Stres Picu Jerawat di Kulit Wajah, Ini Cara Mengatasinya

Senin, 1 Agustus 2022 | 19:30:00

Stres Picu Jerawat Di Kulit Wajah, Ini Cara Mengatasinya

Ilustrasi Masalah Kulit (pinterest)

Ladiestory.id - Saat kita menjalani hari-hari yang padat karena kuliah atau bekerja, hingga tak sempat untuk beristirahat atau telah untuk makan. Selain itu, tanpa disadari kamu memiliki banyak jerawat yang muncul dari biasanya. Meskipun jerawat merupakan kondisi yang wajar, ini penjelasan tentang Jerawat yang dipicu oleh stres.

Apa itu Jerawat Stres?

Ilustrasi perempuan memiliki jerawat di wajah. (Special)

Sudah lama ditetapkan oleh para peneliti Jama Dermatology, bahwa hubungan antaran peningkatan stres dan peningkatan keparahan jerawat. Ada berbagai faktor yang mungkin berpengaruh, tetapi peningkatan hormon tertentu adalah salah satu penyebab yang paling banyak disepakati.

Menurut Ahli dari Klinik Cleveland, melaporkan bahwa salah satu hormon itu adalah Kortisol, yang merupakan hormon lain yang dapat meningkatkan produksinya jika terdapat respon stres dalam tubuh. Hormon-hormon ini merangsang kelenjar minyak dan folikel rambut di kulit, yang dapat menyebabkan jerawat.

Ini menjelaskan mengapa jerawat bisa menjadi masalah yang berkelanjutan ketika kita menemukan diri dalam tekanan konstan atau sedang mengalami stres.

Penyebab Jerawat Stres?

Ilustrasi perempuan stres karena pekerjaan. (Special)

Jerawat stres lebih sering muncul pada orang yang memiliki riwayat atau diagnosis jerawat saat ini. Biasanya orang yang memiliki jerawat beberapa waktu dalam hidup mereka saat remaja atau mungkin karena jerawat hormonal, kemudia mereka dapat diatasi dengan perawatan yang baik.

Beberapa tahun lalu tim peneliti dari Kroasia menganalisis jerawat yang berbeda dan menemukan bahwa stres emosional memperburuk jerawat antara 50% dan 80% orang.

Orang yang memiliki kulit rawan jerawat seperti mereka yang memiliki pori-pori besar atau cenderung memiliki kulit lebih berminyak, lebih rentan terhadap jerawat. Sedikit lebih sensitif terhadap stres jerawat. Namun, tidak dapat disimpulkan jika orang dengan jenis wajah normal tidak akan memiliki jerawat stres.

Bagian Wajah yang Biasa Muncul Jerawat Stres

Foto: Ladiestory.id

Biasanya jerawat yang disebabkan stres berkembang di area yang sama dengan yang biasanya dialami atau terkena jerawat. Tempat umum lain munculnya jerawat stres adalah di sepanjang garis rahang dan dagu. Meskipun kurang umum, itu juga bisa berkembang di dada atau punggung.

Tak bisa disimpilkan juga bahwa jerawat di area dagu menjadi penyebab jerawat stres. Karena penggunaan masker yang menyebabkan kulit iritasi juga bisa menjadi penyebab jerawat area dagu.

Lama Tumbuhnya Jerawat Stres

Foto: Ladiestory.id

Jerawat stres dapat berkembang dan menjadi lebih parah jika terdapat peningkatan stres. Jerawat bisa terjadi berhari-hari atau berminggu-minggu. Jika terdapat stres kronis akan lebih sulit untuk mengendalikan jerawat karena sering kambuh yang terjadi seiring waktu. Jika stres terus-menerus jerawat bisa memakan waktu sekitar 4 hingga 6 minggu untuk hilang.

Atasi Jerawat Stres

Ilustrasi Masalah Kulit (pinterest)

Atasi jerawat stres yakni menghilangkan stres, kamu dapat mencoba meditasi, membuat jurnal, atau melakukan yoga. Dengan tidak adanya stres jerawat pada akhirnya akan hilang dengan sendirinya. Selanjutnya gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu dan bentuknya yang lembut apabila jerawat sudah muncul.

s