Sering Disepelekan, Ternyata ini Manfaat Tes MBTI

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Sering Disepelekan, Ternyata Ini Manfaat Tes Mbti

Ilustrasi manfaat tes MBTI. (Special)

Ladiestory.id - Mungkin kamu sering mendengar tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator yang merupakan salah satu penilaian atau tes kepribadian yang paling umum dan dikenal banyak orang di seluruh dunia. Tes ini juga dapat kamu coba dan gratis, lho. 

Kamu akan dihadapkan oleh serangkaian pertanyaan dan dikelompokkan ke dalam 1 hingga 16 tipe. Hal tersebut berdasarkan kecenderungan terhadap ekstrovert, introvert, penginderaan atau intuisi, pemikiran atau perasaan dan penilaian atau persepsi. 

Sayangnya, tes ini dianggap hanya sekedar iseng. Padahal terdapat banyak manfaat. Misalnya, kamu lebih mengenali diri sendiri dalam berkehidupan dan berperilaku. Berikut beberapa manfaat tes MBTI yang perlu kamu tahu.

Mengenali Perilaku Seseorang

Ilustrasi manfaat tes MBTI. (Special)

Bagi kamu yang sudah mencoba tes MBTI, dapat digunakan untuk patokan supaya lebih sadar diri akan perilaku dan bagaimana perilaku tersebut dapat memengaruhi orang lain. Hal ini dapat membuat dinamika kerja lebih baik karena adanya pemahaman perilaku antara satu dengan yang lainnya. Pastikan juga mengenali tipe-tipe kepribadian yang ada dalam MBTI. Misalnya, INFJ, ENFJ hingga ISFP.

Membantu Mengatur Kegiatan Sehari-Hari

Ilustrasi manfaat tes MBTI. (Special)

Hal ini bergantung pada seberapa kuat kecenderungan introvert atau ekstrovert, seseorang dapat mengukur  perencanaan jadwal sehari-hari dengan lebih baik. Diketahui, seseorang yang memiliki sifat ekstrovert yang dominan lebih suka berada di sekitar orang untuk sebagian besar hari. Sedangkan seorang introvert baik-baik saja tidak bergaul dengan orang lain.

Memahami Perbedaan Sifat dan Perilaku

Ilustrasi manfaat tes MBTI. (Special)

Tes MBTI akan membantu kamu mengetahui dan lebih memahami orang lain. Hal ini dapat digunakan untuk belajar menghargai perspektif dan pandangan mereka yang berbeda menjadi kunci tes ini. Kemudian dengan menggabungkan kesadaran diri dengan peningkatan kesadaran orang lain, seseorang akan lebih mungkin untuk menjalin hubungan yang bermakna dan produktif di tempat kerja dan di lingkungan sekitar.

Mengetahui Faktor Tindakan Seseorang

Ilustrasi manfaat tes MBTI. (Special)

Tipe kepribadian ini dapat membantu seseorang untuk lebih memahami diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Di tingkat paling dasar, kamu dapat mengetahui tipe kepribadian seseorang, dapat membantu menjawab pertanyaan terkait apa yang ada dalam diri seseorang. Sehingga lebih memudahkan dalam berinteraksi dan mengambil keputusan dalam menghadapi Tindakan seseorang.

Memecahkan Solusi dalam Diri Sendiri

Ilustrasi manfaat tes MBTI. (Special)

Ketika kamu mengetahui kepribadian seseorang maka akan dapat membantu menemukan jawaban atas solusi yang lebih baik. Hal ini bermanfaat supaya kamu dapat lebih memahami kepribadian dalam diri sendiri. Sehingga, menyadari banyak hal yang dapat ditindaklanjuti dan berlaku untuk hampir seluruh situasi dalam hidup. Hal ini dapat membantu seseorang menuju pribadi yang menjadi lebih baik.

Itulah beberapa manfaat tes MBTI yang perlu kamu dan bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kamu juga menemukan beberapa tokoh dunia atau ternama yang memiliki kepribadian sama denganmu. Sehingga, dapat kamu jadikan sebagai role model serta tak perlu ragu untuk melakukan tes ini dan mengajak teman di sekitarmu. Selamat mencoba ya, Ladies!

s