juga bisa dijadikan suplemen. Ya, pasalnya daun binahong juga bermanfaat untuk memulihkan stamina seseorang.

Untuk mengembalikan energi yang hilang dan kelelahan, Kamu bisa minum air rebusan daun binahong. Kamu bisa merebus 1 daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih. Nantinya air rebusan tersebut bisa dikonsumsi secara berkala.

Mencegah Risiko Diabetes

Ilustrasi diabetes. (Special)

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang diidap oleh banyak orang. Bahkan penyakit ini bisa mengakibatkan banyak penyakit lainnya. Sehingga tak heran jika banyak orang takut mengidap penyakit diabetes.

Namun penyakit ini dapat dicegah dengan pola hidup sehat. Selain itu, penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi daun bihanong.

Hal ini disebabkan daun binahong memiliki kandungan flavonoid, steroid, dan kumarin. Ketiga kandungan ini berkhasiat untuk menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus. Selain itu, senyawa tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan fungsi insulin.