Siap Berkompetisi di Miss Universe, Laksmi De Neefe Bawakan Kostum "Kapal Pinisi"

Jumat, 30 Desember 2022 | 23:20:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Siap Berkompetisi Di Miss Universe, Laksmi De Neefe Bawakan Kostum "Kapal Pinisi"

Laksmi De Neefe. (instagram.com/laksmideneefe)

Ladiestory.id - Puteri Indonesia 2022 sekaligus perwakilan Indonesia dalam ajang Miss Universe 2022, yakni Laksmi Shari De Neefe Suardana, telah melakukan press conference “Ubud to Universe” pada Rabu (21/12/2022) di The Westin Hotel, Jakarta. Dalam kesempatan ini, Laksmi mengungkap kostum nasional yang akan dibawakan olehnya di ajang Miss Universe.

Pada tahun ini, Indonesia mengusung tema kapal pinisi sebagai inspirasi pembuatan kostum nasional sekaligus merepresentasikan keragaman Indonesia. Kostum bertajuk “The Glory of Phinisi” ini terinspirasi dari semboyan Majapahit, “Jalesveva Jayamahe, di Laut, Kita Menang”.

Laksmi De Neefe. (instagram.com/laksmideneefe)

Menariknya, pembuatan kostum “The Glory of Phinisi” ini merupakan salah satu ide yang tercetus oleh Laksmi sendiri. Baginya, kapal pinisi memiliki filosofi dan makna tersendiri. 

Selain itu, Laksmi ingin merepresentasikan kekuatan, semangat dan keberanian yang tercipta dari kapal pinisi yang memiliki layar kuat serta berani menghadapi gelombang dan badai layaknya sebuah tantangan. Tak hanya itu, hal ini pun memotivasinya untuk menghormati dan menghargai perjuangan nenek moyang yang rela mengorbankan jiwa raga, berani dan tangguh. 

Laksmi De Neefe. (instagram.com/laksmideneefe)

Kostum nasional ini pun mencerminkan kehebatan Indonesia dengan warisan lautan dan kekuatan maritimnya. Menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang kecantikan internasional, membuat Laksmi tertantang dan tidak ingin menyiakan peluang yang telah dipercayakan kepada dirinya

Sementara itu, kostum “The Glory of Phinisi” rupanya merupakan karya Ikie Morphacio atau Morphacio Body Art dan Eko Tjandra. Menurut paparan Marphacio Body Art, kostum nasional ini memiliki bobot mencapai 6 kilogram.

Namun, hal ini bukan menjadi suatu halangan bagi Laksmi untuk menampilkan yang terbaik. Bahkan, Laksmi tidak mengeluh keberatan sama sekali saat mengenakan kostum ini. Hal ini menunjukan kesiapan mental dan tantangan bagi Laksmi dalam berkompetisi.

Laksmi De Neefe. (instagram.com/laksmideneefe)

“Banyak hal unik dalam pembuatan kostum ini, diantaranya Fantasy Collar yang memiliki bobot 6 kilogram, ini disebut tidak berat sama sekali oleh Laksmi, hal ini menjadi kesiapan Laksmi secara mental untuk mempresentasikan karya ini,” kata Marphacio Body Art, dikutip dari berbagai sumber.

Di sisi lain, Laksmi akan akan bersaing dengan 72 wanita dari berbagai dunia untuk merebutkan mahkota Miss Universe 2022 yang akan digelar di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat. Ia pun harus mengikuti rangkaian karantina yang berlangsung pada 3 Januari 2023 hingga 14 Januari 2023.