Tak Semangat Sambut Ultah? Ini 5 Tanda Kamu Alami Birthday Blues

Rabu, 9 November 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Tak Semangat Sambut Ultah? Ini 5 Tanda Kamu Alami Birthday Blues

Ilustrasi birthday blues. (Special)

Ladiestory.id - Hari ulang tahun biasanya diperingati sebagai momen bahagia bagi banyak orang. Tak jarang, banyak kerabat dan sahabat terdekat mempersiapkan surprise atau kejutan untuk merayakan momen tahunan sebagai wujud syukur atas bertambahnya usia.

Namun, berbeda dengan seseorang yang mengalami birthday blues. Hal ini justru membuat dia merasa tidak bersemangat bahkan tidak merasa bahagia menyambut hari ulang tahunnya.

Nah, berikut Ladiestory.id merangkum lima tanda jika seseorang mengalami birthday blues.

Tidak Bersemangat

Ilustrasi birthday blues. (Special)

Seseorang yang mengalami birthday blues terkadang tidak merasa gembira, bahkan tidak bersemangat menyambut hari ulang tahunnya. Biasanya, hal ini juga ditunjukkan dengan perasaan lelah, cemas, sedih, stres hingga tidak adanya antusiasme menyambut hari spesialnya.

Baginya, hari ulang tahun sama seperti hari-hari biasanya. Namun, yang cukup berbeda dia juga bisa membenci hari kelahirannya sendiri.

Hal lainnya yang dirasakan bagi seseorang yang mengalami birthday blues ialah pertambahan usia membuatnya merasa tidak siap hingga rasa cemas dan takut berlebihan untuk menyambut kehidupan baru.

Sulit Tidur dan Merasa Sedih

Ilustrasi birthday blues. (Special)

Menjelang hari ulang tahun, seseorang yang mengalami birthday blues justru tidak bergairah. Akan ada perasaan sedih, bahkan merasa sulit untuk tidur.

Hal ini membuatnya merasa dibayang-bayangi oleh sesuatu. Selain itu, menjelang ulang tahun, seseorang yang mengalami birthday blues juga akan merasakan perasaan cemas yang berlebihan, bahkan hal ini bisa mengganggu kesehatan diri.

Merasa Takut dan Tak Memiliki Harapan

Ilustrasi birthday blues. (Special)

Tanda lainnya seseorang mengalami birthday blues ialah merasa takut, bahkan tak memiiki harapan pada hari ulang tahunnya. Jika pada umumnya seseorang bersemangat menyambut usia dan harapan baru di kehidupannya, justru seseorang yang mengalami birthday blues akan merasa sebaliknya. 

Dia berpikir, memasuki usia baru akan ada banyak harapan yang harus dicapai dalam satu tahun ke depan. Dia juga berpikir tidak akan mampu untuk mencapai beberapa tujuan hidup ke depannya. Sehingga, harapan-harapan inilah yang membuatnya menjadi takut dan tidak suka dengan hari ulang tahunnya.

Merasa Banyak Tekanan

Ilustrasi birthday blues. (Special)

Bagi seseorang yang mengalami birthday blues, dia akan merasa jika hari ulang tahun hanya akan memberikan banyak tekanan dan stres. Jika biasanya hari ulang tahun diisi dengan perayaan pesta bersama kerabat dan keluarga, baginya hal itu hanyalah menghambur-hamburkan uang belaka.

Selain itu, dia juga akan merasa tertekan dan khawatir apabila hari ulang tahunnya justru bertolak belakang dan tidak sesuai rencana. Baginya, lebih baik tidak ada perayaan dibandingkan harus mengecewakan para tamu undangan.

Merasa Baik Jika Sendirian

Ilustrasi birthday blues. (Special)

Ketika hari ulang tahun tiba, seseorang yang mengalami birthday blues justru akan merasa sedih dan tak bahagia. Tak hanya itu, dia justru akan merasa jauh lebih baik jika sendirian pada hari ulang tahun.

Dia hanya ingin sendirian bahkan tak ingin bertemu siapa-siapa, termasuk keluarga dan sahabat-sahabat yang peduli dengan hari spesial. Baginya, tidak ada perayaan spesial yang harus dilakukan dan lebih baik mengurung diri seharian di kamar.

Seharusnya, ulang tahun menjadi momen perayaan yang begitu membahagiakan. Namun, nyatanya tidak semua orang bisa merasakannya, bahkan ada yang membenci hari ulang tahunnya. Apakah kamu salah satunya?

s