Selain Jaga Berat Badan, Ini 6 Manfaat Olahraga Bagi Kecantikan

Minggu, 19 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Selain Jaga Berat Badan, Ini 6 Manfaat Olahraga Bagi Kecantikan

Foto: Totabuan

Setiap orang seyogyanya turut berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga sendiri banyak macamnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Peran olahraga sendiri tak hanya untuk kesehatan semata. Nyatanya manfaat olahraga bagi kecantikan tubuh tak bisa dipandang sebelah mata. 

Manfaat Olahraga Bagi Kecantikan Tubuh

Inilah 6 manfaat olahraga bagi kesehatan dan kecantikan tubuh yang wajib kamu ketahui.

1. Membersihkan Kulit

Foto: Ladiestory.id

Rajin berolahraga akan membantu mengeluarkan keringat dari tubuh. Keringat ini membantu membuang kotoran dalam tubuh. Hal ini bisa membuat kulit jadi lebih bersih. Keringat yang keluar dari pori-pori kulit yang juga membuang kotoran pada pori-pori tersebut.

Lebih maksimal lagi jika dibarengi dengan mandi hingga bersih. Kotoran yang menumpuk pun akan segera lenyap. Tubuh menjadi segar dan bersih. Pori-pori tubuh yang bersih juga mampu meningkatkan sirkulasi darah tubuh. Suplai oksigen dalam tubuh cukup untuk menutrisi kulit.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Tubuh yang ideal bisa didapatkan dengan rutin berolahraga. Kamu juga bisa membentuk tubuh lebih berotot dengan berolahraga. Saat otot bergerak maka kalori dalam tubuh akan cepat terbakar.

Berolahraga tak harus melulu ke gym, kamu juga bisa melakukannya di rumah seperti jogging maupun push up dan sit up. Selain itu olahraga mampu membuat tubuh lebih tegap dan elastis. 

Dengan berolahraga postur tubuh tidak mudah membungkuk saat berjalan. Penampilan kamu akan semakin menarik dengan postur tubuh yang ideal. Olahraga juga dianjurkan untuk anak-anak demi tumbuh kembangnya otot dan badan semakin bugar.

Olahraga juga baik untuk manula apalagi mereka yang mengalami obesitas. Dengan berolahraga berat badan berkurang dengan ideal dan ia bisa lebih leluasa bergerak.

3. Meningkatkan Produksi Kolagen

Foto: Ladiestory.id

Membuat tubuh cantik bisa dengan meningkatkan kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah serat protein yang tak larut. Fungsi kolagen sendiri ialah memperkuat jaringan gigi, sendi, urat, pembuluh darah hingga kulit.

Bagi wajah kolagen menyimpan banyak khasiat diantaranya mampu mencerahkan kulit. Kolagen juga mampu mengatasi bekas luka, mengencangkan kulit hingga melembabkannya. 

Salah satunya untuk meningkatkan produksi kolagen ini bisa dengan berolahraga. Olahraga seperti yoga dan pilates akan mampu meningkatkan kolagen dalam tubuh. Selain itu postur tubuh juga ikut diperbaiki bila menjalani olahraga ini. 

4. Mencegah Penuaan Dini

Olahraga juga mampu mencegah penuaan dini. Rajin berolahraga membuat kulit ternutrisi sehingga lebih elastik. Apabila semua otot kuat maka kulit akan semakin kencang dan elastis. Beberapa tanda penuaan dini jika kamu jarang beristirahat bisa terlihat dari munculnya garis halus dan kulit mengendur.

Olahraga yang direkomendasikan untuk menjaga badan terhindar dari penuaan diri di antaranya ialah yoga, squat hingga pilates. Olahraga jenis ini umumnya mampu meningkatkan konsentrasi dan mengatur pernapasan agar lebih baik.

5. Mencegah Munculnya Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Kecantikan tubuh bisa saja berkurang karena timbul jerawat di wajah. Apalagi jika jerawatnya begitu kentara tentu membuat penampilan kamu jadi kurang menarik. 

Menurut Mauro C. Romita, M.D yakni dokter bedah plastik sekaligus pendiri Ajune Center for Beauty Synergy di New York City menyatakan, dengan berolahraga racun didalam tubuh bisa keluar sehingga masalah jerawat akan teratasi. Apalagi bila kamu menjaga kesehatan dan kebersihan wajah dan tubuh setiap harinya.

6. Menjadikan Rambut Lebih Sehat

Olahraga nyatanya juga mampu membuat rambut semakin sehat. Olahraga mampu mengalirkan darah hingga ke pembuluh otak. Aliran darah yang lancar akan meningkatkan folikel rambut.

Olahraga kardio sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut misalnya saja berlari atau aerobik. Paling tidak lakukan olahraga ini 3 kali dalam seminggu. Olahraga akan membantu membuat folikel rambut ternutrisi dengan baik.

Nah, itulah tadi 6 manfaat olahraga bagi kecantikan tubuh, semoga bermanfaat ya, Ladies.

Berita Terkait