6 Makanan Tinggi Kalium yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Jumat, 29 Juli 2022 | 15:30:00

6 Makanan Tinggi Kalium Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi alpukat. (Special)

Ladiestory.id - Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penyakit ini adalah istilah bagi serangkaian gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah, termasuk penyakit jantung koroner (CHD), penyakit serebrovaskular, hipertensi (tekanan darah tinggi).

Melakukan diet tinggi natrium, meningkatkan risiko seseorang terkena tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. Makanan ultra-olahan atau makanan yang dibuat dalam bentuk kemasan, sering kali mengandung kadar garam yang tinggi sehingga banyak orang yang kurang mengontrol asupan natrium.

WHO merekomendasikan bahwa orang dewasa harus mengonsumsi 3.510 miligram (mg) sodium per hari. kebanyakan orang dewasa saat ini memiliki banyak sodium dan terlalu sedikit kalium dalam makanan mereka. 

Sebuah studi dari Belanda, yang diterbitkan dalam European Heart Journal, telah menemukan bahwa wanita mungkin dapat memerangi efek natrium dengan makan-makanan kaya kalium yang berpotensi mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. untuk meningkatkan asupan kalium, kamu harus mengonsumsi makanan yang tinggi kalium untuk diet, berikut daftar makanan tinggi kalium menurut Medical New Today

Alpukat

Foto: Ladiestory.id

Dalam sebuah studi di Amerika menemukan bahwa mengonsumsi dua alpukat setiap minggunya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Para peneliti menemukan bahwa asupan alpukat yang lebih tinggi memiliki kaitan dengan risiko penyakit kardiovaskular 16 persen lebih rendah. kamu bisa mengonsumsi alpukat dengan langsung memakannya atau membuat jus alpukat.

Pisang

Ilustrasi buah pisang. (Special)

Tak hanya bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh, pisang mengandung mikronutrien yang membantu memelihara kesehatan jantung. Pisang memiliki kalium yang tinggi, yang merupakan komponen penting untuk kesehatan jantung. Tak heran jika orang yang memiliki masalah pada jantung, rutin mengonsumsi buah pisang setiap harinya.

Makanan laut

makanan laut seafood (Special)

Selain buah, makanan laut juga memiliki kandungan yang baik untuk jantung. Makanan laut atau seafood dipercaya memiliki kolestrol yang tinggi dan baik bagi penderita jantung. Makanan laut yang menyehatkan jantung seperti ikan salmon, kepiting, cumi, udang, lobster dan kerang. Kerang merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh karena mengandung omega-3 dan membantu menyehatkan jantung.

Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan. (Special)

Mengonsumsi kacang dapat menurunkan risiko penumpukan endapan di arteri. Tingkat peradangan pada penyakit jantung juga rendah. Oleh sebab itu, mengonsumsi kacang bisa mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung dan kematian.

Ubi Jalar

Ilustrasi ubi jalar. (Special)

Ubi memiliki kandungan yang baik bagi jantung, seperti vitamin B6 yang merupakan nutrisi penting untuk mengurangi jumlah bahan kimia berbahaya dalam aliran darah. Tak hanya itu, ubi jalar juga dapat menjaga fungsi kerja jantung secara optimal.

Buah Kering

Ilustrasi buah kering. (Special)

Tak hanya untuk memperpanjang masa penyimpanan buah, buah kering juga memiliki manfaat nutrisi seperti serat, vitamin A, C, E dan mineral yang baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, kandungan pada buah kering dapat mengurangi risiko kanker, hipertensi, diabetes dan masalah jantung lainnya.

Meskipun asupan kalium yang lebih tinggi memiliki efek besar pada wanita dengan diet tinggi natrium, hal yang dapat dilakukan adalah membatasi asupan natrium. 

Jadi, khususnya para wanita meningkatkan asupan makanan kaya kalium bisa menjadi cara yang efektif untuk mencoba dan melindungi kesehatan jantung. 

s