Sering Merasa Lelah, Mulai Perbaiki 3 Kebiasaan Buruk Ini

Rabu, 4 Agustus 2021 | 05:51:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Sering Merasa Lelah, Mulai Perbaiki 3 Kebiasaan Buruk Ini

Foto: Ladiestoy.id

Aktivitas yang terlalu padat seringkali membuat beberapa menjadi mudah lelah. Ketika kita merasa lelah secara teratur, hal ini mungkin menjadi sesuatu hal yang wajar. Bahkan, faktanya ada  sekitar sepertiga remaja, dewasa, dan orang tua yang sehat sering merasa mengantuk atau lelah.

Tidak hanya itu, Kelelahan dapat dijadikan sebagai gejala umum dari kondisi dan penyakit seriu.  Namun pada beberapa kasus, ini disebabkan oleh gaya hidup sederhana. Maka ada beberapa hal  yang perlu diperbaiki.

1. Mengonsumsi Terlalu Banyak Karbohidrat Halus

Foto: Ladiestoy.id
Foto: Ladiestoy.id


Salah satu kandungan yang dibutuhkan tubuh adalah Karbohidrat. Zat dipercaya sebagai sumber energi yang cepat. Tubuh yang mendapatkan karbohidrat akan memecah jadi menjadi gula sehingga digunakan untuk bahan bakar.

Ketika memakan terlalu banyak karbohidrat olahan, hal ini dapat menyebabkan rasa lelah yang berlebihan sepanjang hari. Selain itu, gula dan karbohidrat olahan dikonsumsi sehingga menyebabkan kenaikan gula darah dengan cepat. Ketika itu terjadi, artinya pankreas akan  menghasilkan sejumlah besar insulin dalam mengeluarkan gula dari darah dan masuk ke sel.

Sebuah penelitian menyebutkan jika meminimalkan gula dan karbohidrat olahan pada makanan  dan camilan mampu menciptakan tingkat energi yang lebih besar. Anak-anak yang makan camilan tinggi karbohidrat olahan sebelum pertandingan sepak bola lebih mudah kelelahan daripada anak-anak yang makan camilan berbahan dasar selai kacang.

2. Kurang Bergerak dan Terlalu Banyak Rebahan

Foto: Ladiestoy.id
Foto: Ladiestoy.id


Tubuh yang dibiasakan hanya diam dapat memberikan efek negatif dan menjadi akar penyebab rendahnya energi. Maka dari itu, banyak orang mengatakan jika mereka terlalu lelah untuk berolahraga karena tubuh jarang digerakkan. 

Pemilik sindrom kelelahan kronis (CFS), yang ditandai dengan kelelahan ekstrem yang tidak dapat dijelaskan setiap hari. Mereka cenderung memiliki tingkat kekuatan dan daya tahan yang rendah, yang membatasi kemampuan olahraga mereka.

Namun, tinjauan studi yang melibatkan lebih dari 1.500 orang menemukan bahwa olahraga dapat mengurangi kelelahan pada mereka yang menderita CFS. Faktanya, berolahraga dapat mengurangi kelelahan pada orang sehat dan mereka yang menderita penyakit lain, seperti kanker. Terlebih lagi, bahkan peningkatan minimal dalam aktivitas fisik tampaknya bermanfaat.

3. Kebiasaan Kurang Tidur

Foto: Ladiestoy.id
Foto: Ladiestoy.id

Kurang tidur adalah salah satu penyebab kelelahan yang paling jelas.Tubuh melakukan banyak hal saat Anda tidur, termasuk menyimpan memori dan melepaskan hormon yang mengatur metabolisme dan tingkat energi. Ketika tidur malam berkualitas tinggi , maka pagi hari ketika bangun  dengan perasaan segar, waspada, dan berenergi.

Menurut American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society, orang dewasa membutuhkan rata-rata tujuh jam tidur per malam untuk kesehatan yang optimal. Namun perlu dipastikan jika tidur harus nyenyak dan tidak terganggu. Tidur yang cukup dan teratur dapat membantu mencegah kelelahan.

Berita Terkait