Tak Perlu Khawatir, Ini Manfaat Ajarkan Anak Merawat Binatang

Senin, 1 Agustus 2022 | 21:30:00

Tak Perlu Khawatir, Ini Manfaat Ajarkan Anak Merawat Binatang

Anak Bermain dengan Hewan (Special)

Ladiestory.id - Mom, pernah khawatir saat anak ingin memegang bulu kucing atau hewan lainnya? Perasaan khawatir memang wajar dirasakan sebagai orang tua. Karena takut anaknya luka karena cakaran atau lainnya dari hewan. Namun, ada banyak manfaat yang didapatkan anak saat merawat binatang.

Menumbuhkan Rasa kasih sayang

Anak Bermain dengan Hewan (Special)

Saat merawat binatang seperti kucing, anak akan diajarkan untuk saling memberi kasih sayang terhadap hewan. Dengan melatih anak untuk merawat hewan peliharaan yang baik, anak akan cenderung peduli dengan makhluk lainnya.

Kamu bisa mengajarkan anak untuk memberi contoh menyayangi hewan dengan cara mengelus. Dengan ini, anak akan bertanggung jawab dan meningkatkan kasih sayangnya.

Mengatasi stres

Anak Bermain dengan Hewan (Special)

Manfaat lainnya saat anak diajarkan untuk merawat hewan adalah untuk dapat mengatasi stres. Dengan merawat dan bermain dengan hewan dapat menjadi aktivitas anak saat bosan di rumah.

Menurut Frontiers in Psychology, bermain bersama hewan peliharaan akan meningkatkan hormon oksitosin yang berperan memberikan rasa nyaman bahagia pada manusia. Oleh sebab itu, banyak orang yang merawat hewan di rumah sebagai teman untuk hilangkan stres karena padatnya bekerja.

Bantu si Kecil Belajar

ilustrasi anak (Special)

 

Dengan merawat binatang, anak akan tumbuh untuk belajar bertanggung jawab dengan merawat hewan kesayangannya dengan baik. Selain itu, anak akan secara langsung mandiri dengan merawat hewan dengan cara mengatur jadwal makan hewan kesayangannya.

Dengan memelihara hewan peliharaan pada anak juga, orang tua sedang mengajarkan kepada mereka pentingnya menghormati makhluk hidup lain selain manusia dan cara yang baik untuk menstabilkan emosional pada diri anak.

Mengurangi Rasa Kesepian

Ilustrasi Anak Mendadak Murung (pinterest)

Tak hanya anak, hewan perliharaan juga berperan sebagai teman oleh orang dewasa. Adanya kehadiran hewan peliharaan dapat mengurangi rasa kesepian yang anak alami, apalagi jika kesulitan untuk mencari teman di lingkungannya.

Selain menjadi teman, hewan peliharaan juga menjadi tempat terpercaya bagi anak yang merasa tidak memiliki orang lain untuk diajak berbicara. Ketika anak memiliki hewan peliharaan, makan merasa memiliki seorang yang setia menemaninya.

Menurunkan Risiko Alergi

ilustrasi anak (Special)

 

Melansir BBC dari University of Warwick, anak yang tumbuh di rumah dengan hewan peliharaan cenderung memiliki sistem imun yang lebih baik. Selain itu, kemungkinan terhadap perkembangan alergi dan asma juga akan turun dan menangkat infeksi seperti flu dan pilek dibanding dengan anak yang tanpa hewan peliharaan.

Stabilkan Emosional Anak

Ilustrasi anak sedih. (Special)

Hewan merupakan makluk hidup yang berbeda dengan manusia. Saat anak belajar untuk merawat hewan, mereka akan belajar untuk mengendalikan emosionalnya. Anak akan menghabiskan waktu bersama seperti bermain atau tidur bersama hewan kesayangannya. Tentu penting sekali anak dapat bisa menstabilkan rasa emosionalnya.

Itulah manfaat ajarkan anak untuk merawat hewan, perlu diperhatikan untuk selalu menjaga kebersihan misalnya selalu cuci tangan setelah memegang hewan dan rutin mengatur jadwal makan agar hewan dapat sehat dan bisa bermain dengan si kecil.

s