Sering Sakit Saat Menstruasi, Melaney Ricardo Bagikan Pengalaman Operasi Pengangkatan Rahim

Rabu, 1 Februari 2023 | 15:25:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Sering Sakit Saat Menstruasi, Melaney Ricardo Bagikan Pengalaman Operasi Pengangkatan Rahim

Melaney Ricardo. (instagram.com/melaney_ricardo)

Ladiestory.id - Presenter Melaney Ricardo baru-baru ini membagikan pengalamannya menjalani operasi pengangkatan rahim. Hal ini ia ceritakan secara lengkap dalam video yang diunggah di kanal YouTube Melaney Ricardo pada Senin (30/1/2023).

Awalnya, ibu dua anak ini bercerita bahwa ia selalu merasakan sakit ketika menstruasi sejak masih gadis. Namun, rasa sakit itu belakangan kian bertambah parah.

Melaney Ricardo. (YouTube Melaney Ricardo)

Selain merasakan sakit, darah menstruasi pun sangat banyak. Bahkan, Melaney mengibaratkan darah yang keluar bak orang buang air kecil. Ia pun menuturkan bahwa darah menstruasinya pernah mengalir sampai ke kaki saat beribadah di gereja.

Hal tersebut membuat sang presenter memutuskan untuk memeriksakan diri dan menjalani pengobatan. Caroline Tirtajasa, dokter yang ditemui Melaney, memvonis bahwa istri Tyson Lynch itu mengidap penyakit bernama adenomyosis. Sang dokter menjelaskan bahwa adenomyosis terjadi karena jaringan yang harusnya melapisi rahim tumbuh di dinding otot rahim.

Melaney Ricardo. (YouTube Melaney Ricardo)

Setelah mengetahui penyakitnya, Melaney Ricardo pun menjalani terapi hormon, dengan memberikan suntik KB atau mengonsumsi pil KB. Namun, terapi hormon tersebut hanya membuat kondisinya membaik untuk sementara. 

Pasalnya, ia merasakan ada perubahan dalam dirinya seperti orang mengalami menopause. Tak hanya itu, terdapat benjolan yang terasa panas di paha dan jerawat di area punggung. 

Dokter mengatakan bahwa terapi hormon bukan solusi untuk penyakit yang diidap Melaney. Untuk itu, ia pun mempertimbangkan untuk melakukan operasi pengangkatan rahim sebagai solusi terbaik dari penyakit yang diidapnya. 

Melaney Ricardo menjalani operasi angkat rahim pada Jumat (27/1/2023). Operasi tersebut dilakukan dengan bantuan robot.

Melaney Ricardo. (YouTube Melaney Ricardo)

Setelah menjalani operasi, Melaney Ricardo tidak akan menstruasi dan mengalami menopause. Ia pun telah berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan operasi.

Sebelum mengakhiri videonya, Melaney Ricardo berpesan kepada para perempuan untuk segera memeriksakan diri jika ada sesuatu yang berbeda dalam tubuh. Ia juga meminta para perempuan untuk menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama.

“Pesen aku untuk semua perempuan, kalau memang kalian ngerasa kayaknya kalian mulai curiga nih ada sesuatu yang tidak biasa, unusual symptoms, pada badan kalian, please jangan lama-lama do your check go to your obgyn,” kata sang presenter, dikutip dari YouTube Melaney Ricardo, Rabu (1/2/2023).

“Kalaupun at the end of the day kalian harus memberikan keputusan yang besar dalam hidup, first of all yang harus dipikirin adalah hidup kalian, nyawa kalian, kesehatan kalian. That’s top priority,” lanjutnya.