Selain Redakan Sakit Gigi, Ini 6 Manfaat Minyak Cengkeh

Kamis, 18 Mei 2023 | 20:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Redakan Sakit Gigi, Ini 6 Manfaat Minyak Cengkeh

Ilustrasi minyak cengkeh. (Special)

Ladiestory.id - Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah yang dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur hingga obat-obatan herbal yang berkhasiat bagi kesehatan. Berbicara tentang cengkeh, rempah yang satu ini dapat diolah sebagai minyak esensial alami untuk tubuh. Minyak cengkeh sendiri dapat dibuat dengan menyaring tunas bunga kering cengkeh, tak hanya itu bagian batang dan daunnya pun dapat dimanfaatkan.

Minyak cengkeh umumnya memiliki varian warna yang bening hingga kuning muda. Faktanya, minyak cengkeh sendiri sudah dimanfaatkan sejak ratusan tahun lalu dan dikenal memiliki ragam khasiat bagi tubuh. Berikut ini enam manfaat minyak cengkeh yang telah Ladiestory.id rangkum.

Mengurangi Rasa Mual

Ilustrasi mual. (Special)

Rasa mual dapat disebabkan karena masuk angin, masalah pencernaan hingga mabuk perjalanan. Hal ini pun kerap dialami oleh ibu hamil di masa awal-awal kehamilan. Nah, manfaat minyak cengkeh yang pertama ialah dapat membantu mengurangi rasa mual. Minyak cengkeh ini pun aman digunakan bagi ibu hamil akibat gejala morning sickness yang berlebihan. Minyak cengkeh pun dapat digunakan sebagai aroma terapi yang dapat memberikan sensasi menenangkan bahkan membuat tubuh merasa rileks.

Mengatasi Rasa Gatal di Kulit

Ilustrasi kulit gatal. (Special)

Minyak cengkeh juga dapat digunakan untuk perawatan kulit, minyak ini pun dapat mengurangi rasa gatal di kulit secara signifikan. Selain itu, minyak cengkeh memiliki kandungan antimikroba untuk menghentikan pertumbuhan jamur yang bersarang di kulit.

Meningkatkan Imun Tubuh

Ilustrasi imun tubuh kuat. (Special)

Manfaat selanjutnya yang didapatkan dari minyak cengkeh ialah dapat meningkatkan imun tubuh. Kandungan antioksidan pada minyak cengkeh mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker dan jantung. Selain itu, minyak cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi batuk, pilek, sinusitis dan sakit tenggorokan.

Memiliki Sifat Antikanker

Ilustrasi antikanker. (Special)

Minyak cengkeh juga memiliki efek untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Tak hanya itu dari berbagai penelitian menunjukan jika minyak cengkeh bisa menghentikan pertumbuhan dari beberapa jalur sel kanker. Minyak ini pun dapat dijadikan sebagai alternatif obat untuk mencegah kanker. Ekstrak cengkeh pun dapat meningkatkan kematian sel dan pembelahan sel kanker pada usus besar.

Mendetoks Tubuh

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Manfaat selanjutnya dari minyak cengkeh ini ialah dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Minyak cengkeh dapat bertindak sebagai pembersih darah serta meningkatkan sirkulasi darah tubuh. Sementara itu, ekstrak dari aroma cengkeh ini dapat mengurangi kadar racun dalam darah serta meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Minyak ini pula dapat bekerja dengan baik untuk menghilangkan racun dari darah dan memurnikan trombosit sekaligus membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Redakan Sakit Gigi

Ilustrasi sakit gigi. (Special)

Minyak cengkeh dikenal sebagai ramuan herbal alami untuk membantu kesehatan tubuh sejak ratusan tahun yang lalu. Salah satunya ialah membantu meredakan sakit gigi. Minyak cengkeh memiliki kandungan aktif eugenol sebagai anestesi alami. Selain itu, kandungan ini membantu mengurangi rasa sakit akibat sakit gigi yang nyeri dan ngilu berlebihan. Kandungan eugonol dalam minyak cengkeh ini juga bersifat sebagai anti peradangan atau inflamasi alami. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan minyak cengkeh ini untuk mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan dan iritasi yang terjadi di mulut.

Nah, itulah ke enam manfaat yang terdapat dari minyak cengkeh bagi kesehatan tubuh. Walaupun sudah dikenal sebagai obat alami sejak ratusan tahun yang lalu, namun kendati demikian penggunaan minyak cengkeh pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.