Simpel & Murah, 6 Jenis Olahan Singkong Ini Menarik untuk Dicoba

Kamis, 2 Maret 2023 | 21:48:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Simpel & Murah, 6 Jenis Olahan Singkong Ini Menarik Untuk Dicoba

Kolak singkong. (special)

Ladiestory.id - Singkong atau ketela pohon merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang mudah ditemukan. Singkong juga sering digunakan sebagai pengganti nasi karena kaya akan karbohidrat. Memiliki rasa yang legit, membuat olahan singkong disukai oleh banyak orang.

Terdapat banyak jenis makanan enak yang bisa dibuat dari singkong, mulai dari camilan ringan hingga makanan berat. Nah, bagi kamu yang menyukai aneka makanan dengan bahan baku singkong, berikut 6 jenis olahan singkong yang enak dan menarik untuk dicoba.

Bubur Ganepo

Bubur singkong. (Special)

 

Salah satu jenis olahan singkong yang cukup digemari oleh banyak orang adalah bubur Ganepo atau bubur singkong. Sesuai dengan namanya olahan ini menggunakan bahan utama singkong yang diparut halus, kemudian dicampur dengan air, gula, sedikit garam, dan pandan. 

Semua bahan campuran tersebut dimasak hingga mendidih, dan kental. Terakhir siram dengan kuah santan saat disajikan. Perpaduan rasa manis dan gurih pada bubur singkong membuatnya wajib dicoba dan disantap selagi hangat.

Kolak Singkong

Kolak singkong. (special)

 

Kolak singkong tentu sudah tidak asing terdengar di telinga, menggunakan bahan serupa dengan bubur Ganepo kolak singkong kerap disajikan sebagai takjil pada bulan Ramadhan. Cara membuat makanan ini cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan potongan singkong yang telah dicuci bersih. 

Selanjutnya rebus bersama santan, gula merah, dan pandan hingga mendidih. Hampir semua orang menyukai kolak singkong, apalagi disantap dalam kondisi hangat di tengah cuaca yang dingin.

Singkong Thailand

Singkong Thailand. (Special)

 

Tak hanya di Indonesia, ternyata singkong juga memiliki eksistensi hingga di luar negeri seperti Thailand. Masyarakat Thailand mengolah singkong sedemikian rupa hingga menjadi makanan khas dengan citarasa yang lumer dan lembut di lidah. 

Cara membuat singkong Thailand cukup mudah, kamu bisa merebus singkong dengan tambahan sedikit garam dan beberapa lembar daun pandan. Rebus hingga tekstur singkong lunak dan lembut. Selanjutnya rebus santan kental hingga meletup, dan tambahkan larutan tepung sagu aduk hingga matang. 

Terakhir sajikan singkong dan tuang kuah santan secukupnya. Tambahkan parutan keju agar citarasa semakin enak dan lezat. Singkong Thailand sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu pendamping kopi atau teh panas.

Lemet

Lemet. (Special)

 

Simpel dan enak adalah dua kata yang cocok untuk menggambarkan jenis olahan singkong yang satu ini. Lemet merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari campuran singkong parut, kelapa, serta gula merah. Terakhir semua campuran bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus hingga matang. Jajanan tradisional ini mulai jarang ditemukan di pasar. Namun, jika kamu kangen dengan citarasa lemet yang kenyal, dan manis. Maka, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah ya, ladies.

Tiwul

Tiwul. (Special)

 

Tiwul merupakan salah satu jenis olahan singkong yang sering dijadikan sebagai pengganti nasi pada zaman dulu. Memiliki rasa yang gurih, ternyata proses pengolahan tiwul memakan waktu yang cukup lama. Pertama singkong yang telah dikupas dan dipotong harus dijemur sampai benar-benar kering. 

Selanjutnya, potongan singkong yang sudah kering tersebut harus dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digiling hingga menjadi tepung. Terakhir tepung singkong tersebut bisa dimasak dengan cara dikukus hingga matang. Kamu juga bisa menambahkan kelapa parut, dan gula untuk menambah citarasa tiwul yang manis dan gurih.

Combro

Combro. (special)

 

Bosan dengan olahan singkong yang dikukus atau direbus, kamu bisa coba combro goreng yang enak dan lezat. Menjadi makanan khas daerah Jawa Barat, combro merupakan makanan yang terbuat dari singkong parut yang bagian dalamnya diisi dengan oncom lalu digoreng. Ada juga yang menambahkan sambal atau potongan cabe ke dalam combro untuk mendapatkan citarasa gurih dan pedas.