Sering Disepelekan, 6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Perlu Dihindari

Senin, 3 April 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Sering Disepelekan, 6 Kesalahan Menyikat Gigi Yang Perlu Dihindari

Ilustrasi Menyikat Gigi. (Special)

Ladiestory.id - Perawatan tubuh tak melulu soal kulit wajah, rambut, hingga kuku saja, namun pula bagian tubuh seperti gigi perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya.

Gigi yang bersih dan terawat tentu akan memancarkan tingkat kepercayaan diri bagi pemiliknya, namun apabila gigi tidak terawat maka dapat memberikan dampak buruk baik masalah kesehatan maupun gangguan proses cerna makanan.

Nah, beberapa kesalahan dalam merawat ataupun menyikat gigi ini ternyata sering disepelekan, lho. Berikut diantaranya.

1. Tidak Mengganti Sikat Gigi

Ilustrasi Sikat Gigi. (Special)

Ladies, coba ingat kembali kapan terakhir kamu mengganti sikat gigi. Biasanya seseorang terus menggunakan sikat gigi yang sudah lama ia gunakan bahkan tidak pernah diganti walaupun bulu sikatnya sudah rusak bahkan tidak berfungsi dengan baik.

Nah, kebiasaan seperti ini sebaiknya dapat kamu hindari, sangat penting untuk mengganti sikat gigi secara rutin setiap tiga bulan sekali, hal ini dikarenakan sikat gigi yang tak diganti setelah sekian lama dapat menyimpan kuman dan berkembang biaknya bakteri bahkan menyebabkan masalah mulut.

2. Meletakkan Sikat Gigi Sembarangan

Ilustrasi Meletakkan Sikat Gigi. (Special)

Ladies, setelah menyikat gigi alangkah lebih baiknya kamu dapat memperhatikan wadah penyimpanan sikat gigimu dengan baik, jangan asal menyimpan sikat gigi dan meletakkannya secara sembarangan. Meletakkan sikat gigi pun harus dilakukan dengan cara yang tepat, lho.

Hal ini untuk mencegah bulu sikatnya dapat terhindar dari debu, kotoran, hingga bakteri yang masuk ke mulut pada saat menggosok gigi.

Cara terbaik untuk meletakkan sikat gigi ialah dengan menyiapkan wadah khusus atau penopang sikat baik berupa gelas maupun holder sehingga sikat gigimu bisa cepat kering dan baik digunakan kembali.

3. Menyimpan Sikat Gigi di Kamar Mandi

Ladies, umumnya seseorang sering menyikat gigi di kamar mandi alhasil sikat gigi pun akan disimpan di kamar mandi seharian. Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan, namun menurut penelitian apabila menyimpan sikat gigi di kamar mandi dapat membuat sikat gigi menjadi lebih lembap dan mendorong jumlah bakteri lebih banyak untuk berkembang biak. Sebaiknya, simpan sikat gigi di wastafel depan kamar mandi atau di bagian yang kering.

4. Malas Membersihkan Gigi Setelah Makan

Ilustrasi Menyikat Gigi. (Special)

Nah, salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh seseorang ialah malas membersihkan gigi setelah makan. Memang benar, membersihkan gigi secara langsung setelah makan memang tidak disarankan, hal ini dapat merusak lapisan email pada gigi.

Apalagi setelah kamu mengonsumsi makanan asam, kadar pH di mulut akan menjadi berubah sehingga air liurmu pun akan meningkat karena asam.

Eits, bukan berarti hal ini menjadi alasan untuk kamu tidak membersihkan gigi. Jika kamu merasa malas untuk menyikat gigi, kamu pun bisa mengunyah permen karet tanpa kandungan gula untuk mengembalikan tingkat keasaman mulut dan membersihkan sisa makanan maupun bakteri di mulut.

5. Menyikat Gigi Terburu-buru

Ilustrasi Menyikat Gigi. (Special)

Akibat waktu yang singkat dan terburu-buru membuat seseorang menyikat gigi secara asal-asalan bahkan sebentar. Dilansir dari Healthline, alangkah lebih baik jika menyikat gigi dilakukan paling lama 2 menit jika kamu melakukan hal ini dengan asal-asalan maka kotoran dan plak di gigi masih tertinggal dan tidak terangkat maksimal.

6. Malas Menyikat Lidah

Ilustrasi Menyikat Gigi. (Special)

Ladies, selain gigi kebiasaan selanjutnya yang sering dianggap sepele ialah malas menyikat lidah. Padahal membersihkan lidah juga sangat penting, lho.

Pasalnya saat ini pun sudah banyak tersedia sikat gigi yang dilengkapi dengan pembersih lidah, hal ini akan membuat kondisi lidahmu terlihat lebih bersih dan juga menjadikan napas lebih segar.