Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | BEAUTY | TANAMAN MUGWORT MENJADI BAHAN SKIN CARE DI KOREA SELATAN

Tanaman Mugwort Menjadi Bahan Skin Care di Korea Selatan

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Kamis, 01 April 2021 | 08:42:10
Durasi baca: 2 menit, 18 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Tanaman Mugwort Menjadi Bahan Skin Care  di Korea Selatan

Banyak orang mengira bahwa mugwort adalah kenikir. Bentuk daunnya memang mirip, namun mugwort memiliki nama ilmiah Artemisia Princeps. Mugwort merupakan tanaman yang akhir-akhir ini populer dijadikan bahan skin care asal Korea Selatan. Inovasi dengan mengandalkan beragam bahan-bahan alami yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk skin care pun berhasil mencuri perhatian dan diikuti oleh para beauty enthusiast di banyak negara, termasuk Indonesia. Masih segar diingatan kita, saat kandungan snail mucin yang kaya akan hyaluronic acid, glycolic acid, dan copper peptides dalam beragam produk perawatan yang ditawarkan oleh berbagai merek skin care asal Negeri Ginseng ini.

Selang beberapa waktu, tren snail mucin pun bergeser dengan hadirnya centella asiatica, dan tren paling terbaru adalah penggunaan mugwort sebagai kandungan utamaberbagai produk perawatan kulit. Hmm, kira-kira apa yang menjadi kelebihan Mugwort dan manfaatnya bagi kulit, hingga tanaman ini begitu populer dan banyak diminati oleh para skin care enthusiast Korea Selatan?

Apa itu Tanaman Mugwort?

Baca juga: Warna Hijab yang Cocok untuk Skin Tone Orang Indonesia

Tanaman mugwort, tanaman berbasis akar-akaran yang tumbuh di beberapa wilayah seperti Asia, Amerika Utara, dan Eropa Utara. Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Lalu, apa sih manfaat mugwort dalam skincare? Memiliki nama Latin Artemisia Vulgaris, tanaman ini menyerupai rumput dengan bulu halus pada daunnya yang berwarna sedikit keperakan. Mugwort dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi lho, Ladies. Memiliki nama lain seperti Altamisa, Armoise, Commune, Felon Herb, Herbe de Feu, Remise, dan lainnya, mugwort dianggap memiliki sifat anti bakteri dan jamur yang bisa menyembuhkan.

Selain itu, mugwort menjadi pelindung kulit untuk menghilangkan jerawat, kemerahan dan mencerahkan wajah. Tak hanya itu, mugwort juga cocok digunakan untuk kulit sensitif sekalipun. Memang belum banyak brand kecantikan yang mengeluarkan produk yang mengandung Mugwort. Ada beberapa di antaranya, seperti  I’m From, Round Lab, Missha, dan Enature. Dari I’m From ada produk essence yang berfungsi untuk menenangkan dan melembutkan kulit yang sedang iritasi.

Awalnya, mugwort adalah tanaman gulma yang ditemukan di kawasan bagian utara garis khatulistiwa. Selama berabad-abad, mugwort dimanfaatkan sebagai bahan makanan, olahan herbal, obat tradisional dan bahkan dipakai untuk jimat mengusir roh jahat. Di Jepang dikenal dengan yomogi dan di Korea Selatan disebut dengan ssuk. Dalam praktik pengobatan tradisional, daun mugwort dibakar dan ditempelkan pada bagian tubuh. Tujuannya untuk melancarkan sirkulasi darah. Mugwort juga diolah menjadi tisane atau minuman herbal yang menenangkan.

Tampaknya tidak ada yang spesial dari tanaman yang dapat tumbuh dimanapun ini. Namun, sejak produk kecantikan asal Korea Selatan memakainya sebagai bahan pembuatan, namanya naik daun. Manfaat mugwort untuk kecantikan diformulasikan dalam satu produk perawatan wajah yang membantu menenangkan dan merawat kulit sensitif. Didalam satu tangkai mugwort mengandung vitamin E dan antioksidan. Dua kandungan tersebut mampu menutrisi, melindungi, dan menenangkan. Mulai dari bunga, daun hingga akar mugwort memiliki manfaat. Kesemuanya diolah secara terpisah menjadi bubuk obat, tisane, dan krim bernutrisi.

Baca juga: 5 Cara Alami Mencegah Insomnia


Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Tanaman Mugwort Manfaat Tanaman Mugwort Mugwort Khasiat Tanaman Mugwort Skincare Berbahan Tanaman Mugwort

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty