Shabu-shabu, Makanan Khas Jepang yang Diadopsi dari Tiongkok

Jumat, 18 Maret 2022 | 14:08:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Shabu-Shabu, Makanan Khas Jepang Yang Diadopsi Dari Tiongkok

Ilustrasi Daging Slice. (Instagram.com/kenkenmeatshop)

Ladiestory.id - Salah satu makanan Jepang yang terkenal dan memiliki peminat yang banyak di Indonesia adalah shabu-shabu. Makanan ini dimasak dan disajikan dalam panci besar berisi kuah kaldu sapi.

Ciri khas dari shabu-shabu adalah irisan daging tipis yang akan dicelupkan ke dalam kuah kaldu tersebut. Tak hanya daging tipis, dalam panci tersebut juga akan dimasukkan bahan tambahan seperti sayur-sayuran, tahu, hingga kuzukiri.

Meskipun berasal dari Jepang, konon shabu-shabu terinspirasi dari makanan khas Tiongkok lho. Pada masyarakat Tiongkok, makanan ini berisi irisan daging domba yang dimasukkan ke dalam panci berisi kaldu dan disajikan panas-panas. Makanan ini kerap dihidangkan saat musim dingin.

Makanan khas Tiongkok ini dibawa oleh orang-orang Jepang yang pernah tinggal di sana dan disajikan kembali di negaranya. Pada 1952, Suehiro di Osaka mulai menyajikan daging dengan irisan tipis-tipis yang diberi nama shabu-shabu.

Ilustrasi Daging Slice. (Instagram.com/kenkenmeatshop)

Sementara dari mana asal nama shabu-shabu? Rupanya nama ini diambil dari suara mendidih panci yang berisi kuah kaldu tersebut sebelum disantap. Unik ya!

Nah, meski umumnya berisi daging sapi yang diiris tipis-tipis, namun Kamu bisa juga menggunakan daging lainnya seperti ayam, domba, ikan fugu hingga gurita.

Menemukan daging berbentuk irisan atau slice termasuk susah-susah gampang. Cara termudah yang bisa Kamu lakukan adalah mengunjungi toko terpercaya seperti Kenken Meat Shop.

Ilustrasi Daging Slice. (Instagram.com/kenkenmeatshop)

Kenken Meat Shop menjadi supplier daging premium sejak 2017. Melakukan penjualannya secara online di e-commerce Tokopedia dan Shopee, Kenken Meat Shop menyediakan pilihan daging berkualitas dengan harga terjangkau.

Salah satu daging yang bisa Kamu temukan adalah slice atau irisan tipis yang biasa dikonsumsi untuk shabu-shabu. Selain itu, Kenken Meat Shop juga menyediakan daging wagyu premium hingga seafood.

Range harga yang diberikan Kenken Meat Shop cukup bervariasi, yakni mulai Rp100 Ribu hingga Rp1 Juta. Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi Instagram @kenkenmeatshop.