5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan, Yuk Rutin Konsumsi!

Minggu, 26 Desember 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Yuk Rutin Konsumsi!

Ilustrasi alpukat. (Special)

Ladiestory.id - Alpukat adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak manfaat. Di dalam buah ini terkandung lemak tak jenuh, karbohidrat, protein dan serta yang terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain beberapa kandungan nutrisi tersebut, dalam buah alpukat juga mengandung berbagai vitamin, seperti Vitamin C, Vitamin A dan B, Vitamin  K dan Vitamin D. Serta ada juga kandungan magnesium, kalium, lutein dan juga folat. 

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Berkat beberapa kandungan nutrisi dan beberapa vitamin di atas, buah alpukat memiliki banyak manfaat menyehatkan tubuh. Berikut Ladiestory.id telah merangkum beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan.

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal 

Ilustrasi berat badan ideal. (Special)

Karbohidrat serta serat yang terkandung dalam buah alpukat akan membuat Kamu kenyang lebih lama. Meski ada kandungan lemak, namun buah ini tidak membuat berat badan Kamu cepat naik. Hal ini dikarenakan, lemak dalam buah alpukat adalah lemak baik yang justru sangat bermanfaat untuk tubuh.

Meski demikian, alpukat mengandung kalori yang cukup tinggi. Mengkonsumsi alpukat sebaiknya berada di kisaran 150-200 kalori per buahnya. Jika Kamu sedang dalam proses diet, lebih baik imbangi juga dengan rutin berolahraga. 

2. Memelihara Kesehatan Mata

Ilustrasi penglihatan buram. (Special)

Manfaat buah alpukat yang kedua adalah dapat membantu menjaga kesehatan mata. Ini karena dalam buah alpukat terdapat kandungan zeaxanthin serta lutein yang berperan sebagai antioksidan untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan pada mata. Dengan asupan zeaxanthin serta lutein yang cukup baik, mata terhindar dari resiko penyakit mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula. 

3. Mengontrol Tekanan Darah untuk Penderita Hipertensi

Ilustrasi dokter memeriksa tekanan darah. (Ladiestory.id)

Pada penderita hipertensi, buah alpukat sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini dikarenakan dalam buah tersebut mengandung kalium yang dapat mengontrol tekanan darah serta mengatur irama jantung agar tetap teratur. 

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Ilustrasi kanker. (Special)

Alpukat adalah salah satu jenis makanan yang dapat mencegah terjadinya kanker. Hal ini dikarenakan dalam alpukat mengandung banyak nutrisi dan antioksidan seperti Vitamin C, Vitamin E, asam oleat serta lutein yang berperan untuk menghambat risiko pertumbuhan sel-sel kanker. 

5. Mengatasi Masalah Sembelit

Ilustrasi sembelit. (Ladiestory.id)

Karena kaya akan serat, alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah sembelit. Pada dasarnya sembelit dapat terjadi jika tubuh kekurangan asupan serat. Oleh sebab itu, jika Kamu sedang mengalami masalah sembelit cukupi kebutuhan serat, salah satunya dengan mengonsumsi buah alpukat serta perbanyak minum air putih.

Agar mendapatkan manfaat yang optimal, imbangi juga dengan banyak konsumsi makanan sehat serta rutin olahraga. Selain itu, konsumsi buah alpukat dalam jumlah yang wajar setiap harinya.