Tak Lazim, Segudang Manfaat Sepak Bola bagi Perempuan

Sabtu, 2 Juli 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tak Lazim, Segudang Manfaat Sepak Bola Bagi Perempuan

Ilustrasi perempuan bermain sepak bola. (Special)

Ladiestory.id - Lazimnya, sepak bola kerap dilakukan dan digemari oleh para lelaki. Namun, olahraga ini bukan berarti tidak boleh dilakukan oleh para perempuan. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula perempuan yang gemar bermain sepak bola. Rupanya, olahraga sepak bola memiliki segudang manfaat untuk perempuan.

Tak hanya bagi kesehatan fisik, namun, perempuan yang melakukan olahraga mampu menjaga kesehatan mental. Yuk, ketahui manfaat sepak bola bagi perempuan.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Salah satu manfaat seorang perempuan bermain sepak bola adalah meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Bahkan, manfaat ini telah diteliti melalui studi di Denmark pada 2010. Kardiovaskular akan meningkat selama 15 persen saat seorang perempuan melakukan olahraga sepak bola. Setidaknya, dalam waktu 14 minggu secara rutin.

Kesehatan kardiovaskular ini didapat lantaran sepak bola menjadi salah satu olahraga jenis lari dengan interval. Sementara diketahui jenis lari interval mampu membuat jantung menjadi lebih sehat. Selain itu, lebih jauh manfaat ini akan berbuntut pada penurunan berat badan. Pasalnya, lari interval termasuk olahraga yang lebih berat jika dibanding jogging.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Ilustrasi jaga kesehatan tulang. (Special)

Selain perawatan dan menggunakan skincare, mencegah penuaan dini dapat harus diimbangi dengan olahraga yang rutin. Nah, salah satu olahraga yang mampu mencegah penuaan dini adalah sepak bola. Memang sepak bola menjadi olahraga yang identik dilakukan oleh para lelaki, namun para perempuan pun berhak untuk melakukan olahraga yang menggunakan bola bundar ini.

Pasalnya, seorang wnaita yang bermain sepak bola akan mendapatkan manfaat kepadatan tulang meningkat. Sedangkan faktanya, semakin bertambahnya usia perempuan, maka kepadatan tulang akan menjadi menurun.

Nantinya, kondisi ini akan membuat perempuan terlihat lebih tua dari pada umurnya. Seorang perempuan yang berumur 40 tahun, maka dia akan kehilangan masa tulangnya sekira 1 persen. Pengurangan masa tulang ini akan terus berangsur setiap tahunnya.

Sementara, sepak bola mampu membuat kepadatan mineral tulang meningkat tiga persen. Jika perempuan melakukan olahraga ini dengan rutin, akan terhindar dari penuaan diri sekira sampai enam tahun.

Meningkatkan Massa Otot

Foto: Ladiestory.id

Selain kepadatan tulang, massa otot pun diperlukan oleh seorang perempuan. Hal ini dipergunakan agar kita sebagai perempuan tetap kuat di usia yang semakin bertambah. Dalam sebuah studi menuliskan massa otot pada kaki akan meningkat sekira 11 persen. Jika seorang perempuan setidaknya melakukan olahraga sepakbola setidaknya satu jam.

Lalu, kapiler per serat otot akan meningkat sebanyak 18 persen. Selain itu, aktivitas enzim metabolisme glukosa dan lemak pun akan meningkat saat seorang perempuan melakukan olahraga sepak bola.

Menghilangkan Lemak Tubuh Bagian Bawah

Obesitas. (Special)

Rata-rata perempuan tidak percaya diri jika memiliki perut yang buncit. Terlebih, biasanya lemak akan menumpuk di sekitar bagian tubuh bagian bawah. Untuk melunturkan lemak di bagian ini, kita membutuhkan olahraga yang rutin. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah sepak bola.

Bahkan, sepak bola diklaim mampu melunturkan lemah lebih banyak dibanding olahraga lari. Pasalnya, sepak bola menggunakan semua serat otot yang bergerak secara cepat maupun lambat. Pergerakan inilah yang nantinya mampu membakar hingga menghilangkan lemak di tubuh bagian bawah.

Menjaga Kesehatan Mental

Iluatrasi perempuan bahagia. (Special)

Tak hanya kesehatan fisik, namun olahraga sepak bola mampu menjaga kesehatan mental. Beberapa studi mengklaim, aktivitas fisik menjadi pemciu reaksi kimia positif yang ada di dalam tubuh. Nantinya, reaksi kimia ini akan berkontribusi untuk perasaan yang baik atau good mood.

Selain itu, olahraga sepak bola biasanya dapat dijadikan sebagai pelampiasan stres. Kemudian, fokus seorang perempuan akan meningkat sehingga mampu mengalihkan pikiran dari stres kegiatan sehari-hari. Sehingga, wajar saja jika olahraga sepak bola mampu menjaga hingga menguatkan mental.