Stop! Jangan Resign Sebelum Simak Quote Penyemangat ala Drama “Today's Webtoon” Ini

Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:30:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

Stop! Jangan Resign Sebelum Simak Quote Penyemangat Ala Drama “Today's Webtoon” Ini

Drama Korea "Today's Webtoon". (Special)

Ladiestory.id - Ladies frustasi karena sedang berada pada situasi yang pelik di perusahaan tempat bekerja saat ini? Tenang! Kamu gak sendirian. Stres, frustasi atau depresi dapat terjadi pada karyawan, siapa pun dia tanpa terkecuali. Kondisi mental ini tak jarang membuat seseorang akhirnya mengambil jalan pintas, resign atau mengundurkan diri.

Sepanjang sesuai dengan kesepakatan dalam perjanjian kerja di awal, resign memang merupakan hak tiap karyawan. Entah karena alasan profesional (seseorang ingin mengembangkan karir atau fokus membangun bisnis pribadinya) atau alasan personal seperti sudah tidak betah di institusi tempat ia bekerja akibat banyaknya tekanan yang harus dihadapi.

Memutuskan kapan sebaiknya resign memang membutuhkan seni tersendiri. Agar tak terjebak penyesalan di kemudian hari, sebelum Ladies menetapkan hati untuk resign, yuk simak dan catat beberapa quotes tentang bagaimana sebaiknya seseorang menyikapi situasi kerja yang tidak menyenangkan ala drama Korea “Today’s Webtoon”.                 

 

“Tak ada surga bagimu untuk melarikan diri”

Adegan dalam "Today's Webtoon". (Special)

Maksud dari ungkapan yang dikutip tokoh Jang Man Cheol, Kepala Departemen Editorial Webtoon “Neon” dalam episode ketiga drama “Today’s Webtoon” adalah bahwa di mana pun bekerja, seseorang akan senantiasa menghadapi masalah, tantangan dan hambatan. Jadi, ketika menemukan hal semacam ini di tempat kerja, alih-alih langsung memutuskan untuk resign, seseorang sebaiknya berpikir secara big picture seperti ungkapan tersebut terlebih dahulu.

Bukan rahasia umum lagi apabila seseorang resign untuk menghindari masalah di perusahaan lama, maka yang akan didapatkannya di tempat baru pun akan sama meski dengan situasi yang berbeda. Dia akan tetap menemukan masalah, tantangan atau hambatan sebagaimana di tempat lama. Bahkan, tak jarang karyawan yang mengeluh bahwa tempat ia bekerja dahulu jauh lebih baik daripada tempat bekerja saat ini.             

 

“Tidak ada yang sia-sia di dunia ini”

Adegan dalam “Today’s Webtoon” (Special)

Ungkapan ini dikemukakan tokoh Jang Man Cheol ketika mendengar anak buahnya, Goo Jun Yeong (Nam Yoon Su), menilai bahwa kerja kerasnya akan sia-sia karena toh satu tahun lagi departemen itu akan dibubarkan akibat mengalami penurunan jumlah subscriber. Sang Kepala Departemen menjelaskan bahwa bagi Goo Jun Yeong yang direkrut perusahaan karena kompetensinya yang tinggi, bisa jadi ini merupakan kesempatan emas untuk dipromosikan sebagai pimpinan tim apabila perusahaan ingin membentuk atau mengakuisisi departemen Editorial tersebut.  

Jang Man Cheol menambahka,n bahwa perusahaan mengirim Goo Jun Yeong ke timnya karena mereka ingin ia belajar semua trik rahasia tim tersebut. Tak lain tujuan jangka panjangnya adalah mempersiapkan Goo Jun Yeong menjadi pemimpin masa depan bagi perusahaan.

Dari deep talk antara atasan dan staf-nya ini dapat ditarik sebuah pelajaran bahwa meski dalam situasi kerja sesulit apa pun, seorang karyawan tetap bisa mengambil keuntungan darinya. Salah satu benefit itu adalah pengalaman belajar dan berjuang dalam meningkatkan performance tim. Dari sini, orang itu akan memiliki track record yang baik di dunia kerja. Ini tentu menjadi bekal referensi yang mahal untuk melamar pekerjaan lagi di perusahaan lain. Jadi, ungkapan “tidak ada yang sia-sia di dunia ini” tentu tak berlebihan.                      

