Stop Lakukan Ini! 5 Kebiasaan Makan yang Ternyata Bikin Perut Buncit

Selasa, 22 Februari 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Stop Lakukan Ini! 5 Kebiasaan Makan Yang Ternyata Bikin Perut Buncit

Makan Perut Buncit (Special)

Ladiestory.id - Salah satu hal yang kerap membuat wanita insecure adalah memiliki perut buncit. Tak jarang orang menyeletuk "hamil berapa bulan" sebab perut buncit. Selain itu, perut buncit sangatlah menganggu penampilan

Banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan perut buncit. Mulai dari olahraga hingga berbagai macam diet dilakukan. Tidak ada salahnya melakukan berbagai upaya untuk mengecilkan perut buncit.

Namun Kamu juga harus mengetahui 5 kebiasaan makan yang ternyata menjadi faktor perut buncit. Yuk ketahui apa saja, agar usahamu tidak sia-sia.

1. Makan Terlalu Cepat

Makan Perut Buncit (Special)

Dikejar oleh waktu menjadi salah satu alasan mengapa seseorang makan terlalu cepat. Atau makan cepat memang menjadi sebuah kebiasaan yang tidak disadar. Namun siapa sangka kebiasaan tersebut memberikan efek bagi tubuh Kamu yakni membuat perut buncit.

Hal ini disebabkan, makan terlalu cepat akan membuat rasa lapar sehingga kecenderungan seseorang akan 'nambah' makan. Hal ini pun juga telah tertulis dalam Journal of American Dietetic Association.

Menurut penelitian dalam jurnal tersebut, orang yang makan secara lambat akan memiliki rasa cepat kenyang dibandingkan orang yang makan terlalu cepat. Oleh sebab itu, makan lambat akan membuat orang enggan untuk 'nambah' porsi ataupun nyemil snack lainnya.

Bahkan dalam jurnal tersebut juga menuliskan jika seseorang makan dengan lambat, maka akan menyimpan 66 kalori per makan.

2. Makan Malam

Ilustrasi perempuan ngemil sebelum tidur. (Special)

Zaman sekarang, banyak orang yang tidak makan lebih dari jam 6 malam. Hal ini dilakukan menghindari badan gemuk hingga perut buncit.

Pasalnya, malam hari merupakan jadwal kita untuk berhenti melakukan aktivitas dan beristirahat. Nah, jika Kamu makan malam dan beristirahat, akan mengakibatkan lemak menumpuk di tubuh.

Berbeda halnya dengan sarapan ataupun makan siang, kita cenderung akan melakukan berbagai aktivitas. Secara tidak langsung, lemak di tubuh sedikit banyak akan terbakar.

Kamu dapat menentukan kapan terakhir makan, dan mengontrol rasa lapar hingga nafsu makan. Sampai keesokan harinya, Kamu baru bisa menikmati sarapan untuk mengisi energi.

3. Tidak Sarapan

Makan Perut Buncit (Special)

Wow, rupanya sama seperti makan malam hari, tidak sarapan juga menjadi salah satu penyebab perut buncit. Hal ini disebabkan, ketika seseorang mengonsumsi kalori lebih sedikit di pagi hari dapat menyebabkan obesitas sebab pengaruh kadar insulin.

Menurut jurnal dari American Journal of Epidemiology, insulin akan meningkat ketika tidak sarapan di pagi hari. Hal ini menyebabkan reaksi merantai yang akan membuat lemak tersimpan lebih banyak.

4. Makan Banyak Karbohidrat

Makan Perut Buncit (Special)

Karbohidrat tidak selalu berbicara hanya tentang nasi. Namun banyak olahan karbohidrat lain yang menjadi salah satu perut buncit. Hal ini juga berlaku pada makanan yang memiliki gula tingkat tinggi.

Bahkan roti tawar juga mampu membuat seseorang menjadi obesitar. Hal ini pun telah diteliit dan dituangkan dalam BMC Public Health.

Selain itu, mengonsumsi kue kering terlalu banyak juga menyebabkan perut buncit. Sebab lemak trans akan tertimbun di tubuh yang mengakibatkan berat badan meningkat.

5. Sering Jajan

Makan Perut Buncit (Special)

Ngemil memang menjadi salah satu aktivitas yang seru, apalagi disandingkan dengan tontonan film yang membuat kita menjadi chill. Namun sayangnya ngemil menjadi salah satu penyebab perut buncit, jika tidak dilakukan dengan benar.

Jika Kamu ngemil buah, sayuran, atau makanan yang bernutrisi tidak terlalu menyebabkan penambahan berat badan. Namun jika Kamu beli jajan di luar rumah, kemungkinan besar perut akan menjadi buncit.

Sebuah penelitian yang dilakukan Nutrition Review, makanan yang dibeli di luar rumah cenderung mengandung bahan yang membuat berat badan bertambah. Seperti contohnya adalah keripik.

Cemilan seperti ini memang terlalu asik untuk dinikmati. Namun cemilan tersebut sangat berisiko menambah berat badan. Sebab keripik dapat menambah lemak yang ada di perut.

Bahkan New England Journal of Medicine melakukan penilitian terhadap partisipan yang mengonsumsi keripik selama 4 tahun. Partisipan tersebut mengalami penambahan berat badan yang signifikan sebab sering mengonsumsi cemilan tersebut.

6. Tidak Fokus saat Makan

Makan Perut Buncit (Special)

Siapa yang gemar makan disambi menonton film ataupun televisi? Ya, rupanya kegiatan tersebut harus Kamu hindari jika tidak menginginkan perut buncit.

Makan adalah salah satu kebutuhan untuk tetap hidup dan memenuhi rasa lapar. Jika seseorang tidak fokus makan, dalam hal lain disambi melakukan kegiatan lain, maka tidak akan menyadari 'apakah saya sudah kenyang?'.

Nah hal inilah yang membuat kecenderungan seseorang makan dengan porsi berlebih. Sebab Kamu tidak fokus kepada apa yang Kamu konsumsi.