Selain Hiasan, Ini 5 Manfaat Simpan Tanaman di Meja Kerja

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Selain Hiasan, Ini 5 Manfaat Simpan Tanaman Di Meja Kerja

Ilustrasi Manfaat Menyimpan Tanaman Hias (pinterest)

Ladiestory.id - Melakukan aktivitas seharian dalam bekerja juga dapat mempengaruhi keadaan mood mu di kantor. Nggak hanya mendengarkan musik, memandangi indahnya interior, bahkan segarnya tanaman yang diletakkan di atas meja kerjamu juga bisa memberikan dampak positif khususnya bagi kesehatan mental, loh. Berikut 5 manfaatnya.

Mengurangi Stres

Mengurangi Stres (pinterest)

Jika kamu memandangi hijaunya dedaunan pasti kamu akan merasakan kesegaran dan memberikan kesan menenangkan. Hal tersebut juga diungkapakan oleh ahli Psikologi, bahwa warna hijau yang dihasilkan dari tanaman dapat memberikan efek santai, rileks dan tenang. Maka sangat disarankan bagi setiap kantor, memiliki tanaman yang diletakkan pada spot tertentu bahkan di atas meja kerja karyawan sekalipun.

Nggak hanya itu, adanya tanaman hijau di kantor juga dapat mengurangi tingkat stres pekerja yang mengalami kelelahan selama bekerja seharian di kantor. Selain itu, adanya tanaman hijau di kantor dapat memberikan semangat untuk bekerja, mengurangi ketegangan, depresi, kecemasan maupun kekesalan.

Jaga Kesehatan Mental

Menjaga Kesehatan Mental (pinterest)

Tak hanya mengurangi stres dalam bekerja, tanaman yang disimpan di meja kerja pun tentunya dapat berdampak positif untuk menjaga kesehatan mental. Bekerja di bawah tekanan setiap hari tentunya juga dapat membantu mengurangi rasa cemas yang berlebih, rasa tegang, bahkan depresi sehingga mampu memulihkan suasana hati ketika memandangi tanaman yang indah. Keberadaan tanaman di meja kerja, dapat memberikan efek relaksasi serta dapat memperbaiki suasana mood. Sehingga membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Tingkatkan Produktivitas Kerja

Meningkatkan Produktivitas Kerja (pinterest)

Tahukah kamu, tak hanya apresiasi dari rekan kerja yang bisa membangkitkan produktivitas kerjamu, ternyata tanaman hias yang terdapat di ruangan kantor juga bisa membantu meningkatkan produktivitas kerja mu, loh. Hal tersebut jelas terasa berbeda ketika ruanganmu seakan kosong tanpa di hiasi hadirnya tanaman-tanaman yang enak di pandang mata, dibandingkan dengan menambahkan satu tanaman hias di atas meja kerja justru dapat menghasilkan semangat psikologis dan meningkatkan retensi memori.

Tak hanya itu dengan adanya unsur alam di dalam ruang kerja juga dapat membantu meningkatkan kreativitas. Juga membantu memproses otak untuk berpikir lebih baik dan mampu berkonsentrasi.

Beri Keindahan pada Ruangan

Memberi Keindahan Pada Ruangan (pinterest)

Yup, siapa yang tak senang melihat kesegaran yang dihasilkan oleh tanaman. Selain enak di pandang mata, tanaman juga memberikan kesan keindahan tersendiri didalam ruangan tersebut. Tanaman-tanaman ini juga meningkatkan rasa nyaman bagi para pekerja. Tak hanya quote, gambar lukisan maupun pernak-pernik interior, bagi kantor yang tak memiliki tanaman di dalamnya justru akan menyebabkan ketidaknyamanan pada pernapasan, mengakibatkan kelelahan, serta penurunan kenyamanan bagi para pekerjanya di tempat kerja.

Maka dari itu tanaman yang di letakkan di ruang kerja, justru akan menghasilkan kelembapan yang sangat direkomendasikan untuk kesehatan maupun kenyamanan pada manusia, kelembapan normal ini dapat mencapai sebanyak 20 hingga 60 persen.

Bantu Atur Kualitas Udara

Membantu Mengatur Kualitas Udara (pinterest)

Selain manfaat diatas, manfaat lain yang dihasilkan dengan meletakkan tanaman hidup di meja kerja maupun di ruang kerja dapat membantu mengatur kualitas udara. Tanpa disadari bahwa tanaman-tanaman ini memiliki sifat baik untuk membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan serta membantu menghilangkan partikel buruk yang terdapat di dalam ruangan.

Ladies, itu 5 manfaat menyimpan tanaman di meja kerja bagi kesehatan tubuhmu, semoga bermanfaat.

s