Sering Muncul di Drama, Ternyata Ini Alasan Orang Korea Hobi Minum Kopi

Senin, 8 Agustus 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Sering Muncul Di Drama, Ternyata Ini Alasan Orang Korea Hobi Minum Kopi

Ilustrasi Orang Korea Hobi Minum Kopi. (Special)

Ladiestory.id - Bagi pecinta drama Korea, pasti sering menemui adegan, di mana tokoh pemerannya akan mengunjungi sebuah kedai kopi atau memesan minuman kopi untuk teman sekantornya.

Ternyata, hal tersebut bukan hanya menjadi ciri khas di drama Korea saja, lho. Sebab, pada kenyataannya lebih dari setengah warga Korea Selatan memang menyukai minuman kopi. Bahkan, kopi merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari mereka. Saking cintanya, di Korea Selatan sendiri ada acara kopi rutin bernama Seoul International Cafe Show yang diadakan setiap tahun. 

Selain menikmati kopi yang diperjualbelikan melalui kedai, masyarakat Korea Selatan diketahui juga memiliki minat tinggi pada kopi instan. Menurut survei Waka Coffee pada 2018, sekitar 35,7 persen masyarakat Korea meminum kopi instan minimal satu kali sehari.

Jika dibandingkan negara lain, seperti Amerika Serikat, bahkan jumlah tersebut masih lebih tinggi. Namun, alasan apa yang membuat masyarakat Korea hobi meminum kopi?

Bagian dari Budaya

Alasan Orang Korea Hobi Minum Kopi. (Special)

Terlepas dari pahitnya rasa kopi, bagi warga Korea, setiap cangkirnya memiliki arti yang berbeda. Kopi tak hanya menjadi sebuah gaya hidup, namun juga bagian dari budaya.

Kedai kopi di sana pun tak hanya mementingkan rasa namun juga estetikanya. Sehingga, banyak kedai kopi yang mengusung tema unik, seperti halnya yang biasa kamu jumpai di Indonesia.

Sejarah Kepopuleran Kopi di Korea

Alasan Orang Korea Hobi Minum Kopi. (Special)

Jika ditinjau dari segi sejarah, kopi merupakan minuman yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan Korea. Namun, seiring berjalannya waktu, budaya meminum kopi masyarakat di Korea pun berubah sejak 1986.

Munculnya Starbuck pada 1990 memicu ledakan jumlah peminum kopi di Korea Selatan, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Kemudian, perkembangan tersebut diikuti dengan naiknya jumlah kedai kopi sebanyak tiga kali lipat sejak 2011.

Kini Starbuck sendiri telah memiliki 284 cabang khusus di ibu kota Korea Selatan, Seoul. Menurut Korean Times, setiap orang di Korea mengonsumsi kopi sedikitnya 377 gelas dalam satu tahun. Hal tersebut mencatatkan Korea Selatan sebagai peminum kopi terbanyak setelah Filipina dan Singapura.

Bagus untuk Pertahankan Semangat

Alasan Orang Korea Hobi Minum Kopi. (Special)

Kandungan kafein dalam kopi membuat meminum ini menjadi hobi yang cukup penting. Sebab, kopi dapat menjaga tubuh supaya tetap semangat dan tidak mudah mengantuk.

Salah satu jenis kopi yang menjadi favorit masyarakat Korea adalah Iced Americano. Kopi ini memiliki kadar gula yang rendah dan tetap memiliki kafein.

Kedai Kopi Sangat Populer di Korea

Alasan Orang Korea Hobi Minum Kopi. (Special)

Selain kandungannya, penyebab meningkatnya minum kopi sebagai hobi karena kafe di Korea Selatan menjadi tempat yang paling sering dikunjungi. Memiliki fasilitas WiFi, ruangan yang nyaman dan sejuk menjadikan kafe kopi pilihan yang cocok untuk melepas penat.

Pengaruh Idol dan Drama Korea

Alasan Orang Korea Hobi Minum Kopi. (Special)

Selain itu, para idol pun banyak menunjukkan kepada penggemar akan kecintaan mereka dalam meminum kopi. Mereka mengungkapkan bahwa salah satu cara untuk menjaga mood serta kreativitasnya adalah dengan minum kopi.

Tak jarang, mereka juga memberikan rekomendasi jenis kopi kesukaannya kepada para penggemar. Bahkan, beberapa merek kopi instan mendapuk nama-nama terkenal di dunia entertaiment Korea Selatan sebagai brand ambassadornya.

Kamu juga mungkin sering melihat beberapa drama maupun film menyelipkan adegan di kedai kopi. Beberapa drama Korea juga secara khusus mengangkat tema kopi, seperti drama "Coffee Prince" dan "Would You Like a Cup of Coffee".

Sehingga, beberapa faktor tersebut menjadi alasan kuat meningkatnya jumlah orang Korea mengonsumsi kopi hingga menjadi hobi dalam kehidupan sehari-hari. Apakah kamu juga termasuk pecinta kopi, Ladies?

s