Sering Muncul di Drama, Ini Manfaat Sauna Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 30 Agustus 2022 | 00:01:00

Sering Muncul Di Drama, Ini Manfaat Sauna Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sauna untuk kesehatan tubuh (Special)

Ladiestory.id - Bagi pecinta drama korea pasti sering melihat adegan drama Korea di Sauna yang sering muncul. Sauna ini sering disebut ‘Jjimjilbang,’ berasal dari kata bahasa Korea Jjimjil artinya ‘Pemanas’ dan ‘Bang’ yang artinya ‘Ruang.’

Pada umumnya, sauna ini dibuka setiap hari dan banyak orang Korea yang menjadikan tempat istirahat setelah lelah bekerja. Berikut manfaat sauna bagi kesehatan tubuh.

Tempat Relaksasi

Manfaat Sauna untuk kesehatan tubuh (Special)

Sauna menjadi tempat relaksasi yang digemari banyak orang. banyak fasilitas yang ditawarkan di dalam sauna seperti kolam renang, restoran, kursi pijat dan fasilitas lainnya. Menariknya, pada ruang sauna biasanya terbuat dari lumpur kuning yang memiliki temperature yang berbeda-beda. Mulai dari temperature ruangan 40 derajat hingga 80 derajat tergantung tempat sauna.

Saat padatnya jadwal yang menyebabkan kelelahan saat bekerja, banyak orang menjadikan tempat sauna sebagai rekreasi. Tak hanya memberikan manfaat pada tubuh, kamu juga bisa menikmati pelayanan di sauna.

Dengan memiliki suhu yang tinggi, tubuh akan menjadi lebih rileks dan mengurangi stres. Selain itu, tubuh yang rileks akan membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak dan sehat.

Kesehatan Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung (Special)

Pada sebuah penelitian menyebutnya bahwa pergi ke sauna dalam dua hingga tiga kali seminggu, akan menurunkan risiko penyakit jantung hingga 27 persen. Suhu yang bisa mencapai 80 derajat Celcius dapat membuat tubuh berkeringat sehingga sirkulasi darah dalam tubuh akan lancar.

Peredarah darah tubuh yang bekerja akan lebih lancar. Oleh sebab itu, otot jantung dapat bekerja dengan baik dan menyebabkan detak jantung lebih stabil.

Selain itu, meskipun suhu pada sauna tinggi dan baik untuk kesehatan jantung. Namun jika terlalu lama akan meningkatkan risiko dehidrasi. Oleh karena itu, penting untuk rutin minum air putih agar cairan dalam tubuh dapat terjaga.

Kulit Jadi Sehat

ilustrasi kulit sehat (Ladiestory.id)

Ini juga menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk pergi ke sauna. Selain untuk memberikan manfaat pada organ dalam seperti jantung, sauna juga dapat memberikan manfaat pada kesehatan kulit.

Saat di sauna kulit akan cenderung mengeluarkan keringat yang berlebihan. Tubuh yang sering mengeluarkan keringat akan membuang racun dan kotoran. Sehingga kulit akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena jerawat atau komedo.

Selain itu, adanya peningkatan suhu yang drastis dalam sirkulasi darah juga akan membuat kulit lebih cerah dan tentu saja membuat tampilan kamu menjadi lebih sehat dan segar.

Penderita Asma

Ilustrasi sakit asma ( Orami )

Melansir Healthline menjelaskan, bahwa panas dari infrared lebih dapat ditoleransi dibanding sauna tradisional. Sauna infrared atau infa merah memiliki suhu yang lebih rendah.

Selain itu, Sauna infra merah dapat memberikan kesehatan bagi orang yang memiliki penyakit pernapasan seperti asma. Hal ini disebabkan karena dapat meningkatkan detak jantung dan melebarkan pembulu darah. Efeknya juga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, sistem pernapasan akan bekerja secara maksimal.

Atasi Stres

Ilustrasi stres bekerja (Special)

Efek rileks setelah dari sauna akan mengatasi stres dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar. Selain itu, tubuh yang sehat akan membuat jam tidurmu menjadi lebih efektif dan terhindar dari insomnia.