Selamatkan Dunia, Ajak Mereka Ikut Vaksin

Selasa, 10 Agustus 2021 | 06:27:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Selamatkan Dunia, Ajak Mereka Ikut Vaksin

Foto: Ladiestory.id

Wabah Covid yang sudah berlangsung hampir setahun ini sempat mengalami penurunan namun kembali meningkat. Bahkan beberapa orang mengatakan jika ini adalah Covid gelombang kedua. Hal ini disebabkan oleh munculnya berbagai varian baru bahkan seringkali lebih parah. 

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh  Kaiser Family Foundation (KFF) COVID-19 Vaccine Monitor mengajak untuk mendorong melakukan vaksinasi.  Selain itu, dari survei itu ditemuka jika ada 21 persen orang dewasa yang mengatakan pada bulan Januari, mereka berencana menunggu untuk mendapatkan vaksin telah diinokulasi.

Tidak hanya itu, mereka yang mengatakan melihat teman dan keluarga muncul dengan hasil positif setelah divaksinasi membantu mendorong mereka untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

Sama halnya dengan Indonesia, Vaksinasi juga melambat di Amerika Serikat dengan sekitar 68 persen dari populasi orang dewasa divaksinasi sebagian. Saat ini, para ahli sedang mencari cara baru untuk mendorong orang agar divaksinasi.

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Beberapa diantara mereka mengatakan percakapan dengan teman, anggota keluarga, dan dokter mereka serta melihat orang-orang terdekat mereka divaksinasi tanpa mengalami efek samping yang serius adalah alasan mereka berubah pikiran.

Menurut Dr. Eric Ascher  mengatakan keraguan pada vaksin dapat menyebar secepat COVID-19,” Seorang dokter kedokteran keluarga di Lenox Hill Hospital di New York. “Satu cerita dengan informasi yang salah dapat beredar di media dengan sangat cepat, dan kami telah melihatnya. Apa yang kami ketahui adalah informasi selama berabad-abad tentang cara kerja vaksin, dan profil keamanannya.”

Dia menambahkan, “Cara terbaik untuk memerangi keragu-raguan adalah berbagi informasi yang dikumpulkan para ilmuwan dan dokter tentang vaksin untuk membantu menghilangkan mitos umum.”

Melakukan percakapan yang bermanfaat dengan teman dan keluarga yang ragu-ragu terhadap vaksin

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Pakar medis mengatakan penting untuk berbicara dengan belas kasih ketika melakukan percakapan dengan orang lain yang mungkin ragu untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

“Saya selalu kembali ke gagasan bahwa kita menangkap lebih banyak lalat dengan madu daripada cuka,” kata Dr. William Schaffner , profesor kedokteran di divisi penyakit menular di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville, Tennessee.

“Tidak menghormati seseorang yang telah menolak vaksinasi sejauh ini tidak akan membuat kita terlalu jauh dalam membujuk mereka dan tidak boleh meremehkan mereka,” katanya. “Kitaharus selalu menghormati kekhawatiran mereka dan memahami bahwa keraguan mereka valid, dan kemudian mencoba membantu mereka mengatasi keraguan itu dengan membuat mereka cukup nyaman untuk memutuskan menerima vaksin.”

Ada beberapa alasan orang masih ragu untuk divaksinasi dikarenakan ketakutan umum itu, dan mengakui alasan masing-masing orang, adalah cara pertama untuk memulai pembicaraan.

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Cara yang tepat untuk mengajak adalah dengan komunikasi bersama orang-orang penting meskipun menciptakan perbedaan. Namun saat kita dapat membujuk seseorang mendapatkan vaksinasi, maka hal ini akan membantu kita selangkah lebih dekat untuk mengakhiri pandemi sehingga dunia menjadi tempat yang jauh lebih aman lagi.