 

“Jika kamu bekerja keras, lingkunganmu pasti akan berubah”

Adegan dalam “Today’s Webtoon” (Special)

Kutipan dari ucapan tokoh Jang Man Cheol dalam drama Korea “Today’s Webtoon” satu ini pasti juga sering Ladies dengar dalam kehidupan sehari-hari, terutama di tempat kerja. Kerja keras memang merupakan modal bagi seseorang atau sebuah tim dalam mencapai target-target yang telah ditetapkan. Tanpa kerja keras, akan sulit untuk meraih kesuksesan yang diharapkan.  

Ketika mengalami frustasi, alih-alih menyalahkan lingkungan sekitar dan langsung memutuskan untuk resign, cobalah Ladies pertimbangkan terlebih dahulu. Review lagi apakah selama ini Ladies sudah menunjukkan kinerja terbaik. Jika belum, adalah sebuah keputusan yang bijak apabila Ladies memilih untuk menunda resign dan fokus melakukan perbaikan-perbaikan yang masih bisa diusahakan.

       

“Aku akan bekerja dua kali lebih keras dan lebih baik karena kita bisa mengubah masa depan”

Adegan dalam “Today’s Webtoon” (Special)

Senada dengan sang “Timjang”, sebutan dalam bahasa Korea untuk seseorang yang menjadi leader sebuah tim, tokoh On Ma Eum (Kim Sejeong) juga mengatakan hal serupa ketika mengetahui jalan pikiran tokoh Goo Jun Yeong yang cenderung skeptis terhadap kemungkinan departemennya bisa berhasil rebound dari keadaan yang sedang surut saat ini.  

Menyadari adanya kemungkinan untuk bisa mempertahankan departemen Editorial, apabila tim berhasil meningkatkan performance selama satu tahun ke depan, tokoh ini mengatakan “Aku akan bekerja dua kali lebih keras dan lebih baik karena kita bisa mengubah masa depan”. Bagi tokoh protagonis dalam drama ini, mencemaskan hal yang belum terjadi bukanlah caranya dalam menjalani hidup. Ia menambahkan “Jika aku tipe orang yang hanya memimpikan hal yang kuyakini, aku tidak akan pernah bermimpi jadi peraih medali emas olimpiade”.

Seperti dikemukakan tokoh Eu Ma Eum, ketika menghadapi kondisi perusahaan yang sedang tidak baik memang diperlukan sikap dan pola pikir yang extraordinary. Alih-alih pesimis dan memilih menyerah (resign) sebelum waktunya, meyakini bahwa masa depan dapat diubah melalui kerja keras dan perilaku yang baik tentu jauh lebih bijaksana. Bukankah kegagalan baru akan menjadi mungkin ketika seseorang benar-benar telah berhenti berusaha? Sebaliknya, selama masih ada usaha yang sungguh-sungguh, maka keberhasilan menjadi sebuah kemungkinan lain yang juga bisa terwujud.                  

 

“Alih-alih bertanya kepada diri sendiri “apakah aku bisa melakukan ini?” kamu semestinya bertanya “apakah aku sungguh ingin melakukan ini?””

Adegan dalam “Today’s Webtoon” (Special)

Sepintas kutipan ini mungkin terasa tak terlalu berhubungan dengan tema resign. Namun, apabila ditelaah lebih dalam, pertanyaan ini bisa membantu seseorang untuk menimbang tindakan manakah yang lebih baik untuk diambil, terutama pada kasus-kasus pengunduran diri yang alasannya adalah karena merasa diri sendiri tidak kompeten.

Ketika berpikir hendak mengundurkan diri, akan lebih baik apabila seseorang bertanya pada diri sendiri “Apakah saya masih ingin bekerja di perusahaan ini?” daripada bertanya “Apakah saya mampu melakukan pekerjaan di perusahaan ini?” Hal itu karena kemampuan seseorang bisa diusahakan lewat kerja keras atau usaha yang sungguh-sungguh, meminta bimbingan dari atasan dan para senior atau mempelajari skills yang berkaitan secara mandiri. Namun, ketika hati seseorang memang sudah tidak ingin melakukan pekerjaan tersebut, maka sehebat apapun support system yang dimiliki, pada akhirnya akan sulit menggerakkan hati orang itu.  

Itulah beberapa quotes atau kutipan dari drama Korea “Today’s Webtoon” yang mungkin bisa Ladies ingat-ingat ketika terpikir akan mengundurkan diri dari perusahaan tempat bekerja. Apakah Ladies memiliki kutipan lain yang relevan dengan masalah ini? Semoga informasinya bermanfaat.

s