Tak Selalu Buruk, 5 Manfaat Minum Air Dingin

Jumat, 29 Juli 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tak Selalu Buruk, 5 Manfaat Minum Air Dingin

Manfaat minum air dingin. (Special)

Ladiestory.id - Banyak orang mengira mengonsumsi air es atau air dingin menjadi sebuah kebiasaan buruk yang mendatangkan petaka dan penyakit. Beberapa beranggapan mengonsumsi air dingin dapat menyebabkan perut menjadi lebih buncit.

Hal ini disebabkan lantaran makanan sulit dicerna saat suhu tubuh menjadi dingin. Namun, rupanya air dingin memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh bahkan kulit, loh. Apa saja itu?

Redakan Demam

Manfaat minum air dingin. (Special)

Salah satu manfaat mengonsumsi air dingin yakni mampu membantu meredakan sakit demam. Karena biasanya saat seseorang yang mengalami demam tinggi, bagian dahinya akan di kompres dengan air dingin.

Hal serupa pun terjadi saat seseorang minum air dingin. Pasalnya, demam menjadi satu ciri tubuh sedang berperang melawan infeksi yang menyebabkan peradangan dalam tubuh.

Nah, suhu panas tubuh dapat diredakan dengan cara minum air es. Selain itu, agar suhu tubuh segera turun, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat.

Selain itu, demam identik dengan sakit tenggorokan. Agar tenggorokan tidak meradang semakin parah, maka harus segera dicegah. Salah satunya dengan tetap menjaga cairan dalam tubuh tetap terpenuhi sehingga tidak dehidrasi.

Nah, air es ini mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang, serta menghilangkan rasa nyeri tenggorokan.

Turunkan Berat Badan

Manfaat minum air dingin. (Special)

Salah satu hal yang dihindari oleh orang gemuk adalah minum air es. Pasalnya, mengonsumsi air dingin dipercaya sebagian orang bisa membuat berat badan naik.

Padahal,faktanya minum air es mampu mengurangi berat badan secara baik, loh. Hal ini disebabkan yang terus bekerja sehingga membuat air yang masuk dalam tubuh menjadi hangat. Kalori dalam tubuh pun akan terbakar dan membantu proses metabolisme. Jika disimpulkan, mengonsumsi air dingin secara rutin mampu menurunkan berat badan.

Agar air dingin ini berfungsi secara maksimal, dianjurkan untuk dikonsumsi maksimal segelas sebelum makan. Cara ini akan membuat perut kenyang lebih lama sehingga tidak ada hasrat untuk menambah porsi makan.

Kulit Lebih Sehat

Manfaat minum air dingin. (Special)

Setiap wanita selalu memiliki permasalahan kulit masing-masing, mulai dari kulit kering, kulit berminyak, hingga masalah kerutan. Berbagai skincare dan perawatan seharga ratusan ribu hingga jutaan pun rela dikeluarkan.

Apabila upayamu belum berhasil dan maksimal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Selain makanan dan olahraga, kamu bisa mengonsumsi air dingin secara rutin.

Diketahui air dingin ini bisa mengatasi kulit yang kering dan kasar. Pasalnya, kedua kondisi kulit ini biasanya disebabkan lantaran kulit kurang terhidrasi dengan baik. Selain itu, bisa menyebabkan kulit kehilangan elasititasnya.

Saat air dingin masuk dalam tubuh, maka akan membuat aliran darah di kulit menjadi lebih lancar. Hal ini akan mempengaruhi kulit menjadi lebih segar dan lembap.

Detoks Racun dari Tubuh

Manfaat minum air dingin. (Special)

Selain menyegarkan, minum air dingin mampu mengeluarkan dan membuang racun yang ada di dalam tubuh. Hal itu membuat racun dalam tubuh tidak akan tertumpuk.

Lebih lanjutnya, racun yang terbuang itu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Agar manfaatnya lebih terasa, kamu bisa menggunakan air dingin yang diolah menjadi infused water.

Melalui cara ini, rasa segar tak hanya didapat dari air dingin saja. Namun, kesegaran dan manfaat juga didapat dari buah yang diolah menjadi infused water.

Ringankan Nyeri Otot

Manfaat minum air dingin. (Special)

Minum air dingin juga bisa membuat meringankan nyeri otot, terutama pada saat keseleo atau pun kecelakaan otot lainnya. Selain dikonsumsi, jadikan air es sebagai sarana untuk mengompres bagian otot yang sakit. Hal ini bisa mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Namun, sebaiknya tetap diselingi dengan mengompres air hangat. Hal tersebut dilakukan agar alirah darah pada otot menjadi lebih lancar.

s